Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ocarina Batam, Taman Bermain Modern Di Halaman Depan Singapura

Megawisata Ocarina Batam yaitu sebuah tempat wisata pantai yang terletak di Pulau Batam. Ocarina berada di lahan seluas 40 hektare, dengan pantai berpasir putih yang manis. Pantai dihiasi rindang pinus, aneka macam wahana permainan, panggung terbuka, gazebo dan jogging track.

Saat masuk ke area Ocarina Batam, pengunjung akn disambut dengan aneka macam patung shio yang berderet di sepanjang jalan taman. Patung patung shio tersebut antara lain Kelinci, Kerbau, Naga, Tikus, Harimau, Kambing, Ular, Monyet, Kuda dan Ayam.

Tidak hanya menyaksikan patung shio, pengunjung juga dapat mengetahui filosofi dari masing-masing shio tersebut. Masing-masing patung tersebut disertai dengan penjelasan sifat dari shio dalam bahasa Inggris, Mandarin, dan Bahasa Indonesia.

Setelah lelah berkeliling taman, pengunjung dapat rehat di sebuah restaurant seafood. Di sini pengunjung dapat memesan aneka macam macam masakan dan minuman khas Batam.

Apabila ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, di Ocarina Batam juga terdapat pusat buah tangan yang menjual berbagai souvenir yang harganya relatif terjangkau.

Lokasi Ocarina Batam

Ocarina Batam, Taman Bermain Modern Di Halaman Depan Singapura
Image By Instagram/nurimmaulia

Lokasi wisata ini berada 1 km dari Pelabuhan Batam Centre, Tepatnya di Jalan Bunga Raya, Sadai, Bengkong, Kep, Riau.

Dari Bandara Hang Nadim menuju lokasi hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit melalui Jln. Raja Isa.


Rute Menuju Ocarina Batam

Untuk menuju tempat wisata Ocarina Batam tidak menempuh jalan yang sulit dijangkau. Hal ini disebabkan alasannya kawasan wisata ini terletak di Batam Center yang bersebelahan dengan pelabuhan internasional dan pusat perbelanjaan berjulukan Megamall.

Jika pengunjung memakai kapal feri untuk menuju kawasan wisata ini, pengunjung hanya perlu berjalan kaki dari pelabuhan Tanjung Pinang, Kepulauan Karimun. Kapal feri biasanya juga digunakan untuk wisatawan yang tiba dari Johor Bahru dan Singapura.

Sedangkan kalau menentukan untuk memakai pesawat terbang, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dari Bandara dengan menumpang taksi. Bisa juga menyewa mobil dengan jarak tempuh yang memakan waktu sekitar 15 menit.


Jam Buka Ocarina Batam

Pengujung yang ingin bermain di kawasan wisata ini bisa tiba mulai pagi hari. Pada hari Senin-Sabtu, Ocarina Batam buka pukul 10.00-22.00. Sedangkan hari minggu buka jam 06.00-22.00.


Tiket Ocarina Batam

Pengunjung yang datang ke Ocarina Batam dikenai biaya tiket masuk.  Tiket masuk ke wisata ini juga cukup murah. Untuk Dewasa seharga Rp 10.000 dan untuk anak Rp 5.000.

Ada lagi pemanis biaya parkir kendaraan senilai Rp 5.000.


Fasilitas Ocarina Batam

Ocarina Batam sedari awal telah didesain untuk melayani kunjungan dari ribuan orang per-hari. Untuk itu tentu saja akomodasi penunjang wisata diperhatikan benar keberadaannya. Fasilitas yang tersedia juga tersebar di setiap area.

Area parkir luas dan tentu kondusif alasannya adalah harus melewati gerbang resmi. Toilet, stand penjual masakan, dan musala juga tersebar di banyak titik.  Selain itu, kalau lelah berjalan, pengunjung bisa menentukan memakai sepeda yang disewakan.


Daya Tarik di Ocarina Batam

    Plaza Coastarina

Plaza luas menghadap bahari lepas ini menjadi lokasi yang mendominasi area Ocarina Batam. Pengunjung dapat dipastikan akan mendatangi Plaza luas ini. Salah satu sebabnya, alasannya di plaza ini terdapat tulisan signage besar bertuliskan Coastarina yang biasa dijadikan latar berfoto.

Lokasi ini juga menjadi kawasan terbaik untuk memandang maritim lepas. Satu lagi objek yang menjadi daya tarik saat di Plaza Coastarina ialah bianglala.


    Bianglala Kincir Raksasa

Bianglala merupakan wahana yang umum dijumpai dari pasar malam sampai taman rekreasi. Untuk bianglala yang paling ikonik di Tanah Air, mampu ditemui di Dunia Fantasi, Jakarta. Namun di Batam juga ada Bianglala yang tidak kalah menggoda untuk dicoba.

Bianglala atau Giant Wheel Ocarina berada persis di tepi Plaza Coastarina. Wahana ini menjadi begitu menarik karena terletak tepat di tepi pantai. Memiliki diameter 30 meter, Bianglala ini menjadi wahana yang siap mengajak pengunjung melihat pemandangan tempat Ocarina.

Pemandangan Kota Batam, lautan, dan pulau-pulau di sekitarnya dari titik tertinggi 25 meter. Bianglala ini sendiri memiliki 16 gondola dengan masing-masing mampu dinaiki maksimal lima orang.


    360 Madness

Wahana ini terbilang esktrem dan cocok bagi mereka yang memang suka menguji adrenalin. 360 Madness merupakan wahana permainan berbentuk seperti ayunan raksasa dimana pengunjung harus duduk di bangku yang berbentuk lingkaran. Dalam sekali putaran mampu menampung sampai 16 orang.

