Daftar Tempat Wisata Di Solo dan Sekitarnya Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Solo dan Sekitarnya – Kota Surakarta yang biasa orang menyebut dengan kota solo ini terletak di provinsi jawa tengah. Kota ini mempunyai luas kurang lebih 44 KM2`dan berbatsan dengan kabupaten Karanganyar, Boyolali dan Sukoharjo. Selain itu solo juga mempunyai berbagai macam tempat wisata alam, wisata sejarah dan lain-lain. Nah disini penulis akan berbagai berita tempat wisata solo dan sekitarnya.

Wisata Belanja Pasar Klewer Di Solo

Daftar Tempat Wisata Di Solo dan Sekitarnya Wajib Dikunjungi

Kurang afdol rasanya kalo berkunjung ke solo tidak mengunjungi pasar klewer yang menjadi wisata belanja yang murah di solo. Pasar ini identik dengan pasar pakaian yang sering menjadi tempat kulakan pedagag pedagang di kota solo, tidak sedikit pedagang pakaian dari luar kota mirip jogja, magleang dan salatiga yang kulak dagangan di pasar klewer alasannya harganya yang murah ini. Nah kawasan ini sangat cocok menjadi tujuan wisata belanja anda dikala berkunjung ke solo. Karena harganya yang murah anda tidak perlu berfikir lagi ketika berbelanja di pasar ini. Tidak hanya pakain yang di jual di pasar ini, kebutuhan lainya pun tersedia mirip properti dan kebutuhan pokok. Di pasar klewer juga anda mampu menemukan barang-barang khas jawa yang mampu menjadi oleh-oleh anda setelah berkunjung ke solo. Pasar Klewer berlokasi di jalan Kedempel No. 24 Solo Surakarta.


Asrinya Menikmati Suasana Taman Sriwedari

Sriwedari, merupakan sebuah taman yang populer di solo yang patut anda kunjungi dan menjadi list wisata bagi anda yang belum pernah berkunjung ke taman ini. Taman ini syarta dengan kisah sejarah, dulunya kawasan ini menjadi daerah untuk bersantai para anggota keluarga kerajaan pada kurun Pakubuwana X . Namun seiring berjalanya waktu sekarang taman ini terbuka untuk umum.  Tempat ini juga sering di gunakan untuk menyelanggarakan berbagai macam event yang bertajuk budaya seperti seni wayang yang di datangkan dari banyak sekali macam kota besar di indonesia . Tidak hanya event bertajuk budaya, di taman ini juga kerap menggelar event bertajuk teknologi.


Mempelajari Arkeologi di Museum Purbakala Sangiran

Tempat wisata sejarah di solo selanjutnya ialah museum purbakal sangiran. Di daerah ini anda tidak hanya menerima hiburan, namun juga anda akan sekaligus menerima informasi perihal manusia purbakala secara lengkap. Selain itu juga banyak terdapat miniatur, foto dan patung-patung yang menggambarkan kehidupan jaman purbakal. Museum ini  tidak hanya populer di solo, di kalangan mancanegara pun museum ini cukup dikenal. Di dalam museum ini banyak menyimpan arkeolog arkeolog jaman purba yang masih tersimpan rapi di dalam museum dan juga masih terawat. Bagi anda yang ingin berkunjung ke daerah ini, untuk jam buka yakni pukul 08.00 – 16.00 dan dengan harga tiket Rp. 5000 rupiah unutk wisatawan domestik dan Rp. 7.500 rupiah untuk wisatwan mancanegara.


Wisata Alam Air Terjun Jumog

Tempat wisata di solo dan sekitarnya selanjutnya yakni wisata alam jeram jumog yang selalu ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Air terjun ini masih terlihat alami dan asri karena disekitar riam yang banyak ditumbuhi pohon hutan tropis yang menciptakan tempat ini terasa sejuk. Air terjun ini berlokasi di Desa  Berjo, Ngarguyoso Kabupaten Karanganyar yang berjarak sekitar 40 Km dari solo ke arah timur.

