Garuda Wisnu Kencana, Kemegahan Bali yang Sesungguhnya

Garuda Wisnu Kencana – Bali memang negeri yang penuh dengan keindahan. Di setiap sudutnya memiliki pesona yang luar biasa untuk dinikmati bersama. Tidak salah memang, bila wilayah ini menjadi pilihan utama dalam menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara.

Salah satu tempat yang paling dikenal adalah Garuda Wisnu Kencana. Dimana, daerah ini menjadi semakin dikenal sesudah Bapak presiden Joko Widodo meresmikannya pada September 2018 silam. Saat ini, Patung Garuda Wisnu Kencana sudah menjadi ikon wisata pulau dewata yang wajib untuk dikunjungi.

Menariknya dari Patung ini yaitu proses pengerjaannya yang tidak gampang dan tidak sebentar, membutuhkan waktu kurang lebih 28 tahun.

Waktu yang sangat panjang untuk sebuah mahakarya yang benar-benar elegan. Patung ini mempunyai panjang kurang lebih 121 meter dan dikerjakan oleh seniman asal Bali yang cukup populer adalah I Nyoman Nuarta.

Patung ini terbuat dari kuningan dan juga tembaga terbaik di dunia. Mahakarya anak bangasa yang terlihat begitu mengagumkan karena, dikerjakan dengan sangat detail. Seakan, patung ini sangat sempurna dan tidak ada sedikit pun gesekan kekurangan yang menciptakan anda menyampaikan itu. Sungguh, menakjubkan negeri ini punya ikon yang akan dikenang seperti negara maju lainnya.

Kurang lengkap rasanya, bila sudah hingga disini tetapi, tidak membawa buah tangan untuk keluarga dirumah. Nah, masih di sekitar kawasan terdapat toko souvenir yang  menyediakan aneka macam macam buah tangan berupa souvenir yang anggun dan menggemaskan.

Tidak hanya sampai disitu saja, bagi anda yang suka berburu foto-foto indah. Anda bisa naik ke tebing atas, di daerah lotus pand dengan latar belakang patung-patung yang tinggi nan mengesankan.

Selain itu anda juga bisa mengambil beberapa gambar di indraloka garden, atau juga di kura-kura plaza yang menyajikan aneka macam macam pepohanan serta kolam.

Makara, jangan lupa untuk membawa kamera yang mumpuni biar anda mampu abadikan semua momen disini melalui foto dan gambar.

Harga Tiket Masuk

Garuda Wisnu Kencana, Kemegahan Bali yang Sesungguhnya
foto: https://www.instagram.com/elgipradana/

Untuk bisa menikmati aneka macam macam keindahan dan pesona disini anda diwajibkan bayar harga tiket masuk Garuda Wisnu Kencana. Untuk akil balig cukup akal sebesar 125 ribu rupiah, untuk bawah umur 100 ribu rupiah. Dan bagi yang ingin masuk ke area patung anda akan dikenakan biaya sebesar 200 ribu rupiah.

Tarif yang mahal bahwasanya. Tetapi, apa yang akan anda dapatkan akan sebanding dengan apa yang anda keluarkan.

Untuk jam operasional objek wisata ini akan buka pada pukul 8 pagi. Dan akan ditutup pada pukul 11 malam. Waktu yang paling sempurna mengunjungi daerah ini yaitu sore hari. Dimana, matahari tidak terlalu menyengat dan cocok untuk foto.


Alamat dan Rute Lokasi

foto: https://www.instagram.com/marcus_on_site/

Alamat Garuda Wisnu Kencana terletak di Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80364. Jarak dari bandara Ngurah Rai menuju ke objek wisata ini kurang lebih 12 km atau membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit di waktu normal.

Rute menuju Garuda Wisnu Kencana dari Bandara Ngurah Rai sebetulnya gampang. Anda hanya perlu mengikuti jalan By Pass Ngurah Rai.

Selanjutnya, masuk ke jalan raya Uluwatu hingga anda akan memasuki jalan Kw. Garuda Wisnu Kencana di Ungasan. Ikuti saja jalan tersebut sampai anda akan tiba di titik lokasi.

Bila anda memulainya dari Terminal Bus Mengwi maka jarak yang harus ditempuh yaitu 34 km. dengan estimasi waktu 1 jam di waktu normal. Jalan menuju Garuda Wisnu Kencana pun sangat gampang.

Anda hanya perlu mengikuti jalan Raya Denpasar – Gilimanuk, kemudian, masuk ke jalan Raya sempidi, Imam bonjol, sampai ke jalan raya uluwatu. Belok ke kiri dan ikuti jalan tersebut hingga anda akan datang di titik lokasi ini.