Permainan ini akan berputar sampai 360 derajat. Pada awalnya orang yang naik di atasnya akan diayun terlebih dahulu, lalu akan berangsur naik ke atas dan diputar sampai 360 derajat saat berada di atasnya. Permainan ini akan membuat yang menaikinya berputar seperti jarum jam. Saat berada di atas ialah sekitar dua sampai tiga menit.

Yang mampu menaiki wahana menantang di Ocarina batam ini ialah usia di atas 15 tahun. Juga ada syarat minimal tinggi 150 cm. Dan juga ada ketentuan mereka tidak mempunyai riwayat sakit jantung, asma, Epilepsi, atau pun yang sedang hamil.


    Sky Runner

Permainan satu ini bisa dikatakan egrang modern. Pemainnya harus mencoba menjaga keseimbangan sebab harus bangun di atas alat yang cukup tinggi dari aluminum yang dipasang di kaki. Alat ini dilengkapi dengan pegas sehingga penggunanya juga mampu melompat-lompat.

Pengunjung  mampu menikmati permainan yang sangat ekstrim tersebut setelah berguru. Untuk belaja rmengguankan alat ini ada beberapa tantangan. Diantaranya keadaan lantai yang agak licin. Tantangan lain berupa keseimbangan tubuh untuk berdiri di atas sebuah alat yang cukup tinggi.

Saat mengoperasikan permainan ini, pengunjung akan berjalan dengan melompat-lompat layaknya seekor Kangguru.

Tentunya harus ikut antri mengingat wahana yang satu ini termasuk sebagai idola pengunjung yang tiba. Ini memebuat selalu penuh dengan pengunjung, apalagi pada dikala malam hari dimana keadaan sudah cukup dingin. Sambil belajar menjadi kanguru, pengunjung juga berolahraga untuk memperabukan kalori, sangat cocok untuk yang tengah menurunkan berat tubuh.


    Spin Tower

Spin Tower intinya yakni wahana berupa komidi putar. Bedanya, wahana ini cukup menantang lantaran pengunjung akan dibawa naik hingga cukup tinggi sebelum risikonya wahana tersebut berputar.

Semakin Lama putaran akan semakin kencang sehingga menciptakan kursi-bangku ayunannya semakin melebar keluar dan tentunya menguji keberanian.

Spin tower ini bisa dinaiki untuk usia di atas 10 tahun. Bentuknya mirip ayunan, akan berputar lalu akan naik hingga ke atas. Wahana Ocarina Batam satu ini terbilang cukup aman untuk belum dewasa. Karena hanya berputar saja, tidak ada naik atau turun.


    Water Park

WaterPark Ocarina Batam merupakan salah satu wahana yang berada di kawasan Mega Wisata Ocarina Batam. Fasilitas ini menyajikan tempat wisata air yang mampu di nikmati oleh para pengunjung baik dewasa maupun Anak-anak.

Untuk akil balig cukup akal terdapat pilihan kolam dengan ukuran yang cukup luas dengan kedalaman air sekitar 1.5-3 meter. Selain itu, pengunjung akil balig cukup akal mampu pula menikmati aneka wahana yang ada seperti Flying fox. dan Trampoline.

Sedangkan untuk kolam Anak-anak mempunyai kedalaman air sekitar 30 sampai 50 cm. Kolam bawah umur dilengkapi aneka permainan air seru dan menyenangkan. Diantaranya terdapat bejana tumpah, dan seluncuran.

Waterpark Ocarina Batam memiliki wahana cukup banyak untuk belum dewasa bermain. Dimulai dari message chair atau bangku pijat, bridge, gountai atau pancuran dengan tampungan air. Ada juga arc tend atau tenda peristirahatan, permainan jaring selam, dan Kran hujan.

Tersedia pula fasilitas taman air yang mempunyai Air mancur yang menari dan Water gun.


    Playground

Disamping berbagai wahana yang memompa adrenalin, Ocarina Batam juga mempunyai tempat taman dengan playground konvensional. Taman itu dilengkapi dengan aneka macam permainan untuk anak. Diantaranya mulai dari mulai ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, sampai outdoor gym.

Tidak hanya diperuntukkan untuk belum dewasa, taman ini juga cukup menyenangkan untuk pengunjung akil balig cukup akal yang ingin bersantai. Kawasan taman playground yang rimbun, juga menjadikannya cukup nyaman untuk beristirahat kalem.


Objek Wisata Dekat Ocarina Batam

Selepas bermain-main di Ocarina batam, pengunjung juga bsia mencoba mengeksplorasi lokasi lokasi wisata lain di Batam. Dalah satunya ada Pantai Nongsa. Pantai yang berjarak 27 km dari ocarina ini memiliki pasir putih, terumbu karang, arena outbond,  dan pemandangan menawan. Secara keseluruhan tidak berlebihan jikalau disebut surga alam.

Ada juga wisata kota Mati. Marina City yang berjarak 22 km dari Ocarina Batam, dahulu adalah markas dan pusat perjudian. Namun, kehidupan di sana berubah total sesudah pemerintah melarang perjudian secara total. Marina City sekarang hampir tak berpenghuni. Terdapat banyak bangunan kosong sehingga kerap dijuluki kota hantu.

Sekian dulu hal yang bisa west-java.com bagikan mengenai ocarina Batam. Semoga bsia menawarkan gambaran betapa seru jikalau berkunjung ke lokasi ini. Untuk merasakan sensasi kasatmata, ayo segera jadwalkan kunjungan ke salah satu pulau terluar Indonesia ini.