Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara berlokasi di tempat desa Gadingsari, Bantul Yogyakarta. Seperti namanya pantai ini tergolong pantai unik sesuai dengan namanya.

Kenapa dinamakan pantai goa cemara?  Karena pintu masuk ke pantai ini terdapat tumpukan pohon cemara yang berbentuk mirip goa terdapat lubang ditengahnya seperti dengan goa.

Jika kau mencari pantai terindah dan pantai yang unik ya di pantai goa cemara inilah tempatnya. Pantai ini mempunyai settingan mirip film twilight tempatnya mirip pantai dan mirip hutan.

Alamat Dan Rute Lokasi

Pantai Goa Cemara
foto: https://www.instagram.com/sinyo_potret/
Pantai yang berada di Kabupaten Bantul ini mempunyai lokasi di  jalan pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul Yogyakarta. Lokasinya masih dalam satu wilayah pantai parangtritis dan parangkusumo.

Ketiga pantai  di jogja ini mampu anda nikmati sekaligus alasannya adalah jaraknya berdekatan. Pantai Goa Cemara sendiri berada di sebelah barat Pantai Parangkusumo.

Pantai Goa cemara berjarak 30 kilometer dari kota Yogyakarta. Jarak yang akrab bukan untuk sampai ke lokasi.

Jika anda dari Yogyakarta silahkan menuju ke Bantul lalu ke pos retribusi pantai samas selanjutnya lurus terus sampai pertigaan. Setelahnya masih lurus terus sampai ke persimpangan pantai Pandansari, selanjutnya lurus terus lalu belok kiri sampailah ke lokasinya.

Jika anda melewati rute parangtritis  silahkan menuju jalan ke pantai parangkusumo sampai ke jalan parangtritis lalu jalan ke samas kretek sampai ke jalan Samas kemudian jalan lintas Selatan selanjutnya jalan menuju ke pantai Goa Cemara.

Untuk lebih mudahnya anda bisa mengikuti petunjuk dari google map. Biasanya terdapat banyak sekali alternatif lainnya untuk sampai ke lokasi.


Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Harga tiket Masuk

Tiket masuk5000
Parkir roda dua3000
Parkir roda empat5000
Parkir bus10.000

Jam Buka Tutup

Jam operasional pantai Goa Cemara ialah 24 jam. Kaprikornus anda mampu pergi ke pantai tersebut kapan saja yang anda inginkan bersama sobat, keluarga dan bersama kawan lainnya.


Objek Wisata

foto: https://www.instagram.com/arifzeinrifai/

Berikut ini beberapa objek wisata dan kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai Goa Cemara


1. Naik ATV

Anda mampu menikmati pemandangan pantai dengan memakai ATV hanya saja kamu bisanya berada di pinggir pantai hingga ke area pohon cemara. Aktivitas ini tidak mengecewakan membutuhkan keberanian dan keahlian dalam menyetir apalagi di tanah berpasir.

Pasir pantai Goa cemara berwarna hitam atau coklat sama halnya dengan pasir di pantai parangtritis dan parangkusumo. Anda jiga bisa mengambil foto pantai dan gambar pantai di sepanjang tepi pantai, seperti dikutip dari infopantai.com


2. Foto bersama pohon cemara

Spot wisata paling menarik di Goa Cemara ialah foto disepanjang jalan setapak yang dikelilingi oleh pohon cemara. Pengunjung sering menggunakan spot foto bersama pohon cemara untuk momen romantisme di pantai yang unik dan instagramable.


3. Berkemah

Selain menikmati suasana pantai yang asri dan sejuk d pagi dan siang hari anda juga mampu menikmati malam hari di pantai Goa Cemara. Sebelum anda bermaksud untuk camping di pantai ini sebaiknya anda siapkan tips wisata di pantai.

Dengan demikian anda bisa lebih nyaman dan aman alasannya adalah banyak sekali perlengkapan kemah sudah disiapkan. Jangan lupa anda siapkan baju pantai siapa tahu mampu berguna juga.


4. Berkuda

Selain naik ATV anda juga bisa berkeliling pantai dengan naik kuda, jangan khawatir bila anda belum pernah naik kuda sebab anda didampingi oleh pemandu kuda. Makara jangan khawatir anda akan terjatuh dari kuda.


Fasilitas di Pantai Goa Cemara

foto: https://www.instagram.com/triwahyuni60/

Selain itu terdapat banyak sekali fasilitas yang mampu anda dapatkan di pantai Goa Cemara. Berikut ini fasilitasnya


1. Warung makan

Jika perut anda kosong alasannya adalah sudah terlalu lama berkeliling kalem saja, di sana tersedia warung makan kuliner khas pantai yang bisa membantu menenangkan perut kosong anda. Terdapat banyak sekali sajian khas pantai yang bisa anda nikmati.

Selain itu anda juga bisa menerima oleh-oleh pantai untuk saudara ataupun tetangga. Oleh-oleh yang disediakan juga beragam ada yang berbentuk pakaian, makanan ataupun pernak pernik.


2. Musholla

Salah satu tempat yang tidak ketinggalan harus disediakan sebagai fasilitas umum. Apalagi ketika di pantai itu tidak hanya satu dua jam, mampu jadi seharian berada di pantai.

Selain menikmati indahnya ciptaan yang maha Kuasa jangan lupa juga untuk sembahyang  sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan.


3. Toilet

Fasilitas umum yang wajib diadakan karena memang menjadi hal yang dibutuhkan bahkan menjadi kebutuhan pokok. Jika anda sudah final berenang tentunya anda perlu membilas badan dari pasir-pasir yang menempel.


4. Area parkir

Tersedia area parkir untuk sepeda roda dua kendaraan beroda empat ataupun bus alasannya pengunjungnya tidak hanya dari dalam kota kadang banyak juga yang dari luar kota.

Masih banyak lagi hal-hal ihwal Pantai Goa Cemara yang perlu anda ketahui misalnya saja ihwal asal seruan atau yang lainnya. Penjelasan sebelumnya mampu menjadi sedikit gosip saat anda ingin berkunjung ke pantai Goa Cemara, untuk itu tetap simak artikel kami selanjutnya.