Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Grand Sayang Kaak Ciamis, Destinasi Instagramable di Sisi Timur Jawa Barat

Grand Sayang Kaak Ciamis cocok bagi pengunjung yang ingin melepas kepenatan dengan rutinitas sehari-hari. Tempatnya yang cukup sejuk dengan beberapa lokasi tempat istirahat seperti gazebo mampu digunakan untuk makan-makan bersama keluarga sambil menikmati panorama alam.

Diantara banyak sekali akomodasi, tersedia juga kemudahan yang cukup memacu adrenalin adalah flying fox, arung jeram menyusur Sungai Citanduy, meniti jembatan tali dan lainnya. Tidak kalah menariknya ialah penyewaan ATV dengan rute yang cukup menantang.

Selain itu juga tempat khusus untuk ajang swafoto. Setidaknya ada dua kawasan untuk swafoto, yang satu berupa papan berbentuk hati, dan satunya lagi, seperti panggung.  Latar belakangnya yakni fatwa Sungai Citanduy.

Pengunjung umumnya mengatakan sengaja mengajak anak-anaknya berlibur ke Grand Sayang Kaak. Karena selain lokasinya yang cukup dekat dari pusat perkotaan Ciamis, juga murah-meriah. Ia bisa mengajak anak-anaknya melakukan out bond, untuk menumbuhkan keberanian anak-anaknya.

Lokasi Grand Sayang Kaak Ciamis

Grand Sayang Kaak Ciamis, Destinasi Instagramable di Sisi Timur Jawa Barat
Image By gerainews.com

Grand Sayang Kaak Ciamis, ada di Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kini kawasan wisata alam ini juga dikenal dengan  nama Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak. Lokasi ini kurang lebih berjarak 15 kilometer dari sentra kota Ciamis.


Rute Menuju Grand Sayang Kaak Ciamis

Bagi yang akan berkunjung ke obyek wisata alam Grand Sayang Kaak Ciamis, tidak perlu khawatir soal rute. Akses jalan sudah mulus hotmix. Jarak obyek wisata alam Grand Sayang Kaak dari sentra kota Ciamis hanya 6 km saja.

Dari sentra kota Ciamis, arahkan kendaraan menuju arah Handapherang ke arah Tempat Pembuangan Akhir sampah Ciamis. Jangan khawatir tersesat karena sudah ada papan petunjuk menuju ke obyek wisata alam Grand Sayang Kaak.


Jam Buka Grand Sayang Kaak Ciamis

Jam buka wisata Grand Sayang Kaak ini mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dan buka setiap hari. Tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi pengunjung pada hari libur atau hari minggu, dan jam kunjungan dengan load tertinggi mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 15.00.


Tiket Grand Sayang Kaak Ciamis

Sebelum tahun 2017, masuknya masih gratis. Namun untuk berfoto di spot Foto yang tersedia di Sayang kaak, saat itu Anda perlu membayar tiket.

Kini untuk masuk ke Wana Wisata ini, Anda cukup membayar Rp. 5.000,- selanjutnya Anda mampu mengeksplorasi wana wisata ini sepuasnya.

Kemudian untuk biaya parkir kendaraan cukup murah sahabat. Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.


Fasilitas Grand Sayang Kaak Ciamis

Lokasi wisata ini dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa atau disebut BUMDes, sehingga penataan maupun kemudahan yang ada ditempat wisata ini terawat dan tertata dengan rapi.

Fasilitas kawasan wisata Grand Sayang Kaak ini terbilang cukup memadai. Fasilitas standar mirip area parkir yang luas, mushola, kamar mandi, toilet, area masakan dan area spot foto selfie instagramable semuanya ada disini.


Daya Tarik Grand Sayang Kaak Ciamis

    Spot Foto

Sedikitnya ada 5 titik spot foto atau ranggon selfie yang bisa dipakai para pengunjung untuk mengambil gambar. Mulai dari berbentuk love dan kawasan untuk nongkrong di atas tebing.

Latar belakangnya merupakan hutan dan tebing dengan pohon yang hijau, serta di bawahnya adalah Sungai Citanduy dan persawahan yang hijau. Di seberang Sungai Citanduy di Grand Sayang Kaak ciamis ini merupakan wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Sejak tahun 2017 tempat wisata ini terus berbenah, jadinya bisa dilihat saat ini Grand Sayang Kaak Ciamis penuh dengan spot foto yang akan memuaskan para pencinta selfie maupun mereka yang hobi foto-foto.

Di Grand Sayang Kaak Ciamis, pengunjung mampu menggunakan sejumlah titik spot foto yang tersedia di Sayang Kaak. Mulai dari spot foto payung geulis, hingga kandang ‘sayang’ burung yang ada di pinggir jurang atau tebing.


