Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 11 Tempat Wisata di Demak Paling Menarik di Kunjungi

Tempat wisata di demak – demak merupakan sebuah kabupaten yang berlokasi di pesisr utara provinsi jawa tengah yang memiliki potensi wisata yang begitu beragam. Banyak sekali objek wisata di demak yang patut anda kunjungi bersama keluarga maupun kerabat bersahabat.

Mulai dari wisata air di demak, wisata alam alam demak hingga wisata religi demak semuanya sangat menarik untuk di jelajahi lebih luas. wow ternyata banyak sekali ya destinasi yang bisa di tuju di kota wali ini. Kota wali sendiri merupakan julukan dari kabupaten demak.

Kabupaten demak juga berdekatan dengan kota tujuan wisata lainya seperti kudus, jepara dan juga semarang. Dengan begitu apabila anda sudah puas mengunjungi obyek wisata di demak yang indah anda mampu langsung lanjut berwisata ke beberapa kota tetangga tersebut.

Owh iya kembali ke topik tentang daftar daerah wisata di kabupten demak jawa tengah. simak saja ulasan berikut :

1. Wisata Religi Masjid Agung Demak

Obyek wisata di demak yang pertama yakni masjid agung demak yang syarat akan nilai sejarah. Masjid agung demak merupakan masjid peninggalan wali songo dan juga sultan fatah. Usia masjid agung demak ini pun sudah sangat renta adalah sekitar 500 tahun.

Ini 11 Tempat Wisata di Demak Paling Menarik di Kunjungi
image by @ekayuliani20

Tidak hanya memiliki kisah sejarah wacana pendirinya, di lihat dari bentuk bangunanya pun ternyata mempunyai filosofi yang memiliki arti begitu menarik. Yaitu, bnagunan masjid ini memiliki 3 trap pada atap yang memiliki arti islam, keyakinan dan ihsan.

Masjid tersebut juga memiliki 4 buah tiang penyangga yang di buat eksklusif oleh wali dan juga 8 tiang penyangga serambi masjid yang merupakan derma dari raja majapahit, raja majapahit tersebut merupakan ayah dari sultan fatahilah.

Dari desain masjid tersebut juga telah mejadi inspirasi bagi masjid-masjid lainya dan sekaligus menjadi ciri khas bangunan masjid yang ada di indoneisa.

Alamat Masjid agung Demak : Lokasi masjid agung sendiri berada di sebelah alun-alun kabupaten demak.


2. Wisata Budaya Sekaligus Religi di Museum Masjid Agung Demak

Bagi anda wisatawan muslim, sesuai melaksanakan kewajiban sholat di masjid agung alangkah baiknya jika sekalian mengunjungi museum masjid agung yang berlokasi di sekitaran komplek masjid.

image by @miethawindaw45

Museum tersebut berisi aneka macam peninggalan sejarah di kurun kewalian seperti pintu masjid yang pertama kali, bedhug, berbagai macam kitab islam yang di tulis lansgung oleh wali dan juga gentong yang terbuat dari campa. Selain itu juga terdapat miniatur masjid semenjak awal di bangun 500 tahun silam sampai sekarang.


3. Berziarah Ke Makam Sunan Kalijogo Demak

sesudah simpulan berkunjung ke masjid agung demak dan museum, mungkin anda mampu melanjutkan berwisata religi dengan berziarah ke makam sunan kalijogo demak.

image via idnusantara.com

Sunan kalijogo merupakan seoarang wali yang mengembangkan islam di nusantara dengan cara pendekatan melalui seni dan budaya di indonesia. Mengingat pada jaman dahulu sangat kental sekali ikatan anatar budaya dan perilaku. Hal tersebut sangat lah bijak alasannya bila tidak dengan cara demikian maka masyarakat jaman dahulu akan dengan sigap untuk menolak ajaran beliau.

Alamat makam Sunan Kalijogo : makam sunan kalijogo ini berlokasi di kadilangu yang berjarak 4 kilometer dri masjid agung. atau jika anda kesulitan dalam menemukan lokasi makam tersebut bisa menggunakan google mpas.


4. Wisata Alam Hutan Mangrove Morosari Sayung demak

Tempat wisata di demak jawa tengah selanjutnya yaitu wisata alam hutan mangrove yang begitu indah dan menarik untuk di kunjungi. Jika anda berkunjung ke lokasi tersebut, anda akan di sambut dengan rimbunya hutan mangrove yang keren abis untuk di jadikan obje foto.

image by @rrrisma99

Di tempat ini anda juga mampu menikmati sunset sembari menimati asrinya berada di tengah-tengah hutan mangrove. kehadiran bangau putih yang merupakan salah satu hewan penghuni di daerah tersebut membuat suasa yang sangat nyaman.

Alamat Hutan Mnagrove morosari sayung : untuk lokasi wisata ini berada di Desa Bedono, kecamatan Sayung, Demak Jawa tengah. Jika anda galau dengan jalan masuk jalan menuju hutan mangrove mungkin mampu memakai maps berikut sebagai petunjuk jalan.


