Pantai Asmoro, Menengok Raja Ampat di Malang

Pantai Asmoro memanjakan pengunjung dengan pemandangan teluk-teluk yang mengililingi pantai. Banyak yang menyebut: “Pantai teluk asmoro raja ampatnya Malang“. Pemandangan pasir putih yang membentang luas dipadukan dengan gulungan ombak yang datang menghampiri bibir pantai, menciptakan siapa saja betah.

Jika dilihat dari ketinggian, deretan pulau-pulau yang ada di pantai ini berbentuk hati atau “Love”, sungguh indah pemandangan yang disuguhkan pantai ini. Saat menikmati sunset di deretan pulau-pulau indah ini pun memperlihatkan efek siluet yang berbeda dan sangat menakjubkan.

Sebagai pantai yang masih tersembunyi, Teluk Asmara menjadi pantai yang lebih asri dan hampir tanpa sampah. Keeksotikan alam terutama dihadirkan melalui gugusan pulau-pulau karang kecil yang tertata acak dengan berbalut rimbunnya hijau tetumbuhan.

Hamparan pasir putih nan bersih terbentuk senada dengan desain alam pada bibir pantainya. Sementara itu kedatangan ombak menjadi lebih santun sehabis terhalang beberapa pulau karang yang menjorok ke maritim, sebagian juga ada yang teguh di lepas pantainya.

Di sinilah kawasan ideal bagi siapapun untuk mengasah rasa kagum akan alam. Jelajahilah setiap sudutnya setelah sebelumnya Anda benar-benar melepaskan segala bentuk hiruk-pikuk di pikiran. Masuklah pada suasana menenangkan dan ikhlaslah dimanja oleh keindahan.

Lokasi Pantai Asmoro

Pantai Asmoro, Menengok Raja Ampat di Malang
Image By: carolinalidya.com

Letak pantai maritim selatan di Malang ini berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Kalau dari kota Malang, Pantai ini berjarak sekitar 73 kilometer ke Selatan. Untuk kesana diperlukan waktu perjalanan sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan.


Rute Menuju Pantai Asmoro

Dari kota Malang, ambil jalan menuju Selatan ke Kecamatan Bululawang. Kemudian pergi ke pertigaan tempat Pabrik Gula Krebet. Dari sini, lanjutkan perjalanan ke Pantai Sendang Biru.

Selain rute di atas, ada satu lagi rute menuju Pantai Teluk Asmoro adalah mengikuti jalur ke Pantai Clungup. Jalur ini lebih bersahabat dari jalur sebelumnya hanya saja lebih menantang. Satu tips untuk pergi ke Pantai ini yaitu jangan segan bertanya kepada penduduk lokal.

Mengenai kondisi jalan menuju pantai ini bisa dibilang masih belum memadai. Masih ada beberapa jalur yang belum teraspal dan berbatu sehingga butuh kehati-hatian saat melewatinya. Lebih-lebih saat animo hujan, jalanan ke arah pantai agak berlumpur dan licin.

Kemudian jarak bibir pantai dari parkiran juga tidak mengecewakan cukup jauh. Dari parkiran kita harus naik turun bukit sekitar 100 hingga 200 meter sebelum hingga di lokasi pantai.

Namun saat ini pengelola sudah memperbaiki saluran jalan dari parkiran ke bibir pantai. Sudah ada anak tangga yang bisa kita lewati untuk memudahkan perjalanan.


Jam Buka Pantai Asmoro

Tidak ada ketentuan mengenai jam operasional di pantai Asmoro ini. Makara pengunjung mampu tiba kapan saja sesempat nya dan sesuai cita-cita.

Namun rekomendasi waktu terbaik untuk liburan ke pantai ini sama saja dengan pantai-pantai lainnya. Kalau ingin suasana yang lebih sepi dan sejuk, tentu waktu yang sebaiknya pilih ialah pada hari kerja sekitar pukul 9 pagi atau pada pukul 3 sore.

Simak juga: Oleh-Oleh Khas Malang


Tiket Pantai Asmoro

Jika ingin menikmati keindahan Pantai Asmoro ini pengunjung harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, cukup Rp.10.000 per orang saja.

Sedangkan untuk tarif parkir, kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp. 5.000 dan kendaraan roda empat Rp.10.000.

Simak juga: Minuman & Makanan Khas Malang


Fasilitas Pantai Asmoro

Untuk akomodasi yang ditawarkan jangan terlalu berharap banyak, alasannya Pantai ini masih baru. Salah satu fasilitas yang tersedia yaitu gazebo. Jika tidak kebagian gazebo, pengunjung bisa berteduh di beberapa goa kecil yang ada di kawasan Pantai.

Karena tidak ada warung, sangat disarankan untuk membawa bekal sendiri. Kekurangan akomodasi di Pantai ini yaitu tidak adanya toilet, jadi jika kebelet buang air kecil dan besar, anda harus berimprovisasi.


