Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Air Manis, Info Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pantai Air Manis atau dalam bahasa padang di sebut dengan Aia Manih. Adalah daerah wisata di kota Padang yang cukup terkenal.

Selain memiliki panorama esoktis. Pantai ini juga dikenal dengan air anggun beach and malin kundang stone. Lebih tepatnya cerita legenda malin kundang.

Perpaduan alam dan dongeng khas masyarakat padang ini menjadi sebuah daya pikat tersendiri. Banyak wisatawan penasaran dengan kerikil maling kundang asli.

Maka, tak berlebihan bila tempat ini dijadikan sebagai ikon wisata Kota Padang. Semua orang pasti akan merekomendasikan daerah ini untuk dikunjungi pertama kali.

Mengenal Kisah Maling Kundang

Seperti di ketahui, cerita Maling Kundang sangat populer. Menjadi sebuah suri tauladan bagi siapa pun yang hidup berdampingan antara anak dan orang renta.

Kisahnya, dijadikan sebagai cara biar anak takut dan menghormati orang renta. Bila tidak, kutukan menjadi watu pun siap melayang.

Konon ceritanya, di pantai inilah seorang Maling Kundang melabuhkan perahunya. Dan di pantai ini pula lah. Seorang ibu yang telah usang menunggu anaknya dengan rasa rindu itu, menyambut anaknya.

Sayangnya, Maling Kundang tidak mengakui perempuan renta nan renta itu ibunya. sampai pada akhirnya, Maling Kundang di kutuk menjadi kerikil.

Uniknya, kerikil yang ibarat bentuk insan itu masih ada sampai dikala ini. Batu tersebut benar-benar konkret. Seperti pahatan seorang seniman ternama yang sudah melahirkan berbagai macam karya.

Batu yang berasal dari sebuah cerita legenda yang mungkin menjadi saksi dari sejarah pantai air anggun.


Daya Tarik Lain

Pantai Air Manis, Info Lokasi dan Harga Tiket Masuk
foto: https://www.instagram.com/bunzfaqai/

Saat pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini. Wisatawan akan disambut dengan bibir pantai yang panjang dan hamparan pasir putih nan megah.

Satu kata ketika pertama kali memandang objek wisata ini yakni bagus. Benar-benar menarik hati akidah untuk berkunjung lagi dan lagi. Apalagi, saat angin berhembus dengan lirih. Rasanya seperti ingin melayang.

Dengan bibir pantai yang panjang membuat wisatawan bisa melakukan segala aktifitas disini. Seperti bermain sepak bola.

Bermain bola voli, atau juga bermain pasir dengan membangun sebuah kerajaan. Bisa juga menerjang ombak yang tidak terlalu besar. Disarankan untuk tiba lebih dari 3 orang supaya bisa merasakan keseruannya.

Tetapi, tidak salah pula jika datang sendirian. Karena, duduk dihamparan psir putih sembari menikmati suasana syahdu juga sangat nikmat.

Apalagi, mendengar suara ombak yang tidak pernah berhenti menghadirkan alunan musik merdu. Semua kegalauan dan penat eksklusif hilang bersama dengan ombak. Sekiranya cukup berdiam diri dan menikmati kesendirian.


Pulau Pisang Kecil Dan Pulau Pisang Besar

foto: https://www.instagram.com/ekafitra.m/

Sekarang waktunya untuk berdiri dan menikmati tempat ini dengan cara lain. Di seberang pantai ada sebuah pulau kecil.

Jarak yang harus di tempuh kurang lebih 500 meter. Luas pulau tersebut kurang lebih 1 ha. Nama pulau itu yaitu pulau pisang ketek atau pulau pisang kecil.

Bisa dibilang pulau itu buka selama 24 jam. Karena, jam berapa pun wisatawan bisa pergi kesana. Jika pada pagi atau sore hari, wisatawan bisa berjalan kaki. Tetapi, pada malam hari, saat air sedang pasang.

Wisatawan diwajibkan memakai jasa perahu nelayan yang bisa disewa. Harganya pun bisa menawar sendiri. Asalkan berilmu menawar niscaya dapat harga murah.

Selain pulau pisang ini, wisatawan pun akan disuguhkan dengan pulau lain. Pulau tersebut bernama Pulau Pisang Gadang atau Pulau Pisang Besar atau Pulau Sikuai.

