Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Krui, Pantai Rujukan Surfer Kelas Dunia

Pantai Krui berada di daerah pesisir Samudera Hindia. Sebagai daerah pesisir, tempat ini Krui memiliki potensi pariwisata terutama wisata pantai. Wilayah ini sering dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, dengan tujuan utama untuk berselancar.

Krui mempunyai beberapa pantai yang mampu dipilih untuk berselancar meniti ombak. Salah satu yang populer ialah Pantai Tanjung Setia. Di pantai ini, terdapat ombak yang tinggi dan panjang. Gulungan ombak itu pun mampu mencapai 6-7 meter, dengan panjang sekitar 200 meter.

Karena itu tidak heran jikalau Krui selalu menjadi tantang bagi para peselancar. Jika tertarik berselancar di sana, Pengunjung sebaiknya menentukan waktu kunjungan pada bulan Mei hingga September. Karena di bulan-bulan itu cuacanya lebih stabil dan terkendali.

Bagi yang tidak mampu berselancar, pantai-pantai di Krui juga cocok untuk dinikmati pemandangan alamnya saja. Pesisir ini memiliki pantai dengan hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pesisir utara dan selatan.

Lokasi Pantai Krui

Pantai Krui, Pantai Rujukan Surfer Kelas Dunia
Image By hiveminer.com

Pantai Walur terletak di Desa Walur, Kecamatan di Pesisir Tengah dan Kabupaten Lampung Barat. Sedangkan daerah ini jikalau diakses dari sentra kota Krui memiliki jarak hanya sekitar 5 kilometer.

Lokasi ini berjarak sekitar 273 km dari sentra kota bandar lampung.


Rute Menuju Pantai Krui

Karena lokasinya terpencil, susukan menuju pantai ini membutuhkan waktu sekitar 5-8 jam dari sentra kota Bandar Lampung, dengan jarak sekitar 273 km. Namun, meskipun jauh dan jalanannya berupa lereng berliku dengan tanjakan dan turunan, tempat ini dekat dengan tempat lindung Bukit Barisan, jadi selama perjalanan Anda akan ditemani oleh keindahan Bukit Barisan.

Jalanannya pun cukup mulus dan nyaman, tidak terlalu sulit ditempuh. Sudah tersedia angkutan umum untuk menuju pantai ini. Pengunjung bisa naik bus Krui Putra dari terminal Rajabasa, dan eksklusif turun di pantai Tanjung Setia.

Ongkos yang harus Anda keluarkan pun relatif murah, sekitar Rp.50.000-60.000. Atau Anda bisa naik travel dengan ongkos sekitar Rp.80.000.

Jika memakai jalur Udara, untuk menuju ke Krui, kita harus menempuh perjalanan darat cukup dari Bandara Radin Inten II. Dengan memakai kendaraan beroda empat, kita membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam sampai hingga ke Krui. Namun, jauhnya perjalanan yang ditempuh akan terbayar lunas dengan keindahan yang dimiliki Krui.


Jam Buka Pantai Krui

Untuk jam operasional pantai Krui, buka 24 jam. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur jadwalnya berkunjung ke pantai indah ini.


Tiket Pantai Krui

Tiket masuk ke pantai Krui yang indah ini sampai ketika ini masih Gratis.


Fasilitas Pantai Krui

Fasilitas yang ditawarkan pantai Tanjung Setia sudah cukup lengkap dan memadai. Penginapan atau resort sudah banyak tersedia. Dari mulai losmen, cottage, sampai hotel. Pengunjung juga bisa berkemah di erat pantai.

Tidak perlu khawatir tentang makanan dan minuman. Ada banyak warung kuliner khas Indonesia di Krui. Untuk sajian makanan internasional, biasanya disediakan oleh pihak hotel. Selain itu, di sekitar pantai pun sudah banyak warung yang menjual camilan dan kuliner tradisional.

Toilet dan daerah bilas pun sudah tersedia. Juga terdapat balai-balai berbentuk panggung yang mampu pengunjung jadikan sebagai daerah untuk bersantai. Di sini, Pengunjung pun mampu menyewa peralatan surfing.

Untuk penginapan pun harganya relatif murah, berkisar antara Rp.50.000-300.000 per malam.


Daya Tarik Pantai Krui

    Pantai Yang Indah

Pantai Krui mempunyai hamparan pasir putih di sepanjang pantai. Di pantai ini, pengunjung akan menemukan hamparan pasir putih higienis yang akan membuat pengunjung nyaman untuk bersantai di pinggir pantai.

Hamparan pasir putih ini juga sangat indah jika diabadikan dalam foto. Pantai ini terkenal dengan biota bawah laut nya yang sangat indah. Maka dari itu Pantai Krui memang menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Selain itu, hamparan pohon kelapa yang asri akan menambah keindahan pantai ini.

