Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Panganten Tasikmalaya, 1 diantara Ratusan Curug di Tasikmalaya

Curug panganten Tasikmalaya adalah 1 dari sekitar ratusan teladas yang ada di wilayah Tasikmalaya. Sajian keindahan dan kesejukan alam wisata jeram di jalur selatan Tasikmalaya ini mengundang pengunjung untuk menikmati ketenangan nya yang alami.

Suasana di Curug Panganten terbilang masih sangat perawan. Ini disebabkan karena Curug Panganten tidak terlalu populer mirip Curug Pelangi, bahkan jika boleh dikatakan lokasi Curug Panganten ini cukup tersembunyi.

Jika anda mencari spot foto di tempat ini, rasanya anda akan kurang puas alasannya sekeliling Curug Panganten ini hanyalah pepohonan dan tebing. Namun bila anda ialah seorang penikmat alam, pecinta hiking ringan dan seorang yang menyukai kesunyian, ini ialah daerah yang cocok untuk anda.

Debit air yang besar serta daerah yang asri, menjadi kombinasi yang baik untuk kamu melepas penat pekerjaan. Curug Panganten berdampingan dengan Curug Badak,Curug Catang, dan Curug Payung. Kondisi ini saling melengkapi dan memuaskan dalam berkunjung.

Lokasi Curug Panganten Tasikmalaya

Curug Panganten Tasikmalaya, 1 diantara Ratusan Curug di Tasikmalaya
Image via: money.id

Curug panganten Tasikmalaya berlokasi di Kampung Malaganti , Desa Sukaharja, Kecamatan Sariwangi, Tasikmalaya.

Dari kota Tasikmalaya, lokasi ini berjarak sekitar 33 km, dengan waktu tempuh berkisar 1 sampai 1,5 jam.


Rute Menuju Curug Panganten Tasikmalaya

Sarana transportasi berwisata ke Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat dengan menggunakan kendaraan eksklusif mirip : Mobil atau motor pribadi. Anda mampu meminta panduan arah ke Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat di google maps yang terpasang di smartphone.

Bagi pengunjung yang ngin datang ke riam Panganten TAsikmalaya ini perjalannd apat dimulai dari Kota Tasikmalaya. Perjalanan diawali dengan mellaui Jalan Jl. Garut – Tasikmalaya untuk menuju ke Singaparna.

Perjalanan ini kira kira berjarak 14.5 Km dengan waktu tempuh 30 menit.

Selnajutnya sehabis datang di singaparna, pengunjung mampu melaui jalan-jalan  Jl. Kp. Limabelas, Jl. Raya Sariwangi, Jl. Cipondok, Jl. Cidugaleun and Jl. Cingaloma. Sampai kesudahannya tiba di Jl. Pasirpari di Cidugaleun.

Sampai di ujung jalan ini, perjalnan mampu dilanjutkan dengan jalan kaki.


Jam Buka Curug Panganten Tasikmalaya

Air Terjun terpencil ini tidak mempunyai jam operasional khusus. Makara untuk gampangnya anggap saja ia buka 24 jam sehari 7 hari sepekan. Namun demikian, tidak disarankan untuk tiba dikala hari gelap. Karen faktor medan dan juga ketiadaan penerangan.


Tiket Curug Panganten Tasikmalaya

Mengenai biaya masuk atau tiket kunjungan, air Curug panganten Tasikmalaya tidak memungut karcis, alias gratis. hal ini mungkin berkaitan dengan belum adanya pengelola resmi di wisata riam ini.


Fasilitas Curug Panganten Tasikmalaya

Fasilitas dari Curug Panganten Tasikmalaya ini pun sangat minim. Belum ada toilet ataupun warung di sekitar lokasi teladas. Sehingga bagi pengunjung sebaiknya mempersiapkan perbekalan yang memadai, naik itu manan maupun minuman.


Daya Tarik Curug Panganten Tasikmalaya

Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi alasannya pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan gila.