Daya Tarik Pantai Asmoro

Ada sangat banyak bantu-membantu yang menarik dari pantai Asmoro Malang ini. Namun tentu tak mampu kami gambarkan seluruhya dalam tuisan singkat ini. Dari yang sangat banyak itu, kami mencoba menyajikan beberapa diantaranya yang paling sering disebut oleh para pengunjung.

Simak juga: Batu Flower Garden


    Gugusan pulau

Nama Teluk Asmoro bukanlah sekadar nama saja. Jika dilihat dari ketinggian, deretan pulau-pulau yang ada di Pantai ini terlihat seperti membentuk tanda cinta atau “love”. Pulau-pulau kecil ini mengingatkan kepada Raja Ampat yang tersohor itu. Tentu ini menjadi salah satu daya tarik dari Pantai ini.

Pantai Teluk Asmara dikelilingi oleh pulau-pulau kecil. Salah satu aktivitas yang menarik bagi pengunjung yakni hopping island. Dimana pengunjung bisa berkunjung dari satu pulau ke lainnya dalam satu hari saja.

Simak juga: Tempat Pemandian di Malang


    Snorkeling

Pantai Asmoro ini mempunyai arus yang relatif damai walaupun berada di kawasan pesisir Selatan pulau Jawa. Biasanya Pantai yang berada di Selatan Jawa mempunyai ombak yang besar. Berkat air yang hening ini  anda bisa menikmati pemandangan awah bahari Teluk Asmoro.

Ada pemandangan dari aneka macam macam terumbu karang dan biota bahari yang bisa anda nikmati dengan snorkeling di sini.

Pemandangan bawah maritim dari Pantai Teluk Asmara ini masih sangat alami dan cantik banget. Terumbu karang dan aneka biota maritim menjadi pemandangan utama yang bisa pengunjung  nikmati dikala snorkeling disini.

Jadi buat kamu yang hobi snorkeling, tempat ini mampu jadi spot menarik untuk dijajal


    Sunset

Sudah terang jikalau sunset yaitu fenomena yang sangat ditunggu ketika mengunjungi Pantai. Namun, sunset di Pantai ini berbeda alasannya adalah formasi pulau-pulau kecil yang ada memberikan siluet yang berbeda dan menakjubkan.

Simak juga: Tempat Wisata Di Kediri


    Berkemah

Jika ingin menikmati keindahan alam Pantai Teluk Asmoro lebih lama lagi, pengunjung mampu melakukan aktivitas berkemah di sini. Terdapat beberapa spot yang sangat cocok untuk berkemah. Pengunjung harus membawa perlengkapan berkemah dari rumah karena di Pantai ini tidak ada tempat sewa perlengkapan tersebut.

Suasana pantai yang damai dan damai menciptakan Pantai Teluk Asmara ini sering dijadikan sebagai tempat untuk camping atau berkemah. Pengunjung bisa mendirikan tenda ditepi pantai sambil menciptakan api unggun.

Malam harinya, pengunjung bisa menciptakan api unggun sambil bernyanyi-nyanyi bersama sobat. Sedangkan pada pagi harinya bisa melakukan banyak acara seru seperti berenang, voli, sepak bola pantai ataupun yang lainnya.


    Gazebo atau Goa

Pengunjung pantai Asmoro dapat menemukan beberapa gazebo-gazebo kecil yang mampu dipakai untuk menikmati pemandangan pantai Teluk Asmoro dari atas bukit. Gazebo-gazebo ini juga mampu untuk menjadi daerah berteduh.

Selain gazebo ternyata para pengunjung mampu berteduh atau bersantai di dalam sebuah goa-goa kecil di pinggir pantai. Adanya goa kecil ini menjadi keunikan lain yang mungkin tidak akan kamu temukan di daerah lain

Simak juga: Wisata di Banyuwangi Terbaru


Objek Wisata Dekat Pantai Asmoro

Selain pantai Asmoro, pantai Malang lain yang juga berombak damai ialah Pantai Mrutu. Kelebihan Pantai Mrutu dibanding pantai yang lain ialah ombaknya yang hening, sebab ombak yang tiba ke bibir pantai mirip berjalan pelan-pelan dan halus. Ombak itu seakan tidak mau menjadikan suara yang berisik.

Jika ingin menemukan pantai yang Unik, malang punya pantai Tiga Warna. Keunikan utama Pantai Tiga Warna Malang yakni warna airnya yang berbeda-beda. Biru-Hijau-Putih. Perbedaan warna ini disebabkan oleh kedalaman air maritim. Selain itu, ombak di pantai ini sangat tenang, sebab ombak besar dari Samudera Hindia terhalang oleh Pulau Sempu.

Itulah ulasan singkat dari Pantai Teluk Asmoro. Pantai ini memberikan Pantai yang sepi dengan pemandangan yang indah. Air lautnya biru jernih dan terdapat formasi pulau kecil yang menambah keindahan Pantai ini.

Lebih baru Lebih lama