    Jembatan Kaca

Jembatan Kaca sendiri merupakan perhiasan untuk beberapa spot berfoto di Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak yang sudah ada sebelumnya, mirip ‘sarang burung’ dari susunan ranting pohon, anjungan berbentuk love dan lain-lainnya

Berjalan di atas ketinggian memang memiliki tantangan tersendiri. Namun, kalau jembatan beling yang unik ini dipadukan dengan keindahan alam yang menyegarkan pandangan, maka terciptalah spot berfoto yang amat mengagumkan. Para pemburu selfie dan wefie pun sangat menyukai lokasi ini.

Bahan yang dipakai untuk jembatan beling memang harus mempunyai ketahanan lebih terhadap beban dan perubahan cuaca di alam terbuka. Dengan demikian, jembatan ini kondusif untuk dikunjungi oleh para pemburu selfie maupun pegiat fotografi.

Pengelola Jembatan Kaca Sayang Kaak, mengungkapkan bahwa kemudahan unik berukuran 5 x 2 meter ini bangun di atas ketinggian 6-8 meter dengan struktur rangka logam yang kokoh dan dilengkapi pagar pengaman. Sebagai ganjal injakan, dipakai beling berketebalan 2,5 cm yang berspesifikasi ganda: temperred glass dan laminated glass

Para pengunjung diarahkan untuk membuka bantalan kaki saat menginjak beling. Jumlah pengunjung yang berfoto dibatasi hanya 5 orang saja di dikala yang bersamaan, untuk menghindarkan beban yang terlalu berat.


    Kegiatan Luar Ruangan

Di Grand Sayang Kaak Ciamis ini juga terdapat beberapa wahana lainnya, khususnya bagi belum dewasa. Seperti flying fox anak, arena bermain anak dan outbond anak. Harga tiketnya cukup terjangkau, jadi daerah ini mampu menjadi alternatif wisata murah di Ciamis namun menyuguhkan kemudahan yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Grand Sayang Kaak Ciamis cocok bagi pengunjung yang ingin melepas kepenatan dengan rutinitas sehari-hari. Tempatnya yang cukup sejuk dengan beberapa lokasi tempat istirahat mirip gazebo mampu dipakai untuk makan-makan bersama keluarga sambil menikmati panorama alam.

Tersedia juga lokasi untuk camping ground bagi pengunjung yang ingin berkemah di selesai pekan ini. Pengunjung juga mampu menyusuri turun ke Sungai Citanduy, menggunakan kendaraan off road. Juga mampu melihat mega proyek pembangunan Bendungan Leuwi Keris dari kejauhan.

Kelebihan lainnya dari wana wisata ini, pengunjung bisa ‘botram’, alias makan bersama keluarga atau sahabat bersahabat. Atau yang lebih umum dikenal dengan nama Piknik. Pengunjung Tak perlu repot membawa bekal dari rumah jikalau terburu-buru.

Di tempat wisata ini sudah tersedia warung dimana pengunjung mampu memesan nasi liwet lengkap dengan lauk pauknya. Pengunjung bisa memakannya rame-rame di saung atau gazebo yang ada di Wana Wisata ini.


Tips Mengunjungi Grand Sayang Kaak Ciamis

Direkomendasikan berkunjung di pagi hari, panoramanya akan tampak lebih indah dan suasananya terasa sangat fresh. Cocok untuk menghilangkan penat rutinitas selama sepekan berurusan dengan kantor atau mumetnya tugas sekolah.

Untuk lebih greget, sekaligus menginap dengan cara . Spot ini panorama alamnya menakjubkan dan suasana malam hari  pun tak kalah menarik.


Objek Wisata Dekat Grand Sayang Kaak Ciamis

Ciamis terkenal sebagai kawasan dengan banyak lokasi wisata keren. Salah satu yang Populer yakni Situ Lengkong Panjalu. Berkunjung ke sini disuguhi pemandangan indah situ yang punya pulau di tengahnya, yakni Nusa Larang. Untuk nuansa budaya yang bisa ditemukan di sini adanya sejarah dari Kerajaan Panjalu.

Saat berkunjung ke Ciamis, tak ada salahnya untuk sedikit melipir ke Pangandaran dan berkunjung ke Green Canyon. Nama daerah ini merupakan sebuah julukan yang disebut-sebut kembaran dari Grand Canyon di Amerika.

Mengunjungi kawasan wisata di Ciamis ini kau akan disuguhkan air sungai berwarna hijau tosca yang jernih. Kanan kiri sungai diapit dengan tebing batu yang menjulang tinggi. Ada aneka macam cara menikmati keindahan alam Green Canyon, salah satunya dengan menaiki perahu, berenang, dan body rafting.

Itulah beberapa isu mengenai Grand Sayang Kaak Ciamis. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin berkunjung kesana.