Cirebon Waterland, Taman Rekreasi Paket Lengkap di Cirebon

Cirebon Waterland sudah ada sejak sekitar tahun 60-an. Dulu daerah ini lebih dikenal dengan nama Taman Traffic Cirebon, dan merupakan satu-satunya taman rekreasi di Kota Udang tersebut. Pembenahan besar-besaran dilakukan tahun 2014. Aman kuno itu bermetamorfosis menjadi Cirebon Waterland.

Lokasi taman wisata Cirebon waterland terletak di tepi pantai utara Cirebon. Taman ini mempunyai pemandangan maritim yang indah, dan akan membuat siapa saja takjub saat berkunjung.

Bagi anak muda abad ini, salah satu daya tarik utama dari sebuah wisata ialah kawasan yang instagramable. Hal itu dimiliki oleh Cirebon waterland. Cirebon Waterland punya berbagai spot foto keren yang mampu menciptakan foto menjadi indah dipandang.

Di Cirebon Waterland terdapat restoran berbentuk kapal raksasa. Pada dinding luar restoran yang tampak mirip haluan kapal, tertulis Ceng Ho. Tulisan ini eksklusif berhadapan dengan laut utara Jawa. Di bagian sisi bangunan berbentuk kapal itu, pengunjung  mampu menemukan dermaga kawasan menikmati kecantikan pemandangan bahari.

Lokasi Cirebon Waterland

Cirebon Waterland, Taman Rekreasi Paket Lengkap di Cirebon
Image By @nadyaidhannnnn

Cirebon Waterland berlokasi di tepi pantai utara Kota Cirebon tepatnya di Jalan Yos Sudarso Nomor 1, Desa Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.


Rute Menuju Cirebon Waterland

Rute menuju Cirebon Waterland cukup gampang. Bagi pengunjung yang mengendarai mobil mampu melalui pintu gerbang Tol Palimanan-Cirebon. Jika berangkat dari arah Jakarta dapat mengambil rute Jalan Panglima Soedirman atau Jalan Raya Aryawinangun-Palimanan. Waktu tempuh perjalanan yang diharapkan untuk sampai di lokasi Cirebon Waterland hanya 35 menit saja.

Bagi pengunjung yang berangkat dari arah Jawa Tengah dapat berkendara melalui rute Jalan Pantura dengan jarak tempuh sekitar 32 km selama 40 menit perjalanan.


Jam Buka Cirebon Waterland

Cirebon Waterland di buka pukul 06.00 WIB dan di tutup pukul 21.00 WIB. Di buka setiap harinya dari hari Senin hingga hari Minggu.

Untuk mampu menikmati keseruan bermain air di Cirebon Waterland ini pengunjung dikenakan tiket Rp 50.000 pada hari biasa. Pada simpulan minggu dan hari libur nasional, tiket dinaikkan menjadi Rp 65.ooo.

Mengenai biaya parkir, pengunjung yang membawa sepeda motor dikenakan biaya Rp 5.000, sedangkan yang membawa mobil dikenakan Rp 10.000. Untuk rombongan yang datang menggunakan Bus, dikenakan biaya parkit Rp 20.000.


Fasilitas Cirebon Waterland

Sebagaimana layaknya daerah wisata uang dibangun dengan perencanaan matang, Cirebon waterland telah memperhitungkan aspek kenyamanan pengunjung selama berada di lokasi wisata ini. Salah satunya yakni ketersediaan sarana pendukung wisata.

Cirebon waterland menyiapkan kemudahan berupa: Mushola, toilet, Kamar mandi. Kamar ganti, ruang cuci, Gazebo, dan rumah makan.


Daya Tarik Cirebon Waterland

    Wahana Air yang Beragam

Area rekreasi air di sini cukup luas, sekitar 3 hektar. Wahana airnya juga lengkap. Terdapat wahana air bejana tumpah, bak arus, seluncuran besar, dan air mancur. Pengunjung mampu menikmati semua kemudahan permainan air tanpa perlu membayar biaya embel-embel.

