Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Putri Kencana, Wisata Alam Indah Di Dekat Kota

Di Curug Putri Kencana, pengunjung akan disuguhkan pemandangan penderasan yang memukau. Ditambah lagi di bawahnya terdapat leuwi atau bak berwarna hijau tosca yang dihiasi bebatuan besar. Di daerah Curug Putri Kencana, terdapat beberapa curug mini dengan kedalaman leuwi yang bervariasi.

Letaknya yang tak terlalu jauh dari sentra ibukota mirip Jakarta. Ataupun dari beberapa kota pendukung mirip Bandung, Sukabumi, Bekasi ataupun kota-kota lainnya. Hal ini menimbulkan daerah wisata ini selalu ramai diserbu oleh para pengunjung.

Dengan kesegaran air yang menyatu dengan alam yang masih asri membuat siapapun betah untuk berlama-lama main di dalam bak alami. Kolam-bak alami yang berundak-undak terbentuk dari susunan bebatuan dengan berbagai ukuran dan warna air tosca yang jernih, seakan memanggil untuk sesegera mungkin berenang di dalamnya.

Terlebih memang kondisi tubuh yang mulai menurun dikarenakan lelah seperjalanan, pastinya akan segar kembali. Bagi yang ingin sedikit memacu adrenalin, kamu dapat mencoba sensasi melompat kedalam kolam dari atas jembatan bambu akrab area camping.

Lokasi Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana, Wisata Alam Indah Di Dekat Kota
Image By travel.detik.com

Curug Putri Kencana berlokasi di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Loaksi ini berjarak sekitar 23 km ke arah timur dari kota Bogor.


Rute Menuju Curug Putri Kencana

Lokasi Curug Putri Kencana searah dengan curug Lewi panjang dan curug Barong yang ada dijonggol. Kaprikornus pengunjung dari 3 curug itu bisa mengambil arah yang sama. Jalananya cukup manis alasannya adalah sudah diaspal. Namun banyaknya tanjakan-tanajakan yang curam dan terjal sedikit membuat perjalanan jadi sedikit menantang.

Akses menuju Curug Putri Kencana bantu-membantu sangat mudah. Jika menggunakan kendaraan pribadi, mampu melalui jalan tol Jagorawi kemudian keluar di gerbang Sentul City. Dari sana belok kiri kemudian masuk kearah jalan utama menuju Jungle Land.

Sebelum pintu gerbang Jungle Land belok kanan dan akan melalui jalan perkampungan hingga bertemu pertigaan.Dari pertigaan lalu Belok ke arah kiri menuju Curug Putri Kencana dan Leuwi Hejo. Sepanjang jalur itu terdapat banyak petunjuk Jalan menuju putri kencana, jadi tidak usah khawatir tersesat.


Jam Buka Curug Putri Kencana

Pada dasarnya Kawasan wisata air terjun Curug Putri Kencana dibuka setiap hari oukul 07.00-18.00.

Namun tidak disarankan untuk berkungjung kemari saat demam isu hujan alasannya kanal treking menuju curug terlalu licin dan berbahaya, serta arus air teralu deras. Lebih baik datang pada isu terkini kemarau biar lebih terjamin keamanannya.


Tiket Curug Putri Kencana

Pengunjung Curug Putri Kencana hanya perlu membayar tiket sebesar 15 ribu rupiah untuk masuk ke area Curug Putri Kencana.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, wajib membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk kendaraan beroda empat. Cukup berjalan kaki sekitar 500 meter dari loket masuk untuk mampu sampai di lokasi riam.


Fasilitas Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana ini sudah dilengkapi dengan beberapa kemudahan pendukung, mirip area parkir, toilet, musholla.

Ada pula warung yang menjual aneka jajan dan masakan. Pengunjung juga mampu mendirikan tenda di area camping ground, namun akan dikenakan biaya embel-embel sebesar Rp 25.000 per tenda.


Aktivitas Menarik di Curug Putri Kencana

    Pemandangan nan Asri

Alam di Curug Putri Kencana ini masih asri dan terjaga kelestariannya. Pepohonan tumbuh dengan rimbun dan suasana pedesaan menempel di kawasan tersebut. Begitu sampai di lokasi, pengunjung akan dibuat terpukau oleh panorama riam yang alirannya berasal dari Sungai Sadon itu.

Objek wisata tersebut dikelola oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) yang dibentuk oleh masyarakat di dalam atau sekitar hutan dan Perhutani. Perhutani ialah Badan Usaha Milik Negara yang memiliki wewenang dalam menyelenggarakan, merencanakan, mengurus, mengusahakan serta melindungi hutan di wilayah mereka.

Pengunjung bisa berenang atau menikmati sensasi melompat dari atas jembatan bambu dan bebatuan yang berada di dekat area kemping ke kolam itu. Tinggi loncatannya sekitar beberapa meter dan biasanya pengunjung akan memilih titik tertentu yang mereka nilai kondusif


    Rangkaian Curug

Wana Wisata Curug Putri Kencana tidak hanya terdiri dari satu jeram saja. Jika menyusuri jalur treking menuju curug ini, pengunjung akan disuguhi oleh aneka macam riam dan sungai lainnya. Air terjun maupun sungai ini juga aman untuk menjadi kawasan rekreasi sekadar bermain air.

Rangkaiannya terdiri dari Leuwi Pariuk, Leuwi Demang, Leuwi Baliung, sampai Curug Love yang unik.

