Daftar Lokasi Tempat Wisata Di Pacitan

Tempat Wisata Di Pacitan – Pacitan, merupakan sebuah kabupaten yang terletak di barat daya provinsi jawa timur ini ternyata memiliki daerah wisata yang sangat menarik dan sayang untuk anda lewatkan.

Di bab sebelumnya penulis tentang daerah wisata di aneka macam macam kota seperti Yogyakarta, Semarang, Magelang, Solo dan lain-lain, sekarang ketika nya penulis membahas tempat wisata di kota pacitan yang populer dengan julukan kota 1001 Goa. Julukan tersebut bukan berarti tanpa alasan, ya di kabupaten pacitan memang banyak sekali terdapat goa-goa yang mampu anda kunjungi.

Tidak hanya Goa, pacitan juga memiliki pesona wisata lain yang wajib anda kunjungi seperti wisata pantai, wisata gunung, wisata sejarah dan masih banyak lagi.

1. Goa Gong, Dengan Pelita Berwarna Surgawi

Daftar Lokasi Tempat Wisata Di Pacitan

Tempat wisat goa di pacitan yang pertama yaitu Goa Gong, Tempat ini berlokasi di Ds Bomo, Kec Punung. Goa ini menyuguhkan pemandangan stalagtit yang menabjubkan mata. Goa ini pun cukup dalam dan membutuhkan waktu yang agak usang unutk menyusuri semua lorong gua tersebut, ya goa ini memiliki kedalaman 700 hingga 800 meter dan memiliki 7 ruang goa yang besar. Masing0-masing ruang goa tersebut mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Di dalam salah satu ruang goa ini terdapat ruang yang di sebut dengan sendang bidadari, ruang tersebut terdapat genangan air yang jernih. Selain itu, goa gong juga mempunyai kerikil yang apabila di oukul akan menghasilakn suara sperti gong sehingan goa ini di sebut dengan goa gong.

Apabila anda berkunjung ke daerah ini tidak perlu lagi menyiapkan senter atau alat penerangan lainya. Karena di dinding goa sudah banyak terpasang lampu penerangan sehingga goa tak lagi gelap mirip goa pada umumnya.


2. Goa Tabuhan, Goa yang Dapat Bersuara.

wisata goa selanjtnya yakni goa tabuhan, goa ini memiliki keunikan yang jarang terdapat di goa pada umumnya. Goa ini mempunyai stalagtit yang apabila di ketuk akan berbunyi seperti gamelan, gamelan merupakan alat musik khas jawa. Goa ini sering di jadikan objek untuk bermain musik oleh warga sekitar. Oleh alasannya adalah itu goa ini di sebut dengan goa tabuhan. tabuhan dalam bahasa jawa memiliki arti memukul alat musik. Goa ini terletak di Kec Punung Kabupaten Pacitan. Goa Tabuhan memiliki kedalam sekiatr 100 meter dari permukaan tanah.


3. Goa Luweng Jaran Pacitan Yang Menakjubkan

Kenapa penulis mengatakan goa ini sungguh menkajubkan, ya sebab goa ini memiliki kedalam 48.000 meter menuju ke inti bumi. Bagi anda yang suka dengan petualangan pastinya goa ini sangat cocok unutk anda jelajahi. Ya disana anda akan berpetualangan menyusuri lorong goa menuju inti bumi seperti yang dikishakan di film Journey to the Center Of Earth . Untuk menyusuri goa ini pastinya di butuhkan persiapan yang matang dan keahlian khusus.


4. Goa Song Terus Pacitan

Tempat wisata selanjutnya yakni masih membahas tentang wisata goa yang ada di pacitan. Yaiutu Goa Song Terus Pacitan, di goa ini anda bisa melihat fosil Mbah Sayem, Mbah sayaem adalah salah satu orang tertua di indonesia yang mempunyai usia 10.000 tahun. Nama Mbah sayem bukan lah nama orisinil dari fosil manusia tersebut, Warga sekitarlah yang setuju memberikan nama fosil tersebut. Goa ini terletak di Ds Mendolo Lor Kec Punung. Goa ini memnag di yakini menjadi kawasan tinggal manusia purba yang mebuat goa song terus menjadi destinasi utama bagai para arkeolog dari berbagai tempat.