Seluncuran di Cirebon waterland di desain unik, bukan sekedar lintasan luncur yang kaku. Lorong seluncuran didesain bagai petualangan di dalam gua, sehingga menambah keseruan bermain.

Di lokasi ini ada dua seluncuran besar yang meliuk dengan panjang jalur lebih dari 10 meter. Bagi belum dewasa disediakan seluncuran pendek. Untuk belum dewasa ada juga seluncuran tematik yang didesain memakai tokoh kartun. Seluncuran anak-anak ini lebih pendek, sehingga tidak menakutkan bagi bawah umur.

Tersedia juga bak renang olimpic yang kedalamannya mencapai 1,5 meter. Kolam ini biasanya digunakan bagi pengunjung yang tengah mencar ilmu berenang secara profesional.

Selain permainan air yang mengharuskan lembap total, ada juga permainan air yang tidak menciptakan basah. Untuk kebutuhan itu di Cirebon waterland tersedia wahana bahtera angsa. .


    Restoran Bentuk Kapal

Sebagai lokasi wisata air yang ada di tepi bahari, tentu tema bahari diambil sebagai tema utama di Cirebon waterland ini. Tidak mengherankan kalau lalu pengelola mendesain sebuah restoran yang berbentuk unik. Bangunan restoran itu dibentuk berbentuk kapal layar raksasa yang sedang berlabuh di dermaga.

Tomodachi Steak and Seafood nama restoran itu. Gedungnya memiliki bentuk bangunan yang unik yakni berupa sebuah kapal yang mirip digunakan oleh Laksamana Cheng Ho yang pernah singgah di Pantai Cirebon. Karena keunikan tersebut membuat banyak pengunjung tertarik untuk merasakan hidangan masakan yang ada di kawasan ini.

Tempat makan ini mempunyai tiga lantai, lantai pertama mempunyai pemandangan pribadi ke pantai. Untuk lantai kedua, dengan posisi yang lebih tinggi pemandangan terlihat lebih luas dan lebih menarik. Di lantai tiga yang merupakan roof top, dipakai untuk obyek fotografi dan menikmati pemandangan pantai.

Dari roof top itu pengunjung kawasan makan ini bisa melihat suasana Cirebon waterland dari lokasi yang lebih tinggi. Pada bagian ujung gedung yang berbentuk haluan kapal, pengunjung bisa mengabadikan foto dengan pose legendaris dari film Titanic.

Walau memiliki nama kombinasi bahasa jepang dan Inggris, restoran ini mempunyai sajian Indonesia. Beberapa hidangan yang biasa dipesan di restoran ini yaitu Ayam Bakar, Sop Buntut, Iga Sapi, Onion Ring, Orange Juice, dan Leeche Juice.


    Penginapan Apung

Untuk pengunjung luar tempat yang merencanakan bermalam di kota Cirebon, bisa mencoba penginapan dengan sensasi berbeda yang ada di area Cirebon waterland ini. Di Cirebon Waterland, tersedia penginapan berkonsep rumah apung.

Disebut demikian karena letaknya yang berdiri kokoh di atas maritim. Untuk mencapai penginapan, pengunjung melalui dermaga panjang. Dermaga panjang ini juga spot ideal untuk pengambilan foto. Kombinasi antara pemandangan maritim dan kerlap-kerlip lampu taman bermain, serta bentuk bangunan yang indah, menciptakan foto akan mirip di negeri dongeng.

Seaview cottege mempunyai total 22 cottage dengan tipe berbeda. Mulai dari tipe standar dengan kapasitas 5 orang. Kemudian tipe family seaview dengan kapasitas 8-10 orang. Dan terakhir Suite Damily Seaview dengan kapasitas 12-15 orang. Harga sewa bervariasi sesuai tipe cottage, antara 1.5 juta sampai 4 juta per malam.