Tempat ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan wisata alam. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter. Selain itu, berdasarkan dongeng yang beredar bahwa setiap pukul 10 pagi di teladas ini akan muncul pelangi yang indah mengingat pancaran matahari yang memantul air sehingga terbentuklah pelangi. Tiket masuk ke tempat wisata ini pun sangat murah, hanya dengan uang 3000 rupiah anda sudah bisa menikmati teladas yang anggun ini.


Tugu Lilin Solo

Tempat wisata di solo selanjutnya adalah tugu lilin. Di kawasan ini merupakan spot terbaik untuk berfoto bagi anda yang hobi foto. Tempat ini bisa di samakan dengan tugu jogja jika anda berkunjung ke jogja. Dengan begitu, tugu lilin pun syarat akan sejarah. Tugu ini dibangun pada tahun 1933 yang sekarang menjadi kawasan peringatan pergerakan bangsa indonesia. Tugu ini berbentuk lilin alasannya menggambarkan perihal cahaya simbol usaha yang tak kan pernah padam sebelum kemerdekaan di raih oleh bangsa indonesia. Dalam tugu ini mempunyai selogan ” Van Solo Begin de Vyctory ” yang mempunyai arti Dari Solo Kemenangan di mulai. Tugu ini berlokasi di Jl. Slamet Riyadi Makamhaji.


Wisata Budaya Keraton Surakarta

Solo merupakan sebuah kota yang masih menjaga akhlak budaya dari abad ke masa. Salah satunya ialah kraton surakarta ini selalu menjaga akhlak istiadat budaya jawa yang kental. Kraton ini bangkit sejak tahun 1743 sebgai tempat pengganti istana kartosuro dan sampai kini masih berfungsi sebagai kawasan tinggal Sri Sunan bersama keluarga ningratnya. Yang membuat kraton ini menarik adalah keraton ini masih menyimpan barang-barang peninggalan jawa kuno mirip alat musik gamelan yang dulunya menjadi alat musik yang sering di mainkan oleh pebghuni kraton, selain itu masih ada replika pusaka kraton dan lainya yang berhubungan benda sejarah jawa kuno. Kraton ini juga sering menjadi kawasan di selengarakanya pertunjukan pentas seni mirip tarian-tarian khas jawa dan juga menjadi tempat upacara ritual-ritual budaya jawa seperti perayaan satu sura, upacar grebeg dan upacar sekaten. Bagi anda yang mempunyai ketertarikan dengan sejarah dan budaya, daerah ini mampu di bookmark untuk list liburan anda selanjutnya.


Berwisata Sambil Belajar di Taman Balaikambang

Taman Balaikambang merupakan salah satu tempat wisata edukasi di solo yang patut anda kunjungi. Taman ini di bangkit pada tahun 2008 yang sampai kini di fungsikan sebagai menjadi taman umum yang terbuka buat siapa saja. namun seiring berjalanya waktu taman ini melalui proses perkembangan yang menciptakan taman tidak hanya sebatas taman. Di Taman ini anda mampu sambil berguru mengenal aneka macam macam tumbuhan karean taman ini ditujuk taman botani, taman botani merupakan daerah ditanamnya aneka macam macam flora dan flora yang patut di lestarikan mirip beringin Sungsang, Apel Coklat, Kenari dan beringin putih yangberlokasi di arena hutan patinah. Taman ini juga berfungsi sebagai penampungan cadangan air dalam kota dan juga sering menjadi daerah pertunjukan kesenian dan kebudayaan.


Air Terjun Grojogan Sewu

Solo memang sebuah kota yang memiliki berbagai macam tempat wisata, salah satunyayaitu wisata alam penderasan grojogan sewu ini. Air terjun ini berlokasi di jalan menuju tawangmangu yang berjarak sekitar 27 km yang berada di kawasan hutan lindung . Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 81 meter dari dasar penderasan. Untuk mencapai kawasan ini anda harus sedikit berjuang menuruni anak tangga yang agak jauh. Selain menyuguhkan pemandangan jeram yang indah, daerah ini juga menyediakan flying fox, mini arum penderasan pemancingan serta playground.


Wisata Air Black Hole Slide di Water World Solo Baru

image: https://www.instagram.com/novagpr/

Terimaksih anda baru saja membaca artikel Daftar Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi.

Lebih baru Lebih lama