Janjang Sajuta, The Great Wall Of Sumatera Barat

Sejuta Janjang aslinya yakni kemudahan bagi pengunjung sebagai sarana atau jalan menuju lokasi Pelataran pinus di puncak Singgalang. Namun sepanjang perjalanan itu, pengunjung justru akan menikmati pemandangan yang luar biasa indah. Sehingga jalan itu sendiri mampu dianggap sebagai objek wisata tersendiri.

Panjang rute Sejuta Janjang 3,7 km yang dimulai dari pinggir jalan propinsi Padang Luar Lubuk Basung sampai nantinya di plataran Pinus. Ditargetkan nantinya ada 4 plaza di sepanjang trek itu.

Sepanjang perjalanan pengunjung meniti Sejuta Janjang, menuju lokasi plataran pinus, pengunjung  akan dapat melihat pemandang. Dari tahap awal pendakian akan nampak nagari Balingka dan Ngarai Sianok.

Kemudian ditengahnya akan terlihat Gunung Marapi, Aua Kuning dan Jam Gadang. Dan terakhir dari  puncak pinus akan terlihat Bukit tmTaman raya Balingka dan kota Bukittinggi utuh.

Dari lokasi dengan ketinggian 1200 mdpl ini, pengunjung mampu menikmati pemandangan indah Kota Bukittinggi yang dilingkari Kabupaten Agam. Banyak pengunjung hadir di pagi dan sore hari sambil berolahraga alasannya adalah jalan menuju Sajuta Janjang cukup menantang untuk kegiatan “joging’.

Lokasi Janjang Sajuta

Janjang Sajuta, The Great Wall Of Sumatera Barat
Image By: pinterest.com

Janjang Sajuta dengan plataran Pinus Lereng Singgalang, berada di kanagarian Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Meski objek wisata ini belum seratus persen rampung pengerjaannya, namun para pengunjung sudah mendatangi lokasi tersebut.

Dari sentra kota Agam, lokasi wisata Janjang Sajuta, sekitar 42 km. Jarak ini biasa mampu ditempuh dengan waktu 1.5 jam.


Jam Buka Janjang Sajuta

Untuk masuk ke sini, pengunjung harus sudah sampai di lokasi dikala siang hari. Tujuannya agar tetap bisa melihat keindahan panorama sekitar. Selain itu, pemerintah setempat hanya membuka kunjungan sampai pukul 17.00 saja, dikarenakan untuk keamanan pengunjung itu sendiri.

Kontur alam yang penuh tanjakan dan berliku, tidak memungkinkan dikunjungi ketika gelap.


Tiket Janjang Sajuta

Tidak ada biaya untuk masuk ke Sajuta Janjang alias gratis. Ini dikarenakan tempat tersebut masih menjadi wisata Baru. Selain itu, pemerintah setempat juga ingin mempromosikan Janjang Sajuta lebih luas ke khalayak ramai.

Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir saja yakni untuk sepeda motor Rp 3000 dan kendaraan beroda empat Rp 5000.

Simak juga: Wisata Populer Banto Royo, Mengagumi Pemandangan Telaga Asri


Fasilitas Janjang Sajuta

Selain kemudahan utama berupa jalan setapak bertangga dan plaza, Janjang Sajuta juga memilki akomodasi penunjang wisata. Paling tidak telah tersedia akomodasi Musholla, MCK, dan pos jaga.

Simak juga: Wisata Pantai di Bengkulu yang Cantik


Daya Tarik Janjang Sajuta

    Trek Hikking

Sajuta Janjang termasuk objek wisata baru  yang menyuguhkan panorama alam di lereng gunung Singgalang, bahkan ketika ini tempat tersebut menjadi ikon utama Kabupaten Agam

Untuk mencapai puncak Sajuta Janjang, terlebih dahulu pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga semoga hingga di puncak. Ketika menanjak, suguhan panorama alam Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam wilayah Timur akan memanjakan mata penikmatnya.

Tak hanya itu, saat sedang manaiki anak tangga, pengunjung juga di suguhkan oleh kebun sayur milik warga setempat. Setibanya di puncak, rasa lelah pengunjung selama di perjalanan saat menanjak akan terbayar lunas.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam bagian Timur dari ketinggian ± 1400 MDPL. Jika menengok ke arah kanan, pengunjung juga dimanjakan dengan Gunung Marapi yang bangun tegak persis disebelah Gunung Singgalang.

Simak juga: Tempat Wisata di Kota Langsa yang Menarik


    Panorama Alam

Bagi para pecinta wisata alam, Sajuta Janjang ialah kawasan yang wajib dikunjungi. Pasalnya objek wisata tersebut memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan sekali, sehingga membuat para pengunjung berlama-Lama di atas puncak tersebut.

Tidak hanya pemandangan alam, lokasi ini juga cocok bagi penghobi fotografi, dengan objek Jenjang itu sendiri. Janjang yang menjadi jalur menuju objek wisata ini seperti dengan tembok China. Kemudian ditambah dengan eksotisme kabut dan pepohonan pinus.