5. Wisata Air Demak di Pantai Morosari Demak

selain memiliki wisata alam huatan mangrove yang sangat menarik, di kawasan wisata tersebut juga terdappat pantai yang mampu anda kunjungi. pantai ini masih terglong pantai yang sepi dan jarang di kunjungi.

image by @ctrnvndptr

pantai ini ramai hanya pada waktu tertentu saja , seperti pada waktu libur hari raya idul fitri. Karena pada ketika itu di pantai morosari diadakan lomba perahu dayung dan ritual sedekah laut. Tradisi ini di sebut dengan sebutan syawalan, dan tidak sedikit orang menyebut loman.


6. Sentra Kerajian Batik Kabupten Demak

Seperti halnya kota solo, Demak juga mmepunyai sentra kerajinan batik khas demak yang terisnpirasi dari khasanan kearifan budaya lokal. Banyak motif batik yang di produksi oleh para perajin di kabupaten demak ini. salah satunya adalah motif elemen masjid agung demak yang paling banyak di buat.

image via idnusantara.com

Anda juga mampu menyaksikan pribadi proses pembuatan batik demak ini. Batik demak ini mungkin basa anda bawa seagai oleh-oleh atau buah tangan khas demak untuk keluarga atau kerabat anda.

Untuk menemukan dimanan para perajin batik ini berada cukup gampang kok, para perajin banyak di temui sekitaran jalan menuju masjid agung demak.


7. Melihat Sentra Kerajinan Kaligrafi di Kota Wali

Sesuai dengan julukanya sebagai kota wali, tidak heran kalau di demak banyak di jumpai para pengrajin kaligrafi. Para pengrajin ini menjual hasil kerajianan mereka di kios-kios sekitar masjid agung demak, jadi anda tidak perlu gundah kalau ingin membeli kaligrafi.

image via jualo.com

Anda juga bisa melihat pribadi proses pembatan kaligrafi yang bertuliskan goresan pena arab ini. Kaligrafi demak di kenal dengan kaligrafi yang berkualitas dan indah.


8. Berkunjung ke Sentra Pengrajin Rebana Demak

Rebana merupakan alat musik yang di gunakan untuk mengiri solawat, alat musik ini identik dengan kebudayaan islam. Alat musik ini merupakan alat musik dari timur tengah yang sudah menjamur di kalangan umat muslim indonesia. Jika anda berkunjung ke kawasan tersebut anda akan di kenalkan macam-macam alat musik rebana tersebut. alat musik rebana produksi demak ini terkenal mempunyai kualitas yang bagus dan juga sering menerima pesanan dari seluruh wilayah di Indonesia.


9. Argowisata Jambu Merah Delima dan Belimbing di Demak

Seperti halnya bogor yang memiliki argowisata yang indah, ternyata demak juga tak mau kalah. Demak mempunyai argowisata jambu merah dan belimbing yang sayang jikalau anda lewatkan saat berkunjung ke kota wali ini. Buah Blimbing juga menjadi wisata kuliner khas demak yang sudah terkenal.

image via 10tempat-wisata.blogspot.com

Alamat Argowisata Beliming dan buah delima demak : untuk lokasi argowisata sendiri berada di beberapa desa dianataranya adalah Desa Betokan, Mranak, Wonosari, Sidomulyo, dan Tempuran. Jika anda kesulitan dalam menemukan desa tersebut mungkin bisa memakai akomodasi maps di bawah ini untuk memandu anda menuju lokasi tersebut :


10. Tradisi Grebek Pasar di Kabupaten Demak

Jika anda berkunjung ke kota ini pada bulan dzulhijjah atau pada ketika ulan haji, maka anda akan menemui sebauh tradisi grebek pasar yang di adakan di sentra kota demak. Tradisi tersebut puncaknya terjadi pada saaat malam hari raya idul adha, di malam tersebut terdapat acar arak-arakan tumpeng songo yang start dari pendopo kabupaten demak menuju masjid agung. Setalah program pengajian di masjid agung final di lanjutkan dengan makan bersama, yang di makan sendiri yaitu tumpung yang di arak tadi.


11. Brown Canyon Demak

Siapa sangka ternyata di kabupaten demak juga mempunyai wisata alam yang seperti dengan Grand canyon di amerika. Lokasi ini dulunya merupakan area pertambang dan kini malah menjadi kawasan wisata yang unik alasannya adalah bekas galian tersebut membentuk bukit yang indah. Dengan bentuknya yang memikat tersebut lah banyak yang menyamakan dengan grand canyon di amerika. wisata serupa juga terdapat di kabupaten wonosobo yang bernama lubang sewu.

image by @astikarhy

Alamat Brown Canyon Demak : untuk lokasi wisata ini berada di Ds Kobanbatur, Kec Mranggen, Demak. kawasan ini berada di perbatasan semarang demak, maka tidak heran jika ada yang menyebut lokasi ini berada di semarang.

Mungkin cukup sekian tentang 11 objek wisata di kabupaten demak jawa tengah yang ternyata kaya akan wisata budaya dan juga wisata alam. jangan lupa bagikan artikel ini ya ,.,