Kampung Singkur Pangalengan, Lokasi liburan Tepi Sungai di Kawasan Hutan Pinus

Kampung Singkur Pangalengan, merupakan destinasi wisata yang menunjukkan pemandangan alam yang hijau serta udara yang segar. Terletak di tengah hutan pinus Rahong, area wisata Kampung Singkur dilengkapi dengan banyak sekali macam aktivitas outdoor mirip camping, rafting, outbound, paintball, offroad, dll.

Kampung Singkur Pangalengan, berada di Hutan Pinus Rahong. Pohon-pohon Pinus yang tinggi, menjadi latar liburan ini. Hutan ini berada di sepanjang pinggir Jalan Raya Utama Rahong. Pengunjung akan merasakan ketenangan dan kesegaran dikala berada di sini.

Jembatan Kayu, daerah duduk, celah – celah pohon pinus menjadi obyek foto yang anggun di daerah ini. Selama ada di tempat ini, pengunjung tidak akan kekurangan spot untuk mengabadikan momen di Kampung Singkur Pangalengan Jabar ini.

Bukan hanya cocok sebagai tujuan wisata untuk keluarga, Kampung Singkur di Pangalengan juga sering dikunjungi group  untuk menghabiskan waktu libur. Selain arenanya yang luas, udaranya sejuk, juga terdapat beberapa fasilitas menyenangkan yang mampu dinikmati bersama keluarga.

Beberapa di antaranya yakni arena tangkap ikan untuk anak-anak, naik bahtera di Situ Cileunca dan Kebun Petik Strawberry.

Lokasi dan Rute Kampung Singkur Pangalengan

Lokasi dan Rute Kampung Singkur Pangalengan
Image By: https://www.youtube.com/watch?v=XviRG10T56k

Kampung Singkur Pangalengan berada di kawasan Hutan Puinus Rahong, Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Kampung Singkur letaknya berada di pinggir pedoman sungai dengan bukit yang penuh akan pohon pinus.

Jarak yang ditempuh menuju lokasi wisata ini, dari kota bandung kurang lebih sekitar 50 kilometer atau sekitar dua jam perjalanan.

Simak juga: Tempat Wisata Instagramable di Bandung


Rute Kampung Singkur Pangalengan

Rute Jalan menuju ke lokasi Kampung Singkur mampu diakses melalui tol Soroja maupun tol mohamad toha kemudian mengikuti rute jalan menuju Situ Cileunca, lalu melewati jalan raya Hutan Pinus Rahong Pangalengan.

Akses jalan menuju lokasi agak sedikit terganggu dengan kondisi jalan yang berlubang dan berbatu, namun hal tersebut terbayar dengan keindahan alam yang tersaji.

Di sepanjang perjalanan, mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan teh dan hutan pinus.

Rute menuju ke Kampung Singkur dapat juga lewat Situ Cileunca dan menuju ke arah Pinus Rahong lewat Jalan Raya Rahong dengan mengandalkan petunjung jalan yang sudah tersedia untuk menuju ke Kampung Singkur.

Simak juga: Curug Ciherang, Pesona Kota Hujan yang Tak Terlupakan


Jam Buka Kampung Singkur Pangalengan

Lokasi wisata Kampung Singkur Pangalengan ini terbuka setiap hari, dari Senin sampai Minggu. Pada setiap hari itu, lokasi ini buka 24 jam. Makara pengunjung bisa dengan leluasa merencanakan perjalanan ke objek wisata ini.

Simak juga: Berselfie Ria Sambil Kulineran Asik di Chinatown Bandung


Tiket Kampung Singkur Pangalengan

Biaya yang dikenakan pada pengunjung yang datang ke Kampung Singkur Pangalengan Jabar, terhitung terjangkau. Harga Tiket Masuk wisata ini sebesar Rp 10.000/ Orang. Sedangkan untuk kemudahan atau wahana dikenai biaya antara Rp 15.000 hingga Rp 90.000.

Simak juga: Eling Bening Ambarawa, Sensasi Makan di Atas Awan


Fasilitas Kampung Singkur Pangalengan

Bukan hanya pemandangan indah beserta hawa sejuknya yang menari di daerah wisata kampung ini. Berbagai kemudahan telah siap menyambut wisatawan. Fasilitas atau wahana Kampung Singkur yang harus di coba adalah wahana tubing trip. Yaitu wisatawan akan diajak menyusuri sungai yang kiri kanannya terdapat pohon pinus yang indah.

Simak juga: Wisata Dusun Bambu Dengan Konsep Pedesaan Yang Sejuk Dan Segar


Daya Tarik Kampung Singkur Pangalengan

    Sungai yang anggun

Sebenarnya salah satu spot utama yang menarik wisatawan datang ke Wisata Alam Kampung Singkur Pangalengan yaitu kawasan sungai. Sungainya sudah ditata sedemikian rupa Sehingga ajaran sungainya terlihat seru, lucu dan juga menarik untuk dikunjungi.

Apalagi ada kayu-kayu di tengahnya sampai ada sebuah jembatan kayu yang terlihat manis dengan formasi tempat duduk disepanjang sungai yang higienis dan segar ini.

