Pantai Madasari, Wisata Eksotis Tersembunyi Pangandaran

Pantai Madasari mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal hingga mancanegara. Pantai yang terletak di ujung sebelah barat Kabupaten Pangandaran itu dikelola pemerintah desa. Berbagai  kegiatan menyenangkan mampu dilakukan di Pantai ini. Mulai dari bermain air di tepi pantai, swafoto,  menikmati sunset samudera hindia, dan yang pasti panorama alami.

Kisah Mistis Pantai Madasari

Pantai Madasari, Wisata Eksotis Tersembunyi Pangandaran
Pesoan pantai yang memesona via instagram/@heramoet19

Legenda yang dipercaya penduduk sekitar pantai, yakni soal kuda sembrani. Pantai ini konon dipakai sebagai daerah singgah kuda sembrani milik Sultan Agung. Kuda terbang itu kabur dari kandang di Kerajaan Mataram. Nama Madasari berasal dari kata Madang Nyari.

Dulunya Madasari merupakan hutan belantara. Namun sehabis menjadi perkampungan, salah satu pendatang dari Suku Bugis bernama Daeng Danto merubah nama Madang Nyari menjadi Madasari. Mada artinya masakan dan Sari artinya Rasa, jadi artinya makanan yang memiliki rasa yang lezat.

Konon Sultan Agung mempunyai kuda sembrani. Kuda sembrani hanya ada di tanah Mekah. Maka ketika Sultan Agung melaksanakan salat Jum’at di Mekah, saat pulang sholat dia membawa kuda sembrani. Selanjutnya dikisahkan kuda sembrani tersebut kabur dari kandang. Kuda terbang itu menuju ke pantai selatan pulau Jawa yakni Madasari.

Konon kuda sembrani Kerajaan itu menyetubuhi kuda betina yang dipelihara oleh warga. Hingga dikala ini, rata-rata orang Madasari memelihara hanya kuda betina. Mereka masih percaya  jikalau memelihara kuda jantan, akan mati mengenaskan dengan tidak masuk akal.


Lokasi Pantai Madasari

Pantai Madasari terletak di Desa Masawah Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Dari kota Pangandaran, pantai indah ini bisa dicapai dengan jarak tempuh sekitar 20 Km.


Rute Menuju Pantai Madasari

Untuk mengunjungi pantai Madasari bisa dicapai dari mana-mana, seperti Surabaya, Tasik, Jakarta, Garut, Bandung dan lain-lain.

Dari sentra Kota Pangandaran untuk menuju ke lokasi Pantai Madasari membutuhkan waktu kurang lebih 0.5 jam. Rutenya yaitu Pangandaran lalu ambil arah Cimerak. Rute ini juga akan melewati Pantai Batu Hiu dan Green Canyon yang terkenal tersebut.

Setelah sampai di Cimerak, ambil jalan lurus sampai hingga di Legok Jawa. Kemudian ambil kiri menuju ke Bulakbenda dan sedikit lagi sudah sampai di lokasi.

Akses jalur lainnya ialah langsung ambil kiri ke desa Masawah saat berada di Cimerak. Setelah itu lurus hingga ke Bulakbenda dan Madasari.

Jika galau dengan rute ini, coba bertanya kepada warga sekitar. Sangat disarankan untuk mengambil rute melalui Legok Jawa, apalagi jikalau perjalanan dilakukan saat siang hari. Ini alasannya pemandangan di sepanjang jalur itu sangat indah.


Jam Buka Pantai Madasari

Mengenai waktu kedatangan ke pantai madasari, tidak perlu khawatir soal jam operasional. Pantai di Pangandaran ini buka 24 jam.

Makara kapanpun tiba ke lokasi indah ini, tetap mampu masuk ke area pantai.


Tiket Pantai Madasari

Tiket wisata Pantai Madasari berbeda dengan lokasi wisata lain. Di sini harga tiket bukan menurut jumlah pengunjung, tapi berdasarkan kendaraan yang dipakai.