Tidak jauh dari Goa Song Terus terdapat juga Goa Song Keplek yang juga merupakan sebagai kawasan bersemayan manusia purba. di dalam goa tersebut banyak di temukan  artefak mirip lancipan, limas, gurdi dan alat-alat penggalan yang terkubur dalam goa.


5. Pantai Srau Yang Masih Perawan

Setelah Menyusuri indahnya goa-goa yang ada di pacitan kini tinggal beranjak ke formasi pantai-pantai di pacitan yang masih tergolong perawan. Tepatnya di pantai Srau yang berlokasi di Ds Candi, Kec Pringkulung, daerah ini berjarak sekitar 25 km dari kota pacitan. Pantai ini menyuguhkan pemandangan pasir putih dan batu karang yang di hempas ombak secara terus menerus sehingga mneghasilkan suasana yang berbeda. Pnatai ini eksklusif menghadap ke samudra sehingga hembusan ombak di pantai ini cukup kencang. Bagi anda yang suka dengan suka dengan daerah wisata yang tidak begitu ramai, daerah ini sangat cocok untuk anda jelajahi.


6. Pantai Klayar Yang Memepesona

Tempat wisata di pacitan selnjutnya ialah Pantai Klayar akhir-tamat ini booming diklangan traveler alasannya memiliki pemandangan pesisir pantai yang begitu indah. Pantai Klayar berlokasi di Kec Donorojo, yang berjarak sekitar 45 KM dari kota pacitan. Di tempat ini anda bisa menemukan seruling bahari yang tidak terdapat di pantai lainya. seruling maritim ini berupa batu karang besara yang memiliki celah di tengahnya. Dan setiap kali batu tersebut terkena ombak maka akan menimbulkan suara bunyi siulan seperti seruling. Di pantai ini tidak di rekomendasikan berenang di laut sebab ombak yang sangat kencang dapat membahayakan.


7. Di Pantai Watu Karung Pacitan

Wisata pantai selanjutnya ialah Pantai Watu Karung. Disana anda bisa berselancar, pantai ini memiliki ombak yang cocok di gunakan untuk berselancar mirip di pantai kuta yang ada di bali. Selain menyuguhkan pesona alam yang mempesona di pantai ini anda juga dapat menikmati ikan segar hasil tangkapan nelayan penduduk sekitar. Dan tentunya denga harga yang murah dan kualitas ikan yang masih segar. Pantai ini terletak di daerah Pringkungkung pacitan.


8. Di Pantai Banyu Tibo Pacitan

Banyu Tibo merupakan kata dalam bahasa jawa yang memiliki arti air jatuh.Sesuai dengan nama pontai ini yakni di pantai ini terdapat air tawar yang jatu ke air laut yang membentuk teladas. Di pantai yang mempunyai pasir putih ini merupakan pertemuan anatara air tawar dan air laut. Pantai ini terletak di Ds Widoro, Kec Donorejo Pacitan.


9. Aliran Sungai Maron yang jernih dan tenang.

Pacitan memang identik dengan wisata pantai dan goa, namun bahwasanya pacitan memiliki tempat wisata yang beraneka ragam. Salah satunya yakni Aliran Sungai Maron yang memiliki air jenih dan damai. Disana anda dapat menyewa perhau bersama psangan untuk menyusuri fatwa sungai yang menyuguhkan pemandangan yang eksotik. Tempat in berlokasi di Ds Dersono, Pringkuku yang mampu di tempuh dengan perjalan darat sekitar 45 menit dari pacitan. Sungai ini terlihat higienis karena merupakan sebagai sumber air warga sekitar dan habitat alami ikan tawar.

Terimakasih anda Baru saja membaca Artikel Daftar Tempat Wisata Di Pacitan, share semoga teman atau keluarga anda yang lain tahu.

Lebih baru Lebih lama