Bahkan ditempat tersebut pernah menjadi tempat latihan olahraga ekstrim Paralayang pada awal tahun 2019 kemudian. Namun kabarnya pihak Pemkab Agam berencana membangun lokasi take off olahraga Paralayang sebagai penunjang wisatawan tiba ke Sajuta Janjang.

Ketika di atas puncak, pengunjung tak perlu kebingungan untuk mencari makanan, pasalnya masyarakat setempat sudah ada berjualan banyak sekali makanan mirip Snack, mie instan, karupuak kuah, pensi, air mineral, kopi, dan sebagainya. Makara Anda tak perlu lagi turun kebawah untuk membeli cemilan dikala berada di atas.

Simak juga: Tempat Wisata di Lubuklinggau


    Pelataran Pinus

Berada di ketinggian 1.200 Meter di Atas Permukaan Laut (MdPL) menunjukkan panorama alam nan memukau ditemani suhu yang dingin acuh taacuh, apalagi kalau berkunjung dikala mentari belum terlalu tinggi di timur.

Sama mirip namanya, Sajuta Janjang berarti Sejuta Jenjang, walau mungkin jumlah anak tangga ini tidak sampai satu juga. Jumlahnya yang sangat banyak maka dinamakan Sajuta Janjang.

Selain untuk berwisata, berkunjung ke sini juga sekaligus berolah raga. Bagaimana tidak, untuk hingga ke pelataran di puncaknya, Anda mesti melewati aneka macam anak tangga. Data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Agam, panjang rute hingga puncaknya yang diberi nama pelataran pinus itu mencapai 3,7 kilo meter.

Setelah melewati anak tangga, pengunjung akan hingga di pelataran pinus. Di sini berbagai pohon pinus yang tumbuh, menambah ciamik panorama alam. Dari pelataran pinus, terlihat dengan terperinci panorama Gunung Marapi, Jam Gadang Bukit Tamanraya Balingka, dan kota Bukittinggi secara utuh.


Tips Mengunjungi Janjang Sajuta

Jika ingin berkunjung ke Janjang Sajuta, simak 4 tips berikut:

    Datang ketika cuaca cerah Saat cuaca cerah

Simak juga: Tempat Wisata di Sawahlunto

pemandangan dari lereng Singgalang begitu indah. Tentu keindahan tersebut hanya tersaji dikala cuaca cerah. Saat mendung, pemandangan akan tertutup.


    Datang pagi atau sore hari

Simak juga: Tempat Wisata di Tapanuli

Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk menyaksikan keindahan pemandangan di Sajuta Janjang. Momen terbaik adalah ketika matahari pagi mengintip dari puncak-puncak bukit di Pegunungan Singalang.

Cuaca juga biasanya masih cukup cerah di pagi hari sehingga keindahan pemandangan ke segala arah kemungkinan besar akan terlihat. Biasanya semakin siang cuaca akan berkabut.


    Bawa perlengkapan dan properti foto

Simak juga: Wisata di Pagaralam Terbaru

Keindahan pemandangan di Bukit Hope tentu wajib untuk diabadikan. Oleh alasannya adalah itu, kamera menjadi perangkat yang harus dibawa, baik itu kamera profesional atau kamera smartphone. Agar hasil foto semakin bagus, hendaknya turut membawa properti foto mirip payung warna-warni bagi wanita.


    Berhati-hati saat berfoto

Simak juga: Tempat Menarik di Medan

Beberapa spot sepanjang jalur Janjang Sajuta maupun Pelataran Pinus dibangun cukup tinggi supaya tampak semakin indah. Tentu hasil foto di spot-spot semacam itu akan begitu manis. Namun, jelas hendaknya harus selalu berhati-hati saat berfoto di spot foto ketinggian seperti itu.


Objek Wisata Dekat Janjang Sajuta

Selain wisata dataran tinggi, Kabupaten Agam juga punay wisata Danau. Yaitu Danau Maninjau. Danau dan merupakan sebuah kaldera dari letusan besar gunung api. Pemandangan di sekeliling danau ini sangat menarik. Bukit-bukit yang diselimuti kabut dan pepohonan yang hijau akan menyambut. Di sini pengunjung akan mencicipi suasana yang amat hening.

Selain danau di Agam juga ada Air Terjun, salah satunya Air Terjun Gadih Ranti. Air terjun ini benar-benar indah dan memebuat pengunjung tak tabah menceburkan diri ke pemandian yang jernih. Lokasi jeram ini berada di perbatasan Jorong Dama Gadang dengan Jorong Arikia, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Ray atau 1,6 Kilometer dari jalan raya lubuk basung danau maninjau.

Simak juga: Pantai Air Manis, Info Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Demikianlah sekilas gambaran keindahan dari wisata Janjang Sajuta di Agam Sumatera Barat ini. Walau sekarang masih demam isu Corona, namun tidak ada salahnya mulai merencakan acara perjalanan mulai ketika ini. Sehingga dikala wabah berakhir, anda mampu segera berwisata ke lokasi-lokasi idaman.

Lebih baru Lebih lama