Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Karang Bolong Kebumen, Pantai Ikonic Jawa Tengah

Pantai Karang Bolong Kebumen memiliki pasir hitam gabungan, ada yang halus dan bernafsu. Pasir pantainya cukup luas untuk menutupi bagian tepi pantai sehingga kontur dari pantai ini menjadi landai. Batas pantai berupa perbukitan dan kelompok batuan unik, membuat keindahan yang ada semakin menawan.

Karena arus baliknya yang besar lengan berkuasa, sebaiknya bagi para pengunjung untuk tidak berenang, karena dikhawatirkan akan ikut tersapu ombak ketika arus balik tiba. Walaupun begitu, pengunjung masih bisa melakukan aktifitas lain, mirip berjalan menyusuri sepanjang pantai, bersepeda, dan memancing.

Disini terdapat goa yang sangat populer alasannya eksistensi sarang walet didalamnya. Goa Karang Bolong ini berada disebelah timur pantai. Panjang gua ini mencapai 30 m dengan lebar 10 m dan tingginya 5 m.

Satu hal yang harus diketahui bahwa di Pantai Karang Bolong terdapat sarang walet, yang bila ingin memanennya harus melakukan ritual dahulu. Jika tidak maka mala petaka yang akan terjadi. Ritual itu tak hanya sekedar sesaji tapi juga pertunjukan wayang.

Lokasi Pantai Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong Kebumen, Pantai Ikonic Jawa Tengah
Image By liburanyuk.co.id

Pantai Karang bolong Kebumen ini, berada di Desa Karang bolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Jarak dari Kota Kebumen sekitar 40 Km sebelah barat daya.


Rute Menuju Pantai Karang Bolong Kebumen

Rute menuju Pantai Karang Bolong Kebumen, mampu pengunjung tempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan langsung. Ada beberapa rute jalan yang mampu dipilih.

Jika pengunjung berangkat dari Kota timur seperti Jogjakarta mampu mengikuti JL Deandles sampai sampai menemukan papan petunjuk yang mengarah ke pantai Suwuk. Kemudian ikutilah jalan terus sampai menemukan jembatan  yang lalu akan menemukan pertigaan.

Kemudian belok ke kiri. Ikutilah jalannya sampai nanti akan menemukan Alun alun Karangbolong. Kemudian lurus terus hinga nanti menemukan pertigaan kemudian belok ke kanan. Ikutilah jalan tersebut hingga nanti akan menemukan letak pantai Karang bolong yang dituju.


Jam Buka Pantai Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong Kebumen terbuka untuk kunjungan wisata setiap hari sepanjang pekan. Pantai mulai buka jam 08.00 pagi dan ditutup pada jam 17.00 di sore hari.


Tiket Pantai Karang Bolong Kebumen

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Karang Bolong Kebumen sangatlah murah. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 perorang. Dengan harga yang cukup murah ini pengunjung sudah bisa eksplore seluruh lokasi wisata pantai Karang bolong ini.

Harga tiket masuk tersebut belum termasuk harga parkirnya. Untuk biaya parkir pantai Karang bolong ini Rp 5000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk biaya parkir kendaraan beroda empat.


Fasilitas Pantai Karang Bolong Kebumen

Mengenai kemudahan penunjang wisata, pantai Karang bolong kebumen ini sudah cukup lengkap untuk menunjang kebutuhan pengunjung.  Lokasi parkir untuk sepeda motor dan mobil yang luas sudah disediakan di sana.

Juga tersedia mushola, warung makan, Kamar mandi dan toilet umum, serta Tempat istirahat, seperti Gazebo dan aula.


Daya Tarik Pantai Karang Bolong Kebumen

Meskipun jarak antara Pantai Karangbolong dengan kota Kebumen cukup jauh, namun pantai ini merupakan rekomendasi terbaik dengan segala fasilitas dan keindahan alam yang ditawarkan. Juga memilki daya tarik wisata yang beraneka ragam.

Berikut ini beberapa daya tarik pantai karang bolong Kebumen, yang mampu menjadi alasan kenapa harus datang ke lokasi wisata satu ini.


    Pesona Pantai

Pantai Karang bolong kebumen dikelilingi oleh kerikil karang yang berlubang. Lubang karang itu timbul akibat abrasi air laut maupun angin. Hal ini mengingatkan apda objek wisata populer di Indonesia, mirip Tanah Lot Bali, Pantai Papuma Jember, dan beberapa pantai-pantai lain yang berlatar pegunungan dan bukit kapur, dan memiliki kumpulan bebatuan karang.

Pesona perbukitan karang yang berlubang di wilayah pantai memang mempunyai pesona tersendiri. Bentuk karang yang unik dan ikonik membuat pantai dengan bukit karang ini sangat cocok dijadikan untuk lokasi berfoto ataupun hanya untuk sekedar mencuci mata saja.

Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pasir putih keabu –abuan yang dimiliki Pantai Karang bolong Kebumen ini.


    Batu Karang Berlubang

Mengunjungi Pantai Karangbolong, maka tak akan lengkap tanpa mengunjungi si karangbolong. Karangbolong merupakan kata –kata dalam bahasa jawa, apabila diartikan kedalam bahasa Indonesia, Karangbolong berarti kerikil karang yang berlubang.