Pejalan kaki Rp 2.500, Motor Rp.7.000, mobil Rp.25.000, Bus Kecil Rp.110.000, dan Bus Besar Rp.160.000. Penentuan harga tiket itu tidak memperhatikan jumlah orang di dalam kendaraan.


Fasilitas Pantai Madasari

Walau pantai Madasari masih terlihat begitu alami dan jarang dikunjungi wisatawan, tapi telah disediakan beberapa akomodasi umum. Di sini tersedia Mushola, Area Parkir,  dan Toilet. Bahkan tersedia toilet sebanyak 19 buah.

Jika ingin bermalam di sini juga sangat gampang. Pengunjung yang memiliki hobi berkemah atau camping, mampu berkemah di akomodasi camping ground.


Daya Tarik Pantai Madasari

    Panorama Pantai

Pantai Madasari menyuguhkan panorama alam yang sangat indah nan menawan. Tak hanya itu, hempasan ombak maritim terbilang cukup besar sehingga layak dijadikan kawasan untuk berselancar.

Meskipun jarak yang ditempuh untuk menuju pantai inicukup jauh, namun itu bukan hambatan. Malah sebaliknya di sepanjang perjalanan pengunjung  akan disuguhkan keindahan alam yang juga memukau.

Bagi pengunjung yang suka dengan keheningan alam, berwisata ke Pantai Madasari di Jawa Barat ini yakni hal yang pas untuk menenangkan pikiran. Pasalnya kawasan pantai ini masih terlihat begitu alami dan jarang dikunjungi wisatawan. Akan tetapi walau sepi, di dalam pantai telah disediakan beberapa akomodasi umum, seperti Mushola dan Toilet.


    Pulau-Pulau Kecil

Pantai Madasari berbeda dengan pantai–pantai lainnya yang ada di Pangandaran, Pantai ini memiliki ciri Khas yang mungkin di pantai-pantai lainnya tidak memiliki. Pantai Madasari mempunyai 11 Pulau kecil di sekitar pantai.

Pantai Madasari menyajikan panorama alam yang sangat indah dengan dihiasi pulau-pulau kecil berpadu dengan hijaunya dataran Desa Masawah.  Pulau-pulau yang menjadi keunikan wisata Pantai  ini terletak bersahabat dengan tepi pantai. Pulau-pulau tersebut menyajikan pemandangan yang luar biasa, memiliki kerikil-batu karang yang sangat manis.

Ada 11 pulau-pulau kecil yang tersebar di sepanjang garis Pantai Madasari. Pulau-pulau tersebut memiliki nama-namanya tersendiri, diantaranya ialah, Pulau Duduk, Pulau Sodong Gede, Pulau Gedogan, Pulau Karang Seugeuh, Pulau Batuleuit, Pulau Karang Tambaga, Pulau Kalapa Satangkal, Pulau Manggar, Pulau Cangkore, Pulau Bale Kambang, dan Pulau Legok Bancet.

Ada satu pulau populer yang menjadi daya tarik utama Pantai Madasari. Pulau tersebut berjulukan Batuleuit. Batuleuit menjadi icon Pantai ini. Sebagai Icon yang sudah dikenal oleh banyak wisatawan, Batuleuit menjadi lokasi yang sering dijadikan background untuk swafoto. Bahkan, banyak para pecinta fotografi tiba hanya untuk memotret pulau tersebut.


    Camping

Selain panorama pantai dan ombak yang menarik, berkemah juga menjadi daya tarik dipantai madasari ini. Ada jasa penyewaan tenda yang siap dipakai oleh para pengunjung. Hal itu untuk menfasilitasi pengunjung yang ingin bermalam menikmati keindahan maritim malam hari.

Banyak komunitas-komunitas yang sengaja tiba ke Pantai Madasari untuk melakukan event-event tertentu dan bermalam mendirikan tenda. Para pengunjung memang mampu memakai fasilitas Pantai untuk mengadakan acara dan menjadikan Pantai sebagai lokasi program. Pengunjung dapat menghubungi pemerintah setempat untuk melakukan perijinan terlebih dahulu.