Leuwi Pariuk yaitu sungai kecil dengan penderasan yang tinggi. Sungainya dihiasi bebatuan besar yang bertebaran di sekitar gerojokan. Ketinggian airnya hanya semata kaki. Tempat ini sangat cocok sebagai kawasan berfoto bersama kerabat atau rekan.

Leuwi Demang serta Leuwi Baliung berukuran lebih lebar dan luas. Leuwi Demang mempunyai riam kecil dan sungai setinggi setengah betis orang sampaumur. Bagi yang suka bermain air dan berenang, daerah ini sangat aman dan mampu jadi pilihan.

Rangkaian terakhir ialah Curug Love yang berjarak sekitar 30 menit berjalan kaki dari curug ini. Disebut “Love” karena air terjunnya terpecah oleh sebuah batu di tengah, membuatnya terbentuk ibarat bentuk hati. Airnya tidak kalah jernih dari penderasan ini. Pengunjung bisa bermain air sepuasnya di sini.

Masing-masing teladas memiliki kedalaman yang bervariasi. Putri Kencana sendiri memang kecil dan tidak terlalu tinggi. Kedalamannya mencapai beberapa meter, jadi untuk yang tidak mampu berenang sebaiknya bermain di tepian saja.

Curug-curug tersebut memiliki bak-bak yang tercipta dari susunan bebatuan dengan beragam ukuran. Aliran airnya berwarna tosca dan sangat jernih, seolah mengundang para pengunjung untuk segera mendekat.


    Aktivitas luar ruangan

Tebing bebatuan yang mengapit Curug Putri Kencana sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai cliff jumping. Untuk mencapai tebing yang tertinggi di samping curug, pengunjung harus sedikit menyusuri jalan setapak ke atas dan naik ke jembatan.

Jika nyali masih belum kuat, lebih baik pilih batu-kerikil besar yang ada di sekitar telaga sebagai pijakan untuk cliff jumping.

Jika tidak terlalu menyukai kegiatan menantang, pengunjung cukup bersantai di telaga atau bermain air di sungainya. Terdapat penyewaan pelampung di sekitar curug yang menunjukkan pelampung banyak sekali bentuk dengan harga variatif.

Arus airnya yang damai, serta alam terbuka yang mengelilingi, akan menghanyutkan rasa penat dan menggantikannya dengan rasa nyaman di hati.

Ingin aktivitas menarik lainnya, pengunjung juga bisa menyewa pelampung dan mencoba acara body rafting. Menyusuri sungai perlahan-lahan sambil menikmati air yang segar tentu menantang sekaligus menyenangkan.


    Camping

Jika hendak bermalam, pengunjung bisa berkemah di area campground yang telah disediakan. Jangan khawatir alasannya tempatnya cukup luas, bersih dan memiliki kemudahan berupa mushola, toilet serta listrik. Untuk mendirikan tenda pun hanya dikenai tarif Rp.25.000,-.

Di sekitarnya juga terdapat beberapa warung yang menyediakan aneka kuliner untuk melengkapi logistik. Ada pula warung yang mempunyai balai-balai bambu dengan view teladas. Dijamin pengunjung bisa bersantai dengan khusyuk di sana.

Apabila ingin ke Curug Putri Kencana, berangkatlah lebih pagi dan bukan pada hari libur semoga bisa puas bermain air. Sebab, jika sudah siang biasanya banyak pengunjung yang datang. Jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikan gambar pemandangan atau berselfie ria dengan background riam.


Tips Mengunjungi Curug Putri Kencana

Apabila ingin ke Curug Putri Kencana, berangkatlah lebih pagi dan bukan pada hari libur supaya bisa puas bermain air. Sebab, kalau sudah siang biasanya banyak pengunjung yang datang. Jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikan gambar pemandangan atau berselfie ria dengan background jeram.

Gunakanlah alas kaki yang baik, nyaman dan anti slip. Bila menggunakan sendal, gunakanlah jenis sendal yang mempunyai tali di bab belakang.

Siapkan uang kecil, untuk solusi bilamana di jalan menuju lokasi terdapat aBarui pungli yang dikenakan.


Objek Wisata Dekat Curug Putri Kencana

Tidak jauh dari curug Putri kencana, dalam jarak 3 km saja, terdapat teladas populer lain, yakni curug leuwi hejo. Kawasan wisata alam Leuwi Hejo memiliki beberapa curug, dengan total curug sebanyak 5 buah, adalah curug Leuwi Hejo, curug Leuwi Liek, curug Leuwi Ciung, curug Leuwi Cepet, serta curug Baliung.

Lokasi curug satu ke curug yang lainnya tidak perlu memakan waktu yang begitu lama, perlu 5 sampai 15 menit perjalanan tracking.

Masih dalam jalur yang sama, dengan jarak juga sekitar 3 km, ada curug lain. Curug Barong. Curug Barong tidak terlalu tinggi. Tingginya mungkin tidak hingga 10 meter. Daya tarik utama curug ini yakni airnya yang terlihat sangat jernih dan menyegarkan. Aliran air yang berada di curug ini berasal dari salah satu sungai di Bogor ialah Sungai Cirangrang.

Memperhatikan banyak sekali daya tarik yang dimiliki curug putri Kencana, tampaknya akan jadi pilihan yang tepat untuk tidak berlama-lama menunda kunjungan ke lokasi indah itu. Segeralah mencumbu airnya yang jernih.

Selamat Berlibur!