Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Embung Kledung, Serasa Melihat Bayangan Gunung Fuji di Danau Kawaguchi

Embung Kledung yaitu spot terbaik untuk melihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di areal perbukitannya. Bahkan ada yang membandingkan pemandangan embung berlatar gunung Sindoro bagian Selatan ini dengan pemandangan Danau Kawaguchi berlatarkan Gunung Fuji.

Embung yaitu kata yang digunakan orang Jawa untuk menyebut waduk atau bendungan penampung air. Embung ini didirikan di bekas lahan tembakau dan mempunyai luas sekitar 83×83 meter. Embung Kledung di Temanggung tak hanya befungsi sebagai bendungan air dan budidaya ikan saja, namun juga bisa sebagai daerah wisata.

Pemandangan yang disuguhkan yaitu latar belakang Gunung Sumbing yang begitu cantik. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun luar kota yang berkunjung. Selain itu, Teman Traveler juga akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Sindoro yang tak kalah cantik.

Karena berada di kaki gunung, kawasan wisata ini terasa sejuk dan bahkan cenderung hambar ketika pagi hari. Pengunjung dihimbau untuk menggunakan pakaian tebal seperti jaket ketika berkunjung. Selain itu, buat kamu yang suka berburu pemandangan sunrise, kawasan ini bisa jadi pilihan yang sempurna.

Lokasi Embung Kledung

Embung Kledung, Serasa Melihat Bayangan Gunung Fuji di Danau Kawaguchi
Latar bak Gunung Fuji, Photo by @wisata_embung_kledung

Embung kledung berlokasi di Jalan Raya Parakan – Wonosobo, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.


Rute Menuju Embung Kledung

Jika berangkat dari magelang, bis amnegambil jalan jalur magelang wonosobo via secang. Ikuti jalur tersebut sampai hingga ke perbatasan kledung perbatasan wonosobo – temanggung. Di perbatasan tersebut terdapat pom bensin, setelah pom bensin terdapat kuburan. Sebelum kuburan terdapat jalan setapak, di kanan jalan.

Jalan setapak tersebut merupakan jalan menuju embung kledung. Kondisi jalanya masih bebatuan, sehingga harus sedikit berhati-hati dikala melewatinya. jarak dari gang masuk hingga lokasi embung kledung sekitar 500 meter.

Untuk rute embung kledung dari wonosobo pun tidak berbeda. Pertama anda ambil jalur wonosobo temanggung via kretek. Sesampainya di perbatasan temanggung wonsobo sehabis gapura terdapat kaburuan di kiri jalan. Masuk ke jalan setapak setelah kuburan dan ikuti hingga sampai ke embung kledung.


Jam Buka Embung Kledung

Tidak ada agenda resmi mengenai jam kunjungan ke embung Kledung. Makara secara teknis daerah ini buka 24 jam. Apalagi dengan adanya kemudahan camping, maka resmilah lokasi ini buka 24 jam.


Tiket Embung Kledung

Untuk harga tiket masuk embung keldung pada ketika itu yaitu Rp 3.000 per orang. Ditambah biaya parkir 2000 rupiah untuk kendaraan roda dua.

Namun untuk ingin berkemah, ada pemanis biaya tiket berkemah sebesar Rp 15.000 per orang.


Fasilitas Embung Kledung

Pengelola menyediakan aneka macam akomodasi untuk mengakomodasi kenyamanan  para pengunjung selama di lokasi wisata ini. Diantara kemudahan yang ada di Embung Kledung yakni mushola dan toilet. Pengelola tidak menyediakan homestay untuk menginap, namun diperbolehkan camping di sini.


Daya Tarik Embung Kledung

    Miniatur Danau Kawaguchi Jepang

Salah satu pesona kawasan wisata alam ialah sunrisenya. Pesona matahari terbit dari peraduannya itu menjadi hal yang sangat dinanti penikmat pagi. Di Embung Kledung, keindahan tersebut makin terasa mempesona dengan susunan alam yang eksotis.

Keindahan alam di Embung Kledung benar-benar mempesona para pengunjungnya. Saking eloknya, berada di Embung Kledung berasa di bawah kaki Gunung Fuji, Jepang. Hal itu alasannya background Gunung Sumbing dan Sindoro persis mirip suasana Gunung Fuji.

Ketika apda moment yang sempurna, foto yang diambil di embung akan menampilkan bayangan gunung sumbing di permukaan airnya. Sangat mirip dengan foto bayangan gunung fuji di danau Kawaguchi Jepang.


    Camping di Embung Kledung

Untuk pengunjung yang ingin mencicipi pengalaman camping yang seru dan agak unik mampu membangun tenda dan berkemah di beberapa spot yang menarik. Tidak perlu ragu untuk membangun tenda, alasannya sebagian besar pengunjung di tempat ini yakni backpacker yang suka menikmati alam sambil membangun tenda.

Sebagai tempat wisata alam, pengelola juga menyediakan kegiatan yang bekerjasama dengan alam. Salah satu kegiatan alam di Embung Kledung yakni camping atau berkemah. Tidak perlu risau kalau tak mempunyai tenda kemah, karena pengelola sudah menyediakannya.