Grup Band legendaris Slank juga pernah melakukan program Jambore Slanker Jabar yang ke-10 Paguyuban Slanker Jawa Barat di pantai ini pada tanggal 18 – 19 Oktober 2014 . Dalam jambore tersebut para slanker Jabar juga mengadakan bakti sosial membersihkan pantai dan memberi derma 19 toilet atau WC Umum di Pantai Madasari.

Untuk memilih lokasi mendirikan tenda, pengunjung bisa menghubungi penduduk setempat. Mereka sangat paham untuk membantu memberikan tempat yang paling strategis untuk mendirikan tenda..


    Jelajah Alam

Bagi pengunjung yang tertarik dengan hiking atau penjelajahan alam, dapat melaksanakan petualangan dengan menjelajah alam di sekitar Pantai Madasari yang indah. Menurut warga setempat di sekitaran Pantai Madasar Pangandaran masih banyak binatang-binatang yang sudah cukup jarang dilihat. Misalnya ayam hutan atau cangehgar.

Tak hanya itu, terdapat pulau-pulau kecil di kawasan pantai tersebut, sehingga menambah pemandangan alam yang sangat menarik dan menakjubkan. Alangkah baiknya jika anda berkunjung ke Pantai ini berramai-ramai seperti bareng keluarga atau  sobat-sahabat. Agar suasana yang tercipta lebih asik dan seru.

Perlu anda ketahui para pengunjung pantai madasari yang ingin hikking di sekitar pantai, untuk diwaspadai soal bulu babi. Apabila air pantai surut mesti waspada alasannya di tempat pantai masih banyak bulu babi yang terbawa oleh gulungan ombak.

Salah satu momen yang paling menyenangkan yang bisa anda saksikan di Pantai ini, adalah dapat melihat deburan ombak yang menabrak karang-karang setinggi 5-6 meter, karena hal ini tidak bisa dilihat di setiap pantai.


    Menunggu Sunset

Pantai Madasari Pangandaran mempunyai keindahan tersendiri yang unik dibandingkan pantai lain. Pengunjung mampu menikmati keindahan matahari terbenam sunset di pantai ini. Di ketika senja itu, panorama alam Pantai ini terlihat sangat indah.

Sinar matahari senja sangat menakjubkan. Suasana itu selalu ditunggu pengunjung untuk menikmati keindahan. Pengunjung juga memanfaatkan momen itu dengan berfoto selfie, dan duduk di bibir pantai.

Pengunjung wajib berfoto dengan background dari panorama alam yang alami untuk menjadi momen yang mengesankan.

Sebaiknya pengunjung membawa bekal makanan atau minuman dari rumah untuk lebih berhemat. Lagi pula menikmati makan dan minuman ringan di pantai ketika moment sunset, akan terasa sungguh nikmat.

Akan tetapi ingat jangan pula hingga lena. Jangan pulang terlalu larut malam sebab akses yang terbilang tidak gampang.


Objek Wisata Dekat Pantai Madasari

Setelah puas bermain main pasir dan berburu foto, pengunjung bisa mencoba wisata lam yang rada ekstrim. Pengunjung mungkin mampu mencoba Body Rafting menyusuri sungai jernih di Green canyon Pangandaran. Lokasi eksotis ini hanya berjarak 14 km dari pantai ini.

Namun bila pengunjung masih ingin mengeksplorasi lebih jauh pesona pantai wilayah pangandaran, bisa mencoba pantai populer Batukaras. Pantai indah ini berada 20 km di sebelah utara pantai madasari. Pantai batukaras memiliki aksara suasana alam yang tenang dan gelombang bahari yang dekat. Dengan pantai yang landai menciptakan pengunjung kerasan tinggal di daerah ini.

Demikianlah pemaparan singkat tentang wisata Pantai Madasari Pangandaran. Pantai yang mampu dijadikan sebagai daerah liburan yang seru dan niscaya menyenangkan. Bagi kau yang suka eksplorasi lokasi wisata, maka ketika berkunjung ke Pangandaran jangan lewatkan pesona keindahan dari pantai yang satu ini.

Lebih baru Lebih lama