Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jakarta Aquarium, Lokasi Ngebolang Di Dalam Mall

Jakarta Aquarium merupakan akuarium indoor terbesar di Indonesia. Jakarta Aquarium menempati lahan seluas satu hektare. Di dalamnya, terdapat hewan akuatik maupun non-akuatik dengan lebih dari 3.500 spesies.

Pengunjung lokasi wisata tengah kota ini, dapat menyaksikan dari erat kehidupan sekitar 2000 satwa anggun dari 600 jenis satwa endemik Indonesia. Sebagai hal yang unik, Jakarta Aquarium juga memperlihatkan kesempatan pengunjung untuk terlibat dalam aktivitas bawah air, seperti menyelam bersama hiu atau sekedar Aqua Trekking.

Tak hanya melihat, para pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan binatang-binatang tersebut. Mulai dari menyentuh sampai memberi makan. Tentunya acara itu di degan pendamping berupa panduan dari penjaga yang berpengalaman.

Aquarium Jakarta merupakan cara inovatif, dalam mebuka objek wisata Aquarium. Yakni meletakkan aquarium dalam sentra perbelanjaan. Dengan demikian, pengunjung dapat menikmati tidak hanya wisata namun juga sekaligus berbelanja.

Keseluruhan area ini, terbagi dalam 12 zona atraksi. Semua Zona sangat diminati oleh pengunjung untuk melepas penat. Pengunjung dapat menikmati liburan singkat di tamat pekan dengan mengunjungi tempat rekreasi ini bersama keluarga atau pasangan.

Lokasi dan Rute Jakarta Aquarium

Lokasi dan Rute Jakarta Aquarium
Image By: blog.tiket.com

Jakarta Aquarium berlokasi di Neo Soho Lantai LG 101–LGM 101, Jalan Letjen S Parman Kav 28, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Akses menuju daerah rekreasi ini cukup gampang, terlebih Neo SoHo bertetangga dengan dua pusat perbelanjaan besar lainnya, adalah Mall Taman Anggrek dan Central Park.

Pengunjung mampu menggunakan TransJakarta dan berhenti di Halte Grogol atau Grogol 2, kemudian berjalan kaki sekitar 5 menit untuk hingga tujuan.

Jika lebih suka memakai Commuter Line (KRL), pengunjung bisa turun di Stasiun Pesing, kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek online.

Simak juga: Pesona Keindahan Alam Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu


Jam Buka Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium dengan segala keseruan wahana yang tersedia, mampu dinikmati setiap hari dari pagi hingga malam hari.

Saat hari kerja, Jakarta Aquarium buka mulai jam 11.00 hingga jam 20.00.

Saat tamat pekan dan hari libur, Jakarta Aquarium bukan jam 10.00 sampai jam 21.00.

Simak juga: Tempat Wisata di Jakarta Terbaru


Tiket Jakarta Aquarium

Harga tiket masuk Jakarta Aquarium dibagi menjadi dua kategori, adalah tiket reguler dan tiket premium.

Tiket Reguler

  • Tiket akil balig cukup akal weekday: Rp 150.000

  • Tiket anak weekday: Rp 115.000

  • Tiket cukup umur weekend: Rp 175.000

  • Tiket anak weekend: Rp 150.000

Tiket Premium

  • Tiket sampaumur weekday: Rp 200.000

  • Tiket anak weekday: Rp 150.000

  • Tiket sampaumur weekend: Rp 225.000

  • Tiket anak weekend: Rp 175.000

Perbedaan antara tiket reguler dan tiket premium adalah pada fasilitas yang didapatkan. Beberapa perbedaannya meliputi:


Fasilitas Jakarta Aquarium

Karena Jakarta Aquarium berada di sentra berbelanjaan (mall) maka fasilitasnya sangatlah lengkap.

Segala fasilitas penunjang mulai dari toilet dan kamar mandi, ruang ganti bayi untuk ibu – ibu yang menyusui, locker untuk menyimpan bawaan, sampai akomodasi Wifi yang dapat dipakai semaksimal mungkin di dalam area

Untuk pengunjung yang lelah sehabis bereksplorasi, dapat singgah dulu di Cafetaria dan Restoran Pingoo yang tersedia dalam Jakarta Aquarium di Lantai LG.