Keistimewaan utama penginapan ini yakni pengunjung dapat menikmati panorama matahari terbit eksklusif dari balkon.


    Fasilitas yang Lengkap

Selain memiliki wahana permainan air yang cukup komplit, Cirebon Waterland juga memiliki beberapa kemudahan lain. Lokasi ini menyediakan mini coaster, penyewaan ATV, restoran, food court, playground, dan sebagainya.

Playground untuk lokasi bermain belum dewasa yang ada di Cirebon Waterland dilengkapi dengan pasir putih layaknya pantai. Dengan demikian pengunjung anak-anak mampu bermain dengan bebas layaknya sedang berada di pantai. Dengan suasana selayaknya di pantai, anak-anak dibebaskan bereksplorasi menciptakan istana pasir. Ini mampu menjadi media kreativitas dengan alat sederhana seperti sekop dan baskom.

Terdapat juga miniatur kapal yang terbuat dari kayu. Untuk menaiki miniatur kapal tersebut pengunjung mampu melalui tangga dan jembatan rintangan yang ada di sana.


    Pernikahan Romantis

Suasana pantai dan dermaga memang selalu memberi kesan romantis. Tak heran bila taman wisata ini sering digunakan orang untuk tempat melangsungkan ijab kabul.

Tomodachi sebagai pengelola restoran kapal ceng ho memperlihatkan resepsi akad nikah dengan suasana pantai Restoran Kapal Ceng Ho. Selain suasana yang unik untuk resepsi ijab kabul, disediakan juga Wedding Package. Pengelola restoran menyediakan tiga pilihan dalam Wedding Package tersebut. Yakni, Pearl Package, Coral Package dan Sand Package.

Paket ijab kabul sudah termasuk menu menu prasmanan lengkap dari hidangan pembuka, menu utama hingga sajian penutup. Selain mampu memakai ruangan Restoran Kapal Cheng Ho juga terdapat kemudahan sound system standar.

Untuk menunjang prosesi acara, daerah ini menyediakan fasilitas akad nikah dan jamuan pesta. Bahkan, sebuah kapel di erat dermaga disediakan untuk momen sakral.


Tips Mengunjungi Cirebon Waterland

Berikut ini kami coba berikan beberapa catatan mengenai hal yang sebaiknya disiapkan oleh pengujung saat menikmati liburan di Cirebon waterland. Semua catatan ini sebaiknya diperhatikan demi kenyamanan selama kunjungan.

  • Membawa baju ganti sesuai kebutuhan.

  • Membawa perlengkapan mandi seperti handuk, sabun, sampo, dan lainnya.

  • Membawa kamera agar mampu mengabadikan moment berada disini.

  • Membawa uang cash, jaga-jaga jika ada biaya komplemen yang mendadak.

  • Tidak merusak fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola.

  • Selalu mentaati peraturan yang ada.

  • Pilih penginapan sesuai kebutuhan dan budget. Jangan memaksakan diri menginap seview cottage.

Objek Wisata Dekat Cirebon Waterland

Saat berwisata di Cirebon tentu tidak akan lengkap dan bahkan rugi kalau tidak mengunjungi objek wisata sejarah yang merupakan andalan kota ini. Sempatkan diri 2-3 jam untuk berkunjung keraton kasepuhan, keraton  Kanoman, maupun keraton Kecirebonan. Semua lokasi keraton itu berjarak kurang dari 2 km dari Cirebon waterland.

Bagiyang tertarik dengan mesjid agung di setiap kota yang dikunjungi, di Cirebon tidak akan kecewa. Pengunjung mampu menikmati keunikan arsitektur Mesjid agung Sang Cipta Rasa. Mesjid Jami ini berjarak 1.5 km dari Cirebon waterland.

Kaprikornus tunggu apalagi? Ayo ajak sahabat keluarga untuk berlibur di Cirebon Waterland. Semoga artikel ini mampu bermanfaat dan liburan anda dapat menyenangkan. Terima kasih

Lebih baru Lebih lama