Curug Cigamea, Pesona Wisata Air Terjun di Bogor

Bogor, memang kota yang satu ini kaya akan wisata alam. Salah satunya ialah curug cigamea yang merupakan tempat wisata riam di bogor yang terletak di kawasan gunung salak ampir sama dengan curug nangka yang sudah di bahas di bagian sebelumnya.

Curug cigame mempunyai dua macam riam yang mempunyai karakter yang berbeda, jeram yang pertama terletak tidak jauh dari pintu masuk yang memiliki aksara berupa dinding tebing yang curam dengan bebatuan yang didominasi oleh warna hitam .sedangkan gerojokan ke dua terletak di agak jauh dari pintu masuk yang berjarak sekitar 30 M dari jeram yang pertam Air terjun ke dua atau air terjun utama curug cigamea ini memiliki ketinggian 50 meter dari dasar air terjun. bak jeram kedua ini mampu digunakan untuk berenang alasannya mempunyai area yang luas tdiak mirip di teladas yang pertama dengan kolam yang sempit.

Area kedua penderasan tersebut sangat rimbun dengan banyaknya tanaman ala hutan tropis yang membuat air tejun ini terasa sejuk dan alami.

Lokasi / Alamat Air Terjun Cigamea

Curug Cigamea, Pesona Wisata Air Terjun di Bogor
gambar by @sundarimarisa

Air terjun ini berlokasi di di Ds Gunungsari, Kec Pamijahan, Kab Bogor, Prov Jawa Barat.

Anda juga mampu mencari lokasi jeram tersebut memakai perlindungan GPS dengan Peta Koordinat GPS: 6° 41′ 40.30″ S 106° 41′ 8.48″ E.

Baca Juga : Tempat Wisata di Puncak Bogor dan Sekitarnya yang Paling Sering di Kunjungi


Rute Menuju Curug Cigamea

Air tejun cigame mempunyai jarak kurang lebih 42 kilometer dari pusat kota bogor. Untuk menuju lokasi tersebut ada empat jalur yang bisa di lewati di antaranya adalah :

  1.  cemplang/ cibungbulang -> pamijahan-> salak endah
  2.  Cikampek -> salak endah
  3. Cibatok -> salak endah
  4. Tamansari -> gunung bunder -> salak endah

Kebanyakan orang memilih jalu yang pertama yaitu via cemplang -> pamijahan -> salak endah sebab dengan melewati rute tersebut dirasa lebih akrab dari jalan raya bogor – leuwiliang dan juga rute tersebut memiliki jalan yang lebih manis dari ke tiga rute lainya.

kalau anda melalui rute tersebut mempunyai jarak 38 km hingga sampai ke tempat wisata salak endah dari sentra kota bogor. selanjutnya anda harus melanjutkan perjalanan sejauh 4 km untuk mampu hingga ke pitu gerbang curug cigamea. Setalah hingga di pintu gerbang curug cigamea anda harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Jalan yang dilewati yaitu jalan setapak menyusuri lembah dengan jarak sekitar 350 meter hingga sampai ke curug nangka.

Untuk kondisi jalan setapak pun sudah di rasa baik, Dengan jalan yang sudah dilapisi dengan batu sehingga tidak licin dan berdebu ketika musim hujan ataupun animo kemarau. Di sepanjang jalan terdapat selter untuk beristirahat sambil menikmatu hawa sejuk ala pegunungan.

Bagi anda yang memanfaatkan kendaraan umum untuk menuju kawasan ini, anda dapat memulai perjalanan dengan menaiki angkot di terminal Barangsiang jurusan bubuluak, sesampai di bubuluwak lanjutkan lagi degan menaiki angkot jurusan leuwiliang dan berhenti di pertigaan cipatok. Selanjutnya naik angkot lagi dengan jurusan gunung picung hingga sampai di pemberhentian angkot tersebut. Dari pemberentian tersebut dilanjutkan dengan jalan kaki atau mampu juga dengan naik ojek sampai sampai ke kawasan wisata salak endah.

Harga Tiket Masuk Curug Cigamea

Sebelum sampai ke curug cigamea anda harus melewati tempat wisata gunung salak endah dan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 7000 / orang . Dan  Untuk harga tiket masuk curug cigamea ialah Rp. 3500 / orang.


Fasilitas di Curug Cigamea

  • Jalan yang cukup baik
  • Pos jaga
  • tempat istirahat
  • banyak tersedia penginapan

Terimaksih anda baru saja membaca artikel Curug Cigamea wisata jeram di bogor.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya Paling Indah

Lebih baru Lebih lama