Curug Cibareubeuy dan Curug Pandawa 5, Keren Banget Lho!

Saat ini musim wisata alam semakin naik. Apalagi kalau tempatnya mempunyai spot foto yang unik, keren, dan Instagramable. Nah buat anda yang ada di Bandung, Subang, Sumedang dan sekitarnya pasti bakalan bahagia dengan daerah ini: Curug Cibareubeuy di erat Ciater, Subang, salah satu wisata air terjun yang sedang naik daun kini.

Kalau anda berkunjung ke curug Cibareubeuy, kemungkinan besar anda bakalan berfoto di spot yang lagi nge-hits ini :

Spot berfoto diatas ada di menara pandang Cibareubeuy, tepatnya di area wisata pandawa 5 yang terletak sebelum curug cibareubeuy.

Penasaran dengan infonya? silahkan simak dibawah ini ya. Kami coba tuliskan selengkap mungkin informasi seputaran kawasan ini.

Curug Cibareubeuy ; Sekilas Info

Curug Cibareubeuy dan Curug Pandawa 5, Keren Banget Lho!
Image By wisatatempatku.com

Curug Cibareubeuy sudah dikenal traveler semenjak Lama. Tempatnya memang rada ngumpet, tapi tetap dikunjungi banyak orang sebab suasana alamnya yang indah dan adem banget.

Kalau anda sudah mengunjungi semua daerah wisata di Lembang dan sekitarnya dan ingin suasana lain, daerah ini direkomendasikan. Lokasinya tidak jauh dari wisata air panas Sari Ater di Ciater, bahkan satu jalan. Tapi memang perjalanan kesini memakan waktu cukup banyak, jadi akan lebih baik kalau 1 hari anda habiskan untuk menikmati area ini.

Jika berkunjung kesini, anda juga bakal sekaligus melewati beberapa spot wisata yang sayang banget jikalau dilewatkan. Diantaranya gerojokan/curug Pandawa 5 dengan menara pandangnya, kampung senyum, dan juga area sekitar Pandawa 5.


Alamat Lokasi Curug Cibareubeuy – Curug Pandawa 5

Lokasi curug Cibareubeuy berada tidak jauh dari wisata Sari Ater di Ciater, bahkan satu jalan. Tepatnya berada di wilayah Cibeusi – Ciater – Subang. Dari gerbang sari ater sampai ke tempat parkir hanya sekitar 3-4 KM saja.

Perlu di ingat dari awal, dari tempat parkir hingga ke daerah wisata ini anda harus berjalan kaki selama 1 hingga dengan 1,5 jam. Kaprikornus bila berkunjung kesini, pastiin ini dimasukan ke perhitungan planning anda ya. Tapi, it’s worthed. Lamanya perjalanan sepadan dengan keindahan alam yang bisa dinikmati.


Transportasi Ke Lokasi

Jika memakai kendaraan umum dari arah Bandung, anda bisa naik angkot Stasiun hall – Lembang, kemudian disambung dengan kendaraan umum dari lembang ke Ciater. Dari Ciater ke lokasi sepengetahuan kami ngga ada angkutan umum, tapi anda mampu memakai ojek.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, arahkan kendaraan ke Ciater, lalu belok ke arah kawasan wisata Sari ater. Tepat di pinggir kanan gerbang Sari Ater terdapat jalan desa, ikuti terus jalan tersebut sampai anda bertemu pertigaan besar. Disini silahkan belok kanan ke arah desa Cibeusi. Ikuti terus jalan ini, kurang lebih 2 KM dari pertigaan anda akan menemukan lokasi parkir curug cibareubeuy. Insya Allah ngga bakalan kelewat kok.

Dari lokasi parkir tinggal ikuti petunjuk rute disini.


Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke lokasi, kita cukup membayar Rp 5000 untuk parkir motor, Rp 10.000 untuk parkir mobil, dan Rp 5000/orang untuk masuk ke Pandawa 5.

