Curug Benowo, Wisata Alam yang Sangat Menarik

Curug Benowo – Gunung Ungaran yakni salah satu gunung yang cukup mempesona untuk di daki. Dengan ketinggian hampir 2000 mdpl. Membuat tempat ini mampu dijadikan sebagai titik awal para pemula mengenal keindahan di atas ketinggian.

Tidak hanya di atasnya saja yang menarik. di lerengnya juga terdapat beberapa objek wisata yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Salah satunya ialah curug Benowo yang mempunyai keindahan berupa tempat yang masih sangat alami da asri. Tracknya yang mengagumkan membuat siapa pun niscaya tertantang untuk mampu hingga diatas.

Siapa pun niscaya akan merindukan kesejukan dari tempat ini. Karena, sepanjang perjalanan kita akan ditemani dengan arus air yang super jernih.

Sebenarnya, kawasan ini ada dua curug. Satunya lagi bernama Curug Lawe, keduanya mempunyai jalan yang sama terjalnya. Hanya saja, pada sebuah persimpangan mereka akan berpisah. Tinggal anda mau memilih yang mana.

Dinamakan sebagai Curug Benowo lantaran, kawasan ini digunakan sebagai daerah singgah  Pangeran Benowo. Beliau yaitu salah satu pangeran dari kerajaan Pajang.

Karena, saking seringnya ke sini beberapa warga pun menyebutnya dengan nama Petilasan dan nama curug tersebut di beri nama Benowo.

Harga Tiket Masuk

Curug Benowo, Wisata Alam yang Sangat Menarik
foto: https://www.instagram.com/nubackpackertmg/

Menikmati keindahan dari curug ini anda akan dikenakan harga tiket masuk curug benowo sebesar 4 ribu rupiah ditambah uang parkir untuk mobil sebesar 10 ribu rupiah. Untuk Kendaraan bermotor sebesar 3 ribu rupiah.

Untuk jam operasional wisata curug benowo di buka mulai dari pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore. Tetepai, Saat menawarkan pukul 3 sore yaitu batas pengunjung yang datang ke objek wisata ini.

Jaraknya yang jauh mencapai 45 menit sampai 1 jam, menimbulkan, pihak pengelola membatasi jam kunjungan. Karena, semakin malam kondisi curug ini akan membahayakan untuk pengunjung.

Terlebih lagi, sepanjang perjalanan tidak ada penerangan sama sekali. jalanan yang berbatasan langsung dengan jurang menimbulkan daerah ini tidak aman dilintasi malam hari.


Alamat Dan Rute Lokasi

foto: https://www.instagram.com/yoswithhispic/

Alamat curug benowo terletak di Kalisidi RT.1, Rw.6. Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah 50519. Perjalanan bisa anda mulai dari alun-alun kota ungaran.

Arahkan kendaraan menuju ke mapagan atau jalan gunung pati. Kemudian, belok ke kanan setelah menemukan makam darul mukminin siplaosan sumur gunung.

Rute menuju curug benowo selanjutnya, tinggal mengikuti petunjuk arah yang tersedia di banyak sekali kawasan. Tetapi, anda harus sedikit berhati-hati.

Karena, jalan menuju curug benowo begitu terjal dan sedikit menanjak. Di samping kanan anda akan di sambut dengan pohon karet yang cukup luas.

Pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima. Selain tanjakan, belokan yang cukup tajam juga akan anda temui disini. Jadi, bersiap-siaplah untuk mempertajam insting mengemudi anda.

Sayangnya, menuju ke tempat ini harus menggunakan kendaraan langsung. Kurang tersedianya sarana transportasi membuat kawasan ini jarang dilalui oleh bus.


Siap Untuk Mendaki

foto: https://www.instagram.com/ernyyuliani88/

Perjalanan menuju ke Lokasi wisata curug benowo membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit hingga 2 jam untuk perjalanan berangkat.

Sedangkan, pulangnya membutuhkan waktu 40 menit hingga 1 jam lamanya. Perjalanan akan dimulai dengan jalan yang mulus, lurus tanpa ada halangan apa pun.

Setelah melewati bendungan, perlahan-lahan jalanan akan terus menanjak dengan tekstur tanah dan bebatuan. Bila anda tiba di week day, disarankan untuk membawa air minum sendiri dari bawah. Karena, beberapa pedagang enggan untuk menggelar dagangannya lantaran, sepi.

Tetapi, saat tiba week end dan hari libur sekolah. Pengunjung yang ingin pemanasan sebelum ke gunung ungaran tampak begitu padat. Menariknya lagi, di kawasan ini ada sebuah pohon yang berisi gantungan sandal-sandal yang menjadi korban dari track yang harus dilalui.

Oleh sebab itu, gunakan alas kaki yang cukup kuat. Dan sepatu yang juga tangguh. Agar tidak diabadikan di pohon ini. 500 meter menuju ke curug jalanan akan semakin terjal. Memasuki 400 meter sebelum datang, akan ada persimpangan dimana belok kiri curug lawe dan kanan curug benowo.

Curug ini hampir ada di setiap musimnya. Hanya saja, saat musim kemarau, debit air yang keluar tampak lebih kecil daripada penghujan. Jangan lupa membawa kamera mumpuni supaya setiap momen yang menyenangkan bisa anda abadikan ke dalam foto dan gambar.


Jembatan Selfie

foto: https://www.instagram.com/obie_sedenk/

Tidak semua jalur yang anda lalui melelahkan. Tetapi, ada pula satu kawasan yang disebut dengan jembatan selfie. Warnanya merah menyala.

Dan pribadi berbatasan dengan jurang. Di jembatan ini pula, hanya diperbolehkan maksimal 5 orang yang melintas.

Selain itu, jembatan ini juga disebut dengan jembatan romantis. Lantaran, banyak sepasang kekasih yang mengabadikan momen disini. Tidak hanya momen foto saja, melainkan bergandengan tangan alasannya adalah, takut terjatuh.

Curug Benowo bisa digunakan sebagai salah satu pemanasan menuju ke Puncak Gunung Ungaran. Jalur dan tracknya memang menantang bahkan, momen sandal putus pun mampu dijadikan sebuah momen yang tidak akan pernah terlupakan. Kaprikornus, kapan anda akan mengabadikan momen di seru di daerah ini.

Lebih baru Lebih lama