Seperti namanya, karangbolong merupakan ikon lokasi Pantai Karangbolong. Karangbolong tersebut terletak di sebelah timur bab Pantai Karangbolong. Karangbolong ini berupa sebuah gua kerikil karang yang berada di tepi pantai dengan panjang 30 meter, lebar 30 meter dan tinggi 5 meter.

Sebagai salah satu titik yang ikonik terhadap wisata Pantai Karangbolong, lokasi karangbolong ini menjadi salah satu spot foto favorit bagi para pengunjung.


    Piknik di Pinggir Pantai

Seperti halnya pantai pada umumnya yang mempunyai banyak pepohonan palem yang tumbuh di pinggiran pantainya. Pantai Karangbolong mempunyai banyak pohon kelapa yang tumbuh menjulang tinggi di pinggir pantai.

Pohon –pohon kelapa ini menciptakan sebagian wilayah pantai terasa sejuk dan amat cocok digunakan untuk tempat bersantai dan melepaskan penat usai bermain di pinggir pantai.

Bagi pengunjung yang tiba bersama keluarga atau dengan rombongan, dapat menggelar tikar piknik dan menikmati santapan piknik. Makan akan terasa sempurna dengan  sambil mengamati keindahan pantai pasir putih dan karang –karang unik berlubang di Pantai Karangbolong.

Nuansa yang sejuk dan menyenangkan akan membawa suasana piknik akan terasa sangat seru dan juga mengasyikkan.


    Bermain Air

Selain menikmati pemandangan bahari dan samudera bebas dan bermain pasir, pengunjung juga bisa bermain air dan juga berenang di Pantai Karangbolong. Meskipun menghadap eksklusif ke pantai selatan yang populer dengan ombak pantainya yang besar dan ganas, namun Pantai Karangbolong tetap cukup kondusif untuk digunakan berenang dan bermain air.

Hal ini disebabkan oleh Pantai Karangbolong mempunyai banyak watu karang, watu batuan karang ini membantu untuk memecah ombak besar yang bergerak menuju pinggir pantai. Sehingga ombak yang meluncur ke pinggir pantai sudah menjadi beberapa bab gelombang kecil yang aman. Waktu yang paling aman untuk berenang dan bermain air di Pantai Karangbolong yaitu dikala air maritim surut.

Waktu air bahari surut, ombak yang menerjang pantai tidaklah terlalu besar. Saat itu pengunjung  bisa menelusuri karang –karang unik yang terendam air maritim ketika maritim mengalami pasang. Namun tetap perlu perhatikan ketika berenang dan bermain air di Pantai Karangbolong Kebumen.


    Susur pantai dengan Perahu

Tak hanya spot wisata alam saja yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di daerah wisata Pantai Karangbolong. Pesona Pantai Karangbolong pun mampu Anda nikmati dari tengah bahari. Pengunjung  apat menikmati wahana berupa bahtera atau banana boat untuk menyusuri Pantai Karangbolong melalui tengah laut.

Sensasi menegangkan berperahu dan menantang ombak pantai selatan akan memacu adrenalin menjadi lebih cepat. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menikmati wahana ini pun tak terlalu mahal. Namun harus tetap berakal –akil dalam bernegosiasi untuk menyewa perahu tersebut.

Kebanyakan harga penyewaan didasarkan pada kesepakatan penyewa dan pemilik perahu.


    Upacara Ritual “Unduh Sarang Walet”

Tak hanya keindahan alam saja yang mempesona di Pantai Karangbolong ini. Ada juga tradisi yang dilakukan di wilayah ini ayang menjadi suguhan yang tak boleh terlewatkan. DI pantai ini banyak ada gua. Sehingga lokasi ini menjadi habitat yang anggun untuk ribuan burung walet.

Setiap kali musim panen sarang burung walet, masyarakat setempat selalu mengadakan upacara ritual “Unduh Sarang walet” sehari sebelum dilakukannya panen sarang burung walet. Upacara itu tidak terlepas dari mitos yang dipercayai masyarakat lokal.

Selain itu ritual ini juga bertujuan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat terhadap segala kekayaan dan karunia yang diberikan oleh sang pencipta. Dengan adanya ritual ini, Pantai Karang bolong sangat cocok bagi yang ingin mengetahui tradisi.


Objek Wisata Dekat Pantai Karang Bolong Kebumen

Di kebumen juga ada objek wisata Goa Jatijajar. Goa jatijajar merupakan sebuah goa yang dibentuk selama jutaan tahun. Masuk kedalam goa ini serasa masuk kedalam dinosaurus yang besar mengingat pintu masuk yang bentuknya seperti mulut dinosaurus.

Disekitar gua juga terdapa taman yang desrbut dengan taman kera alasannya terdapat banyak patung monyet di taman tersebut. Keberadaan patung kera berafiliasi dnegan legenda Raden Kamandaka yang lalu hingga kini menjdai kisah dongeng lutung kasarung.

Ada juga pantai Ayah. Di pantai yang dikelilingi bukat yang indah ini, pengunjung mampu menyewa prahu mengelilingi pesisir pantai. Juga cocok untuk melihat sunset yang menakjubkan di sore hari, sebab pantai ini yang menghadap ke barat. Bagi anda yang suka dengan sea food, di kawasan ini terdapat pelelangan ikan dan mampu langsung di masak di daerah.

Demikianlah keindahan wisata Pantai Karang Bolong Kebumen ini. Sebuah wisata istimewa, alasannya adalah merupakan kawasan dimana wisata alam dan budaya menyatu jadi 1 lokasi.