Setelah puas berkeliling, bagi yang ingin membeli barang kenangan, ada toko Souvenir di gerai Ocean Wonders di lantai LG. Terdapat banyak souvenir yang dapat dijadikan oleh – oleh.

Simak juga: Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Wajib Anda Bawa Pulang


Otter Tunnel

Wahana ini sangat diminati pengunjung, tidak hanya untuk menyaksikan berang – berang lucu, juga spot cantik untuk berfoto. Untuk menyaksikan segala aktivitas menggemaskan dari satwa ini, pengunjung dibiarkan untuk mengintipnya melalui terowongan kaca.

Sehingga pengunjung akan mampu berinteraksi atau berfoto ria dengan berang- berang yang sedang berenang atau makan. Ajak anak – anak menyaksikan kelucuan atraksi mamalia ini dari makan, berenang, sampai tidur sambil berpegangan tangan. Pengunjung dapat menyaksikan berang – berang manis ini di zona Eksibit Berang–berang dalam Aquarium.

Simak juga: Wisata Pantai Terhits di Jakarta


Kolam Sentuh

Wahana ini merupakan bak yang berisikan biota maritim seperti bintang maritim, siput, teripang, tiram, dll. Sesuai dengan namanya, wahana ini memungkinkan pengunjung untuk mencoba menyentuh biota – biota maritim tersebut.

Pengunjung akan diberi isyarat untuk cara menyentuhnya, supaya biota tersebut tidak terkejut sampai mengakibatkan setres. Membawa anak – anak ke wahana ini akan menciptakan mereka bersemangat untuk mencicipi kulit licin biota tersebut. Pengunjung mampu menikmati wahana ini di zona Touch and Find Zone.

Simak juga: Tempat Makan di Jakarta Paling Enak & Murah


Hermit Crab Wooden Log

Di wahana ini pengunjung akan mengamati salah satu biota bercangkang yakni Hermit Crab Wooden (Kelomang). Kelomang merupakan biota bercangkang yang hidup dalam kayu atau di pinggir pantai. Kelomang menyukai tempat hangat mirip kayu atau pasir, dan sering bersembunyi di balik cangkangnya.

Pengunjung akan dapat menyaksikan aktivitas sehari – hari biota ini memakai kaca pembesar, akan sangat mengasyikkan. Pengunjung akan dapat menikmati wahana ini di zona Nurseries of The Sea.

Simak juga: Minuman & Makanan Khas Jakarta


Menyelam Bersama Hiu

Salah satu keistimewaan wahana di Jakarta Aquarium ialah menyelam bersama ikan Hiu Karang. Namun wahana ini cukup beresiko, terutama bagi pengunjung yang belum terbiasa menyelam. Sehingga hanya pengunjung yang mempunyai lisensi menyelam yang dapat mencoba wahana menantang ini.

Pengunjung juga akan menerima pengarahan dari pelatih profesional untuk memandu dan menjaga keamanan pengunjung. Pengunjung yang ingin mencobanya dapat menghubungi pribadi pihak pengelola untuk informasi-gosip lebih lanjut.

Simak juga: Taman di Jakarta yang Cocok untuk Refreshing


Aqua Trekking

Wahana ini masih terbilang Baru, dengan mengajak pengunjung untuk mencicipi serunya menyelam di bawah laut. Pengunjung akan mencicipi petualangan bawah bahari ditemani ikan Pari, ikan Hiu, dan ikan – ikan beraneka warna.

Wahana ini mampu dicoba oleh semua pengunjung walau tanpa lisensi menyelam karena terjaga keamanannya. Pengunjung akan menyelam memakai helm oksigen, sehingga bagi anak – anak tidak perlu khawatir harus menahan nafas. Pengunjung dapat mencoba wahana ini di zona Main Tank.

Simak juga: Mall di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi


Create Your Own Fish

Wahana ini cocok untuk rekreasi edukatif anak – anak dengan menyebarkan kreativitas mereka dalam menggambar. Pengunjung akan diajak untuk berkreasi menciptakan gambar biota laut yang mereka inginkan dan diwarnai sesuka hati.