Saat masuk ke Curug cibareubeuy nanti, kita juga bayar lagi Rp 10.000/orang. Tiket ke pandawa 5 akan diperiksa nanti di area Cinta Laksana, sebelum pandawa 5.


Rute Ke Curug Cibareubeuy – Curug Pandawa 5

Dari tempat parkir, ada 2 rute yang bisa anda gunakan ; Rute hutan, lebih cepat tapi medannya cukup menanjak menembus hutan. Rute yang satunya lagi melewati pesawahan. Sedikit memutar tapi lebih landai dengan pemandangan yang indah.

Kalau kami sih lebih merekomendasikan rute pesawahan. Sepanjang jalan suasananya indah, tidak terlalu bikin capek, dan banyak tempat istirahat serta warung di tengah sawah.. adem bgt buat istirahat sambil ngopi.

Sepanjang rute bakalan disuguhi pemandangan yang indah bgt. Selain itu rutenya cukup mudah di ikutin kok. Banyak petunjuk jalan, selain itu jalan pematang sawahnya ditandai dengan susunan kerikil. Jadi lebih mudah buat dilewati oleh yang ngga terbiasa jalan di pematang sawah.


Menara Selfie Cibareubeuy

Disini, kita bisa melihat curug cibareubeuy dari kejauhan dengan latar belakang gunung dan hutan disekitarnya. Keren banget lho, rugi rasanya jikalau melewatkan tempat ini.

Btw, lokasi ini juga yang bikin area wisata sekitar sini ramai dikunjungi. Rata-rata pengunjung termakan dengan foto menara dengan latar belakang penderasan yang banyak berseliweran d instagram ini.

Di hari sabtu – minggu atau hari libur, biasanya ngantri panjang banget untuk mampu foto-foto disini dan dibatasi 5 menit/orang. Kebetulan saya tiba di hari biasa, jadi lebih sepi. Bisa puas berfoto hingga mati gaya, tanpa dibatasi durasi.


Tempat Menginap

Jika mau, anda bisa juga menginap di Pandawa 5. Disini memang disediakan tempat menginap sederhana di gazebo-penginapan yang ada. Camping juga mampu. Ada beberapa lokasi yang bisa anda gunakan buat camping. Disini juga sering dipakai acara camping organisasi ataupun keluarga.

Btw, yang bukan pasangan resmi tidak boleh menginap disini ya. Tempat menginapnya juga ngga bakal bisa digunakan ‘badung’, dan yang niscaya bakal di awasin pengelola.

Selain itu, anda juga bisa menginap di sekitar Ciater yang memang tempatnya tidak terlalu jauh dari sini.


Nomor Kontak Pengelola

Jika ada planning menginap, butuh guide, atau sekedar ingin bertanya terlebih dulu, silahkan langsung kontak ke pengelola Pandawa 5 ke nomor dibawah ini;

08221904441 – 082214403585 – 085222984663 atas nama Kang Ondi / Kang Dedi

Nomor ini kemungkinan bisa dihubungi selepas magrib keatas, alasannya adalah selama siang berada di lokasi (ngga ada sinyal hp). Tapi, mampu juga anda coba hubungi di siang hari.

Btw bila ke sini jangan sungkan untuk ngobrol dengan pengelola (kang Dedi / kang Ondi). Pengelola welcome banget dengan segala masukan dari pengunjung, dan yummy buat diajak ngobrol.

Tertarik buat berkunjung kesini? perhatikan juga beberapa hal ini ya;

  • Gunakan pakaian yang nyaman. Anda bakal melewati hiking sawah atau hutan, tergantung rute mana yang dipilih.

  • Jangan tiba terlalu sore, untuk bolak-balik dan menikmati lokasi perlu waktu cukup lama.

  • Sopan, dan hormati etika setempat. Insya Allah masyarakat sini ramah-ramah kok.

  • bawa baju ganti, just in case ingin bermain air nantinya.

Selamat berlibur!

Lebih baru Lebih lama