Daya Tarik Garuda Wisnu Kencana

Berikut hal yang mampu anda nikmati dan lakukan saat berkunjung kesini:

1. Sejarah

foto: https://www.instagram.com/lodwijk21/

Baiklah sesudah mengetahui sedikit perihal wisata Garuda Wisnu Kencana ini tidak ada salahnya jikalau kita mundur kebelakang sejenak.

Ada sejarah yang mampu kita nikmati disini dimana, pemrakarsa dari objek wisata ini adalah Yayasan Garuda Wisnu Kencana pada tahun 1992. Fungsi dari pembangunan ini tidak lain tidak bukan supaya Bali mempunyai landmark tempat wisata budaya.

Yayasan ini pun kemudian, menunjuk I Nyoman Nuarta salah satu pemahat patung terbaik di Indonesia asal Bali untuk menggarap patung garuda wisnu kencana yang dikala ini bisa anda nikmati bersama.

Seiring waktu berjalan daerah ini pun menjadi sentra kebudayaan di Bali. Menghadrikan banyak sekali macam pertunjukan yang sayang untuk dilewatkan.


2. Jadwal Event di GWK

foto: https://www.instagram.com/tommyabenk/

Salah satu daya tarik dari Lokasi wisata Garuda Wisnu Kencana yakni pertunjukkan kebudayaan. Seperti tari-tarian dimana salah satunya ada tarian kecak, musik yang terbukti mampu menarik para wisatawan.

Mereka selalu datang di ketika yang sempurna untuk menikmati semua menu ini. Berikut jadwal event dari GWK

  1. Tari Barong : 10:00 – 10:40

  2. Pementasan Tari Bali: 11:10 – 11:50

  3. Instrumen Rindik: 11:00 – 15:00

  4. Pementasan Tari Bali: 12:10 – 12:50

  5. Balley Garuda Wisnu: 13:10 – 13:50

  6. Tari Barong, Kera rangda: 14:00:14:45

  7. Pementasan tari Bali: 15:00 – 15:40

  8. Parade Budaya Bali: 16:10 – 17:20 (Tergantung terhadap keadaan cuaca)

  9. Tari Joged Bumbung : 17:30 – 18:30 (Tergantung dari keadaan cuaca)

  10. Parede Penari Kecak:18:00 – 18:20

  11. Pementasan Tari Kecak : 18:30 – 19:15

  12. Pementasan trio akustic: 19:00 – 21:00


3. GWK Loop

foto: https://www.instagram.com/syf_ghazali/

Mungkin, berkeliling Area Garuda Wisnu Kencana dengan jalan kaki dari sudut satu sampai ke sudut lain membuat anda merasa lelah, lunglai, dan lesu.

Maklum saja, luas GWK sendiri mencapai 60 hektar. Cukup melelahkan jikalau kita hanya berjalan kaki. Oleh karena itu, pihak pengelola sudah menyediakan sarana Loop atau bus mini yang akan mengantar anda menyusuri setiap sisi dari objek wisata ini.

Harganya sendiri mencapai 20 ribu rupiah. walau sedikit mahal tetapi, anda tidak terlalu capek berjalan ke sana-kesini untuk menerima titik spot yang ciamik.


4. Night Hypes

foto: https://www.instagram.com/ahsyar02/

Pesona terakhir yang dihadirkan GWK untuk anda adalah Night Hypes. Acara ini akan hadir setiap hari senin mulai pukul 7 malam di Plaza kencana. Sisi menarik dari night hyoes ini anda akan dimanjakan dengan berbagai macam aneka kuliner yang pastinya sangat lezat menarik hati.

Memang stand yang digunakan adalah food truck tetapi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anda soal masakan. Mulai dari kudapan khas sampai kudapan internsional semuah tersedia disini. Harganya pun sedikit mahal memang.

Tetapi, saat makanan ini masuk ke verbal rasanya lumer sekali. Membuat anda akan meledak-ledak dan ingin makan lagi dan lagi.

Tidak hanya bisa menikmati makanan saja, dimalam ini anda juga mampu menikmati sajian live music melalui performance keren beberapa grup musik yang akan mengisi waktu santai anda disini. Selain itu ada juga fire dance yang siap membuat anda terpukau dan tak mampu berkata atau bergerak sedikit pun.

Garuda Wisnu Kencana adalah bukti bahwa Bali yaitu sentra wisata di Indonesia yang tidak akan pernah tergeser oleh kota lain, Pesonanya memang mampu mensugesti semua orang untuk berbondong-bondong datang. Harga mahal menjadi sebuah jaminan jikalau di sini apa yang anda keluarkan akan sesuai dengan apa yang anda dapatkan.

Lebih baru Lebih lama