Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Muara Bogor, Air Terjun 25 Meter di Dekat Leuwi Goong

Curug Muara Bogor memiliki tinggi kira-kira 25 meter. Bentuknya ramping dan tinggi. Curug di kelilingi oleh tebing tegak lurus dan pepohonan hijau, benar-benar elok. Bebatuan dan watu di pedoman curug menambah kecantikan curug ini.

Lokasi Curug Muara Bogor

Curug Muara Bogor, Air Terjun 25 Meter di Dekat Leuwi Goong
Image via: @hadjukemal

Lokasi Curug Muara Bogor ada di Desa Situ Udik, kecamatan Cibungbulang, Bogor Jawa Barat.

Curug Muara Bogor atau juga biasa disebut curug Air terjun cigame mempunyai jarak kurang lebih 42 kilometer dari pusat kota bogor.


Rute Menuju Curug Muara Bogor

Dari Bogor kota ambil jalur ke arah Leuwiliang, melewati IPB Dramaga dan Gunung Batu Ciampea terus hingga hingga ke pertigaan Cikampak dan pertigaan Cibatok. Biasanya ini jalur yang ditempuh jikalau ke Salak Endah.

Tidak jauh dari pertigaan Cibatok lalu pertigaan Cemplang atau Jl. KH. Abdul Hamid terus saja hingga sampai pertigaan Situ Udik. Persis di pertigaan Situ Udik ini terdapat Pondok Pesantren Modern Sahid.

Setelah ambil kanan, tidak beberapa jauh akan ketemu jembatan, kemudian ketemu pertigaan ambil kanan terus saja hingga ada plang penunjuk arah ke Situ Udik (kiri), lalu ambil lurus memasuki peternakan sapi perah.

Pengunjung dapat menumpang parkir di depan peternakan. Di sana juga bsia minta tolong diantar ke arah sungai oleh seorang pegawai peternakan. Dari peternakan ke sungai, dengan menuruni sedikit bukit berjarak kira-kira 50 m.

Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri tebing yang ada di pinggir sungai. Menaiki sisi bukit sampai di persawahan, kemudian turun ke bawah melewati jalan setapak. Meski dari atas ke bawah (sungai) berjarak sekitar 50 meteran, tapi kondisi jalur turunnya sangat ekstrim ditambah lagi bebatuan licin.


Jam Buka Curug Muara Bogor

Lokasi wisata Curug Muara Bogor ini buka setiap hari sepanjang minggu. Lokasi ini mulai buka jam 07.00 sampai tutup pada jam 17.00 sore.


Tiket Curug Muara Bogor

Untuk harga tiket masuk curug Muara Bogor, pengunjung dikenakan pungutan tiket sebesar Rp. 10.000 / orang. Sedangkan untuk parkir, sampai dikala ini belum ada pungutan.


Fasilitas Curug Muara Bogor

Untuk fasilitas penunjang wisata, daerah wisata curug muara bogor, belum mempunyai secara lengkap. Hal ini mungkin karena tingkat kunjungan yang masih relatif sepi dan lokasi yang jauh dari pemukiman.


Daya Tarik Curug Muara Bogor

    Leuwi Gong

Curug Muara Karacak ini mempunyai ketinggian sekitar 30 meter dengan kedalaman mungkin lebih dari 3 meter, ketika musim kemarau ini alirannya tidak terlalu besar dan cukup gampang melintasi bebatuan sungainya, jika ekspresi dominan hujan mungkin sangat sulit alasannya jalur bebatuan sungai tertutup air yang tidak mengecewakan tinggi.

Sehabis dari Curug Muara Karacak ini, pengunjung mampu juga naik lagi untuk berisitirahat di Leuwi Goong yang berada di atas curug. lokasi Leuwi Goong ini sudah rapih dan sejuk tempatnya, banyak pendopo untuk beristirahat dll.

Beberapa dari pengunjung tampak melepas lelah beristirahat di pendopo Leuwi Gong. Ada juga yang turun ke bawah menuju Leuwi Goong yang ada di bawah sungai. Bentuk dinding sungai ini sangat unik, berbentuk seperti tubuh manusia, jikalau airnya bening pasti seger banget mandi disini.

Menurut salah satu penjaga yang ada di Leuwi Goong ini, banyak kisah yang ada di tempat ini, mulai dari adanya petilasan Raden Kian Santang, kerikil berbentuk buaya besar, kerikil berbentuk ular naga, watu berbentuk love, sembilan sumur yang bikin awet muda, goa dengan air yang warnanya berbeda beda dan lain lain.