Hasil dari gambar yang dibuat kemudian akan di-scan memakai printer 3D dan akan ditampilkan ke dalam layar untuk disaksikan bersama. Wahana ini dapat pengunjung temukan di zona Kid’s Classroom.

Simak juga: Wisata Museum di Jakarta


Sea Explorer

Ingin mengajak keluarga mencicipi sensasi berpetualang ke dalam bahari memakai kapal selam? Pengunjung dapat mengunjungi zona 5D Theater yang akan menyuguhkan pengunjung petualangan 5D ke dalam laut.

Pengunjung akan merasa mirip berada dalam kapal selam sungguhan, dikelilingi ikan – ikan anggun yang memanjakan mata. Kunjungi wahana 5D Theater ini bersama keluarga dan pasangan dan rasakan keseruan yang tak akan terlupakan.

Simak juga: Pulau Harapan, Berlian Wisata Tersembunyi di Perairan Batavia


Teater Bawah Air

Yang menyebabkan Jakarta Aquarium istimewa, ialah adanya pertunjukan teater di atas panggung dengan cerita yang memukau. Pertunjukan Pearl of The South Sea ini berkisah ihwal sebuah kerajaan di Selatan Pulau Jawa.

Kisah pertunjukan ini diubahsuaikan dari cerita rakyat Indonesia, sehingga selain menghibur juga menambah edukasi pengunjung. Pengunjung akan dibawa terhanyut oleh alur cerita, aksi panggung, dan akting para aktornya yang memukau.

Pertunjukan juga diberi imbas asap, musik, dan lighting, yang menampakkan trik ilusi. Terutama dengan background berupa akuarium besar, sehingga akan tampak seperti berada di dalam maritim sungguhan.

Pengunjung juga tidak kalah terpukau dengan penampilan Putri Duyung yang melakukan tarian air di dalam akuarium tersebut. Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan pertunjukannya, tiba lebih awal dan menandai jadwalnya supaya tidak ketinggalan. Pertunjukan digelar pukul 13.00 tiap Rabu-Kamis, Jumat 15.00, dan weekend pukul 13.00, 15.00, dan 17.00.

Simak juga: Tempat Menarik di Jakarta


Memberi makan hewan

Keistimewaan lainnya dari kawasan wisata ini adalah aktivitas Feeding Time yang sangat diminati oleh pengunjung. Pengunjung akan merasakan sensasi memberi makan secara langsung satwa- satwa darat di dalam Aquarium.

Seperti memberi makan Pinguin, ikan Piranha, Berang – berang, Belut Moray, ikan Pemanah, bahkan ikan Hiu. Pengunjung mampu mencoba berinteraksi dan memberi makan satwa – satwa tersebut pada waktu yang sudah dijadwalkan.

Pengunjung disarankan tiba lebih awal agar tidak melewatkan kesempatan ini. Atau mengecek jadwal di website resmi Jakarta Aquarium.

Simak juga: Wisata Keluarga Di Pantai Ancol Jakarta


Objek Wisata Dekat Jakarta Aquarium

Wisata Jakarta, bukan hanya Mall dan belanja saja. Ada banyak variasi wisata di Jakarta. Khususnya untuk kawasan Jakarta Barat, daerah ini banyak memiliki wisata sejarah, berupa museum maupun daerah cagar budaya.

Kota Tua atau sering disebut Kota Tua Batavia adalah sebuah peninggalan sejarah yang terletak di Jakarta Barat. Dulunya lokasi ini ialah sentra perdagangan di Asia pada kala ke 16. Suasana di Kota Tua sangatlah menarik sebab kawasan ini yakni daerah peninggalan Belanda yang masih asli.

Kemudian ada Museum Wayang, yang  beralamat di Jalan Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat. Sesuai dengan namanya, museum ini memiliki koleksi aneka macam jenis wayang dengan jumlah sekitar 6,000 wayang. Selain wayang dalam negeri, museum ini juga memiliki koleksi wayang dan boneka dari luar negeri di lantai dua.

Demikian yang dapat kami, nativeindonesia.com, sampaikan mengenai Jakarta Aquarium yang ada di sentra perbelanjaan Neo SOHO. Semoga bermanfaat. Terima kasih.