Dari Pantai Krui, pengunjung bisa melaksanakan perjalanan ke Pulau Pisang untuk snorkeling. Di sana terdapat airnya yang jernih dengan keberadaan terumbu karang dan biota laut yang beraneka ragam. Bahkan di Pulau Pisang juga ada gerombolan lumba-lumba yang sering muncul ke permukaan.


    Spot Selancar Kelas Dunia

Sebenarnya hampir seluruh pantai yang ada di Krui yang membentang dari ujung Bengkunat hingga ujung Pugung Lemong mempunyai spot selancar. Kalau datang ke Krui, pengunjung akan menemukan banyak pantai dengan ombak yang tinggi. Ombak ini tentu bagi surfer ialah nirwana mereka.

Pertama, ada Pantai tanjung setia. Disebut juga Ujung Bocor bagi kalangan wisatawan mancanegara. Aslinya pantai ini namanya Karang Nyimbor. Pantai ini merupakan Campterbesar turis dari aneka macam bagian dunia.

Ombak yang tipikal dan berlapis dengan bentangan gulungan ombak dengan panjang 200 hingga 300 meter ini juga termasuk ombak terbaik di Dunia. Event KRUI SURFING INTERNASIONAL selalu digelar disini setiap tahun.

Kemudian ada Pantai Wayjambu yang kerap disebut Sumatera Pipeline. Spot ini memiliki ombak yang ekstrim. Peselancar yang datang ke sini biasa nya kelas Pro. Bagi fotografer, akan bisa mengambil momen saat peselancar melayang diudara di atas Ombak.

Ada juga Spot surfing di Pantai labuhan jukung. Lokasi ini tidaklah seramai Tanjung setia. Di sini dikhususkan bagi Peselancar pemula. Labuhan jukung ombak nya tergolong kecil, dan kebanyakan untuk bersantai ria dan berselfie dengan Sunset di sore hari.

Spot Surfing yang paling ekstrim, ialah  Jimmy’s. Yang secara tradisional dikenal dengan nama Pantai Pugung Penengahan. Wisatawan yang bermain ke lokasi ini sangat minim. Karena ombak Jimmy’s merupakan yang tertinggi dan paling Brutal di Krui.

Letak gulungan ombak nya juga jauh dari bibir pantai. Peselancar yang tiba bermain selancar disini sudah pasti Peselancar Kelas Dunia yang handal. Jika ingin menyaksikan atraksi para surfer kelas dunia di Pugung penengahan, bisa datang pada dikala demam isu panas dan air bahari pasang.


    Pulau Pisang

Dari pantai Krui, pengunjung mampu menyeberang ke pulau Pisang. Dari Dermaga Krui, perjalanan ke pulau Pisang memakai kapal penyeberangan selama kurang lebih 40 menit.

Pulau ini memiliki pantai indah dengan pasir putih higienis yang mengelilingi pulau yang sepi. Jika ingin berenang atau sekadar bermain di dalam air yang jernih maka bisa ke pantai di sisi utara pulau, ialah ke Pantai Labuhan Pisang dan Dermaga Pulau Pisang. Pengunjung pun bisa melaksanakan snorkeling dan menyelam di Pulau Pisang.

Selain pantai dan ombaknya, Pulau Pisang juga merupakan tempat bermukim pengrajin kain sulam emas dan kain Tapis terbaik di Lampung. Ini menimbulkan nya sebagai  daerah yang sempurna untuk membeli kain Tapis sekalian berguru cara membuatnya.

Pulau Pisang dahulu yakni penghasil cengkeh. Sisa perkebunan cengkeh bisa ditemukan di sekitar bangunan Mercusuar di tengah Pulau Pisang. Pengunjung mampu jelajah kebun sambil lintas alam di sini. Belanda membangun sebuah sekolah disini pada tahun 1892, dan ada beberapa bangunan lain yang diperkirakan dibangun pada era yang sama.


Objek Wisata Dekat Pantai Krui

Selain wisata pantai dan pulau, Lampung Barat juga memiliki banyak objek wisata lam lain. Mulai dari gunung hingga danau.

Salah satu yang dihentikan dilewatkan ialah Gunung Seminung. Gunung ini mempunyai pemandangan alam paling indah. Dari puncak gunung ini Pengunjung mampu melihat hamparan alam yang indah. Di kaki gunung ini traveler mampu menjumpai danau terbesar kedua di pulau Sumatera ialah Danau Ranau.

Status Danau Ranau yakni danau terbesar kedua di pulau Sumatera dan berada tepat di perbatasan antara kabupaten Lampung Barat dengan kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Di tengah Danau Ranau terdapat pulau kecil bernama Pulau Marisa. Di pulau tersebut terdapat sumber air panas yang sering dijadikan tujuan wisata.

Apakah Anda tertarik berkunjung ke Pantai-Pantai di Pesisir Krui? Tentukan waktu yang sempurna. Perkiraan cuaca juga sangat penting demi keamanan bersama. Jangan lupa pakai pula pakaian yang nyaman untuk aktifitas Pantai.