    Monyet

Ketika telah datang di area Curug, pengunjung akan disambut gemuruh air terjun. Selain itu, disini banyak binatang yang sukanya makan pisang, yup kera. Kita harus waspada dengan barang bawaan karena bisa saja dijahili monyet-simpanse tersebut.

Seperti yang diketahui kalau para simpanse itu sukanya mengambil barang yang mereka pikir menarik. Jika sudah terambil oleh kera tidak ada yang bisa memprediksi barang yang diambil kondusif.

Bisa saja kera tersebut menggigit gigitnya atau saat sudah tidak tertarik ditaruhnya barang-barang tersebut di sembarang daerah sehingga dikala dicari tidak ketemu.

Yang kerap terjadi para monyet mengambil kacamata, atau topi dll dibawanya ke balik pohon-pohon dan sering dilemparkan entah kemana dan akibatnya sudah tidak bisa ditemukan kembali. Yang penting Kita harus selalu waspada


Tips Mengunjungi Curug Muara Bogor

Apakah yang sebaiknya diketahui sebelum berwisata ke Curug Muara Bogor? Berikut ini kami coba berikan beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan demi kenikmatan dan keamanan selama berwisata di Curug Muara Bogor.

  • Jangan Pergi Sendirian

Berkunjung  ke jeram Curug Muara bogor, sebaiknya tidak pergi sendirian. Ajaklah orang lain mirip teman, pacar, atau sanak keluarga. Jika pergi sendiri, maka dikhawatirkan akan mengalami kesulitan dikala terjadi sesuatu yang membahayakan.

Apalagi jalan jalan menuju daerah wisata air terjun cenderung licin, alasannya itu tugas orang lain yang menemani Anda sangat membantu untuk menapak jalan ke penderasan.

  • Pergi pada Pagi Hari

Air terjun mempunyai kelebihan berupa pemandangannya yang indah, air yang masih jernih, serta kadar oksigen yang masih murni tanpa tercampur polusi. Untuk menikmati semua kelebihan tersebut, sebaiknya Anda pergi pada pagi hari, ialah sekitar pukul 7 atau 8 pagi.

Memang, pada jam-jam tersebut, air dan suhu di sana agak cuek. Namun air di sana dijamin masih jernih, menyehatkan, dan menyegarkan selama Anda tiba ke jeram pada pagi hari. Dengan berkunjung ke jeram lebih pagi, Anda juga mampu berwisata di riam lebih Lama.

  • Sesuaikan Alas Kaki

Sebaiknya gunakanlah sendal gunung saat berwisata ke gerojokan. Memang, ada beberapa orang yang kadang mampu bertahan memakai sepatu sneaker atau sendal biasa ketika di gerojokan, tetapi biasanya ganjal kaki tersebut akan berakhir dengan kondisi basah dan tidak nyaman.

Bahkan, ada beberapa jenis sendal mampu membuat Anda jatuh serta sering kali terjadi beberapa kali. Jadi meskipun biasanya untuk bermain air lebih cocok pake sendal, namun lebih baik Anda menggunakan sendal gunung sebab perjalanan menuju air terjunnya melewati jalur trekking.


Objek Wisata Dekat Curug Muara Bogor

Di kecamatan Cibungbulang, juga terdapat beberapa objek wisata lain. Salah satunya ialah Curug lembah pelangi. Curug ini mempunyai ketinggian 60 meter. Jika melihat dari ketinggian di atas akan terlihat mirip lembah sempit dan menjurang ke bawah.

Ada berbagai sudut elok jikalau ingin mendapatkan pemandangan pelangi yang biasanya muncul di tengah-tengah hempasan gerojokan. Apabila anda ingin melihat keindahan pelangi ini harus datang dengan keadaan cuaca yang sedang cerah.

Selain gerojokan, di kecamatan ini juga ada objek panorama dataran tinggi. Yaitu Bukit Cempala panenjoan. Taman wisata dengan lahan seluas 10 hektar itu memiliki latar belakang pemandangan alam dan dihiasi dengan menara cinta dan rumah pohon.

Demikianlah sedikit kisah dari objek wisata Curug Muara Bogor. Infonya memang masih tergolong minim, alasannya adalah lokasi ini sendiri masih tergolong jarang dikunjungi. Untuk itu segeralah menjadi bagian dari generasi awal yang mengunjungi lokasi ini.

Segera rencanakan, dan lakukan perjalanan saat wabah sudah mereda.