Disini, berbagai warga yang tinggal. Makara, jikalau wisatawan membutuhkan penginapan, mampu pribadi menghubungi rumah-rumah warga yang terkadang disewakan untuk bermalam.

Jangan lupa untuk menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam di daerah ini. Jangan lupa pula mengabadikan momen tersebut melalui sebuah foto. Karena, pemandangannya sungguh sangat syahdu.

Untuk sarapan pagi jangan khawatir. biasanya, para warga akan memasak dan mengirimkan sarapan untuk wisatawan yang menginap.

Biasanya pula, kita bisa memesannya, atau menurut saja, apa yang akan disajikan untuk kita. Satu hal yang pasti, cita rasanya sungguh nikmat menggoda.

Untuk menikmati batu malin kundang wisatawan mampu berjalan menuju ke sisi selatan pantai. Sayangnya kerikil malinkundang ketika ini sudah banyak yang rusak.

Sehingga, banyak pula yang harus direnovasi dan di perbaikki. Disini pula, biasanya wisatawan mengabadikannya dengan aneka macam pose.

Bagi wisatawan yang membawa uang lebih bisa menginap di hotel atau juga vililla. Letaknya tidak juah dari daerah pantai air bagus. Harganya pun mampu disesuaikan dengan fasilitas yang diinginkan wisatawan,


Alamat Dan Rute Lokasi

foto: https://www.instagram.com/rofin_95/

Letak pantai air anggun kurang lebih 10 km dari pusat kota padang. Lebih tepatnya berada di kecamatan padang selatan kota padang.

Ada banyak cara yang bisa dipilih oleh wisatawan. Bisa memakai kendaraan eksklusif. Atau juga mampu memakai transportasi umum.

Berkunjung ke pantai air bagus sangat disarankan memakai transportasi umum. Agar terhindar dari kemacetan panjang yang sering mengular di sepanjang jalan menuju pantai air cantik.

Gunakan bus trans padang dengan rute perjalanan lubuk buaya – pasar raya sampai melewati jalan raya teluk bayur.

Setelah sampai di persimpangan pantai air bagus. Wisatawan mampu melanjutkan perjalanan menuju lokasi pantai air bagus malin kundang dengan menggunakan angkot atau ojek.

Bagi yang ingin naik kendaraan eksklusif. Bisa mengikuti papan petunjuk yang sudah banyak tersebar di jalan yang akan menjadi pemandu yang baik.

Jika masih kesulitan dengan klarifikasi kami diatas, mampu juga menggunakan maps dibawah ini.


Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk tempat ini cukup murah. Hanya dengan membayar uang sebesar 5 ribu rupiah saja. Wisatawan bisa menikmati keindahan kawasan ini.

Ditambah dengan biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk pengguna kendaraan beroda empat. Dan, 3 ribu rupiah bagi yang mengendarai sepeda motor.


Wahana Dan Sajian Kuliner

foto: https://www.instagram.com/loqita015/

Menikmati pantai air asin tidak hanya dengan pergi ke pulau-pulau ini atau merenung saja. Ada hidangan masakan yang pastinya bikin perut keroncongan, pengecap bergoyang patah-patah.

Sajian kuliner ini mampu ditemui di warung-warumg tak jauh dari pantai.

Ada menu ikan yang masih fresh dan nasi kapau yang mampu disantap oleh wisatawan dengan harga mulai dari 25 ribu rupiah.

Selain itu, ada beberapa masakan lainnya yang tersedia dengan cita rasa khas padang yaitu pedas. Makara, bagi wisatawan yang tidak suka pedas, jangan lupa untuk meminta tidak pedas, ya!

Selain sajian masakan, wisatawan juga akan disuguhkan dengan beberapa wahana yang menarik seperti sewa ATV. Dengan harga 25 ribu rupiah untuk 15 menit.

Wisatawan mampu berkeliling menyusuri bibir pantai dan mengunjungi watu malin kundang yang ada di sisi ujung pantai. Selain itu, wisatawan juga mampu menyewa bahtera kano, atau juga perahu motor.

Terlepas dari semua dongeng yang beredar disini. Pantai air bagus, memang mempunyai pesona yang mengagumkan. Bahkan, keindahannya membuat semua wisatawan lupa waktu.

Bagi kamu yang belum kesini, ayo segera agendakan liburanmu. Jangan lupa ajak keluarga, sobat, dan sahabat sama-sama menikmati tempat ini.