Deretan pepohonan pinus Rahong sangat ciamik untuk dijadikan sebagai latar spot foto bahkan banyak pengunjung yang memasang hammock untuk bersantai dibawah pohon pinus. Seperti yang kita tahu bila Hutan Pinus Rahong juga berfungsi sebagai daerah resapan air.

Bagi yang ingin beristirahatpun atau ingin menginap dikawasan ini sudah tersedia gazebo atau rumah-rumah mini yang unik di tepi sungai. Jadi sekali liburan mampu sambil bersantai menikmati keindahan alam dan kesegaran sungainya.

Di tempat Wisata Alam Kampung Singkur Pangalengan ini juga banyak dibangun spot foto-foto lucu kekinian yang menjadi daya tarik suplemen bagi para anak muda yang ingin tetap eksis di media sosial.

Simak juga: Wisata Pantai Pangandaran Ciamis


    Berbagai Aktifitas

Kampung Singkur di Pangalengan tak hanya dijadikan sebagai daerah bersantai menikmati keindahan alam saja. Namun juga mampu melaksanakan banyak aktivitas seru bersama keluarga terutama anak. Misalnya saja tempat  menangkap ikan untuk anak-anak, naik bahtera dan berkeliling di Situ Cileunca sampai acara Petik buah Strawberry.

Simak juga: Wisata Pantai di Indramayu yang Bagus


  • Arung Jeram

Pengunjung  yang menyukai Arung Jeram, Kampung Singkur Pangalengan menawarkan sensasi yang berbeda. Jika pada Arung Jeram biasanya, start dimulai dari hulu sungai, di Kampung Singkur dimulai dari Situ Cileunca.

Belum lagi, lokasinya yang berada di dataran tinggi sampai membuat suhu air sangat rendah. Arus sungai yang digunakan untuk olahraga ini pun cukup deras. Rafting di Sungai Cileunca membutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk hingga ke finish.

Jarak yang ditempuh sejauh 4,5 kilometer dengan penderasan yang masih masuk dalam kategori kondusif sehingga mampu dilakukan bersama anak-anak. Dimulai dari Situ Cileunca, istirahat di Campung Singkur dan finish di sebuah daerah bersahabat kebun teh Desa Pulosari.

Dengan biaya Rp. 150.000 per orang, arung penderasan bersama keluarga di Campung Singkur bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin liburan anti mainstream.

Simak juga: Air Terjun (Curug) di Kuningan yang Indah


  • Outbond

Aktivitas lainnya yang mampu dilakukan di Kampung Singkur yakni kegiatan outbond seru yang mampu dilakukan bersama sobat-sobat. Bahkan juga mampu bersama team kantor untuk memperkuat kekompakan team.

Berbagai kemudahan outbound yang cukup lengkap juga tersedia dikawasan ini. Di antaranya ada flying fox, paint ball, dan tubing trip.

Simak juga: Wisata Kebun Strawberry Ciwidey


  • Camping

Bagi yang suka Camping bareng sahabat-teman, Kampung Singkur Pangelengan Juga bisa menjadi rekomedasi tempat camping yang asik dan seru. area campingnya juga cukup luas bisa menumpung banyak tenda dan dibagi kedalam beberapa area.

Jika tidak suka camping di area pepohonan pinus dan ingin daerah yang lebih terbuka , pengunjung bisa memilih camping di sekitar situ cileunca.

Untuk camping, biayanya sewa lokasinya Rp 50.000 per orang per malam. Tenda bawa sendiri. Pengelola hanya menyediakan kemudahan Listrik dan Toilet serta Mushola.

Sedangkan jiak tidak ingin repot membawa tenda, tersedia paket lengkap, mulai dari harga Rp 125.000 hingga Rp 350.000 per orang per malam. Pada paket yang lebih mahal ini, pengelola pribadi menyediakan tenda lengkap dengan sleeping Bag.

Bahan pada paket camping Rp 350.000, pengelola juga menyediakan Kambing guling, api unggun, dan penyanyi organ tunggal untuk memeriahkan malam.

Simak juga: Curug Cigamea, Pesona Wisata Air Terjun di Bogor


Objek Wisata Dekat Kampung Singkur Pangalengan

Selain terkenal dengan kawasan penghasil susu terbaik, Pangalengan juga dikenal dengan kekayaan kebun tehnya yang sangat luas. Salah satu Perkebunan teh yang direkomendasikan ialah Perkebunan Teh Cukul.

Selain suasananya yang sejuk, Perkebunan Teh Cukul juga dikenal sebagai salah satu spot sunrise terbaik di Pangalengan. Kaprikornus, bila kau mau mengawali pagi yang tak terlupakan, datang ke sini dikala momen sunrise dan nikmati keindahan alam yang baru saja terbangun.

Di Pangalengan, pengunjung ajuga dapat menemukan wisata jeram dengan pemandangan luar biasa eksotis yang dikenal dengan nama “Curug Bangku”. Dinamakan Curug Bangku alasannya adalah penderasan dengan ketinggian kurang dari 30 meter ini memang sekilas ibarat bentuk bangku.

Demikian isu Kampung Singkur Pangalengan beserta Harga Tiket Masuk Kampung Singkur Pangalengan. Semoga bermanfaat dan berkenan untuk kembali mengunjungi nativeindonesia.com untuk info kawasan wisata terbaru lainnya.

Lebih baru Lebih lama