Kota tasikmalaya juga populer akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya ialah Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan obyek wisata yang populer di tasikmalaya jawa barat. Curug Panganten mempunyai ketinggian sekitar 50 meter.

Curug ini dapat dikatakan merupakan sambungan dari dua sungai yang mengalirinya. Di bagian atasnya yaitu batas tamat sungai Cirende dan bab bawahnya adalah hulu dari Sungai Ciliung. Bahkan batang tamat sungai Cirende sendiri ternyata tersusun dari tiga tangga curug, yaitu Curug Cirende, Curug Sewu dan terakhir Curug Panganten.

Curug Cirende dan Curug Sewu tidak mampu dilihat pribadi dari bawah, alasannya adalah disamping ketinggiannya rendah juga terhalang oleh tebing tinggi yang menjadi limpahan riam Curug Panganten.Akses untuk menuju ke Curug Penganten ini tidaklah sulit, dengan beberapa papan petunjuk arah dipersimpangan jalan memudahkan untuk mencapai lokasi tersebut. Juga kondisi jalan yang tidak mengecewakan baik untuk dilewati kendaran roda dua maupun empat.


Tips Mengunjungi Curug Panganten Tasikmalaya

Saran dan tips sebelum menuju ke daerah Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat,anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan. Serta beberapa barang suplemen seperti kamera alasannya adalah anda niscaya ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya yaitu sabun, tissue lembap, sampo, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.


Objek Wisata Dekat Curug Panganten Tasikmalaya

Selain Curug Panganten Tasikmalaya juga punya banyak curug indah lainnya. Salah satunya adalah Curug Cimanintin. Curug Cimanintin yang berlokasi di Ds tanjungsari, Kecamatan Salopa Tasikmalaya.

Akses menuju ke lokasi ini pun tidak jauh beda dengan menuju ke pantai karang tawulan, ya untuk menuju ke tempat ini anda harus melewati jalanan berbatu dengan kendaraan bermotor dan dilanjutkan dengan jalan kaki menuju ke curug ini.

Sepanjang perjalanan anda di suguhi pemandangan persawahan dan juga perbukitan yang menarik untuk di jadikan objek foto. perjalanan menuju curug ini saja sudah indah, gimana nantinya dikala hingga ke lokasi curug ya, dan pastinya curug ini tidak mengecewakan alasannya adalah mempunyai pemandangan yang indah dan kebersihanya pun masih terjaga

Ada juga curug ciwatin yang berlokasi di Desa Linggalaksana Kecamatan Cikatomas Tasikmalaya. Di curug tersebut juga anda bisa berenang dengan konsisi air yang damai dan juga air nya yang cukup higienis.

Jarak dari alun laun kecamatan hingga ke curug ini pun cukup erat adalah hanya sekitar 6 kilometer. kases jalan menuju curug ini juga tidak sesulit saluran jalan menuju ke curug cimanintin dan pantai karang tawulan.

Curug Selanjutnya yakni dengdeng. Wisata jeram yang meanrik ini berlokasi di Ds. Cikawung Gading Kec. Cikatomas Tasikmalaya. Ciri khas dari curug ini adalah memiliki area kolam air yang hening dan tentunya juga bisa di gunakan untuk berenan.

Curug dengdeng memiliki ajaran jeram yang luas dan bertingkat dan juga di hiasi dengan pepohonan yang hijau. Kondisi tersebut membuat curug ini begitu nyaman untuk di kunjungi. Untuk terusan menuju ke loaksi ini juga sulit, anda harus melewati jalanan yang berbatu dengan memakai kendaraan bermotor dan di lanjutkan dengan jalan kaki dengan menyusuri lembah.

Gimana keren kan wisata alam Curug Panganten tasikmalaya? Apalagi jika anda mau melanjutkan berkunjung ke desa Santana Mekar Kecamatan cisayong. Dalam satu desa tersebut terdapat berbagai jeram yang mampu anda jelajahi.