Sebaiknya minta izin dulu pada pengelola sebelum memutuskan untuk camping di sini. Setelah itu, pengunjung mampu menyewa tenda di loket penjagaan. Pembayaran sewa tenda bisa dilakukan besok sesudah acaranya campingnya simpulan.


    Memberi Makan Ikan

Kegiatan menarik lainnya yang mampu dilakukan di Embung Kledung yakni memberi makan ikan. Aneka ikan hias air tawar memenuhi telaga yang sangat luas ini. Agar lebih puas, pengunjung bisa membawa kuliner ikan sendiri dari rumah.

Di waduk yang penuh terisi air ini terdapat ikan koi yang jumlahnya mencapai puluhan. Bila ingin hasil jepretan terlihat semakin cantik, beri makan ikan terlebih dulu semoga ikan terlihat dipermukaan air dan terlihat di foto anda.

Bila berkunjung disaat cuaca sedang cerah, terlihat gunung Sindoro di permukaan air laut dan pastinya jepretan foto kesudahannya semakin sempurna. Di permukaan air akan mucul berbarengan antara iakan yangs ednag berebut masakan dan bayangan gunung berbentuk kerucut.


    Spot Foto Cantik

Tempat wisata yang satu ini memang sangat menonjolkan keindahan pemandangan alam. Maka dari itu bermacam-macam spot foto manis pun sengaja dibentuk di sini. Agar wisatawan bisa lebih mudah untuk mengambil gambar yang menakjubkan.

  • Ayunan

Tak seperti ayunan biasanya, pengunjung akan merasakan sensasi berbeda ketika berayun di sini. Bagaimana tidak, pengunjung akan berayun di pinggir telaga dengan background gunung yang manis. Model ayunan yang tersedia di sini pun lain daripada yang lain.

Tak hanya mampu dinaiki 1 orang, ayunannya bisa untuk 2 orang sekaligus. Dua orang berayun tidak saling berjejeran, namun berhadap-hadapan. Karena model ayunannya mirip kursi di cafe, dimana selain kursi ada juga mejanya.

Bagi pengunjung yang takut ketinggian, ayunan ini mungkin cukup menguras adrenalin. Rasa takut dikala menaiki ayunan akan terbayar lunas dengan sensasi yang didapat. Pastikan berfoto di atas ayunan, dengan atau tanpa masakan, semuanya akan terlihat eksotis.

  • Hammock

Jika duduk di ayunan kurang menarik, pengunjung mampu mencoba hammock di kawasan ini. Masih dengan pemandangan menghadap gunung dan bergelantung di atas pinggiran telaga. Sensasi ini akan menjadi momen tak terlupakan yang perlu diabadikan.

Bagian pinggir telaga Embung Kledung disediakan beberapa tempat duduk. Pengunjung mampu bebas duduk sambil memandang telaga dengan background gunung. Dengan begitu, keasirian tempat ini akan semakin terasa.

  • Tangga Warna-Warni

Untuk melihat pemandangan inti dari daerah ini, pengunjung perlu jalan kaki ke atas. Pengunjung akan melewati jalan setapak berbentuk tangga yang berwarna-warni. Di sepanjang jalan tersebut ada berbagai flora yang mempercantik suasana.

Jangan lewatkan momen Istimewa ini tanpa mengabadikannya ke dalam foto. Berfoto dengan tangga warna-warni dan tumbuhan tentu akan mengasyikkan. Yang perlu diingat, tidak diperbolehkan merusak tanaman apalagi boleh buang sampah sembarangan.

  • Rumah Pohon

Selain dari ayunan, pengunjung juga mampu menikmati pemandangan dengan suasana lain. Ada rumah pohon yang tersedia bagi pengunjung. Melihat pemandangan dari rumah pohon tentu akan lebih seru dan menantang.


    Melihat Perkebunan Holtikultura

Kawasan wisata ini juga memiliki perkebunan holtikultura yang menyejukkan mata. Aneka buah dan sayuran segar menghampar menunggu untuk dipetik. Tak ketinggalan pohon yang menjadi ikon Kabupaten Temanggung, ialah pohon jambu.


Objek Wisata Dekat Embung Kledung

Tidak jauh dari Embung Kledung, hanya berjarak kurangd ari 6 km, terdapat wisata alam Posong. Padang safana ini merupakan cuilan tengah tengah antara gunug sindoro dan gunung sumbing. Kedua gunung tampak indah jika di lihat dari dari tempat wisata alam posong.

Bila berkunjung ke tempat pada waktu sore hari, akan disuguhkan pemandangan golden sunset dengan pancaran sinar yang membelah kedua gunung tersebut. Untuk pengunjung yang ingin mencoba suasana lain dari wisata ini, mampu mencoba fliying fox di sekitar area.

Selain embung Kledung, temanggung juga memiliki Embung Tlogopucang. Kedua embung ini terpisah jarak sejauh 35 km. Bukan hanya surga bagi pecinta fotografi, embung Tlogopucang juga tempatnya traveler yang suka dengan alam. Pengunjung bisa bermalam dan membangun tenda di area berkemah.

Kaprikornus bagaimana? Penasaran dengan bak buatan yang anggun dan eksostis ini. Yuk angkat ransel, Embung Kledung menantimu!!!!