Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upgrade Kartu XL 3G ke 4G tanpa Ganti Kartu Terbaru

 Sebagai pelanggan atau pengguna kartu seluler khususnya operator XL Axiata Cara Upgrade Kartu XL 3G ke 4G tanpa Ganti Kartu Terbaru
Cara Upgrade Kartu XL 3G ke 4G tanpa Ganti Kartu - Sebagai pelanggan atau pengguna kartu seluler khususnya operator XL Axiata, Anda mungkin mempunyai perangkat ponsel atau smartphone Android dengan dukungan jaringan 4G namun sayangnya Anda masih menggunakan kartu XL lama dengan jaringan 3G.
Karena persyaratan utama untuk bisa menikmati layanan jaringan 4G ponsel atau HP harus sudah mendukung jaringan 4G dan syarat kedua yakni harus menggunakan kartu SIM XL 4G.
Oleh karena itu, Anda harus melakukan upgrade kartu XL yang 3G ke 4G, agar tetap bisa digunakan dan Anda tidak perlu ganti kartu dengan yang baru.
Sedangkan untuk melakukan proses upgrade, sekarang Anda tak perlu repot-repot lagi untuk mendatangi XL Center, yang pastinya lumayan melelahkan karena menghabiskan waktu dan uang untuk ongkos.
Dengan memanfaatkan teknologi Over the Air, maka Anda bisa melakukan proses upgrade kartu XL dari 3G ke 4G sendiri tanpa perlu ganti kartu.
Nah, berikut ini kami akan bagikan cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu yang bisa dipelajari dan diterapkan.

Cara Upgrade Kartu XL 3G ke 4G tanpa Ganti Kartu


Cara Upgrade Kartu XL 3G ke 4G tanpa Ganti Kartu dengan Mudah

 Sebagai pelanggan atau pengguna kartu seluler khususnya operator XL Axiata Cara Upgrade Kartu XL 3G ke 4G tanpa Ganti Kartu Terbaru
Cara Upgrade Kartu XL 3G ke 4G tanpa Ganti Kartu dengan Mudah
Untuk proses upgrade karu XL dari 3G ke 4G prosesnya memang mudah, karena Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja.

Setelah proses upgrade selesai, Anda bisa langsung mengecek apakah kartu tersebut sudah 4G atau belum.
Adapun cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu dengan mudah seperti berikut ini:

1. Proses Upgrade Kartu XL ke 4G tanpa Ganti Kartu

  • Langkah pertama, Anda bisa membeli nomor kartu baru di counter HP terdekat yang harganya sekitar Rp. 5 ribu atau Rp. 10 ribu.
  • Setelah itu, Anda bisa ketikkan panggilan dial ke *123*46# di ponsel atau smartphone Android. Kemudian pilih call atau panggil lalu pilih menu penukaran kartu SIM 4G.
  • Anda bisa pilih nomor 1 untuk melanjutkan lalu pilih “Mengirim”.
  • Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan SMS dari pihak XL-4G.
  • Ikuti instruksi selanjutnya sesuai dengan yang dikirimkan melalui SMS XL-4G yakni dengan mematikan ponsel Android.
  • Lalu cabut kartu SIM lama dan gantilah cara mengganti kartu SIM baru.
  • Selanjutnya nyalakan kembali bila sudah dan jika ada perintah/instruksi untuk mendaftarkan nomor kartu XL, silahkan diabaikan saja jika nomor XL Anda sudah diregistrasi.
  • Untuk melakukan pengecekan, Anda cukup ketikkan dial di nomor *123*4444# dan Anda bisa ulangi lagi langkah nomor 2 dan 3.
  • Setelah itu, ketikkan *123*46#, di Android kemudian pilih 1 dan pilih lagi “Mengirim”.
  • Tunggulah beberapa saat sampai Anda akan mendapatkan kiriman pesan dari nomor XL-4G kembali.
  • Restart kembali smartphone Android Anda.
  • Bila sudah, maka Anda akan mendapatkan 2 kiriman SMS kembali dari XL-4G berupa notifikasi jika proses aktivasi untuk kartu XL 4G sudah berhasil.
  • Sekarang Anda cukup mengubah mode jaringan dari 4G ke LTE, melalui pengaturan di ponsel atau smartphone Android.

2. Cara Mengecek Apakah Kartu Berhasil Diupgrade atau Tidak

Jika Anda penasaran dan ingin mengecek apakah kartu XL yang dimiliki sudah dalam jaringan 4G ataukah belum.
Maka bisa mengeceknya dengan cara mengetikkan kode USSD dan berikut ini cara lengkapnya:
  • Untuk pengecekan kartu SIM XL, pastikan perangkat smartphone dan lokasi tempat tinggal Anda sudah support jaringan 4G.
  • Anda bisa melakukan pengecekan jaringan 4G di Android dengan cara mengetikkan kode rahasia atau kode USSD di *123*817#.
  • Jika sudah, maka akan terlihat jendela pop up dengan menampilkan berbagai informasi.
  • Sedangkan informasi yang akan ditampilkan diantaranya mengetahui no HP XL sendiri, paket 4G apakah aktif atau tidak, melihat status support HP di jaringan 4G, serta dukungan area atau lokasi yang support jaringan 4G.

Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, bila ingin upgrade kartu XL dari 3G ke 4G tanpa perlu ganti kartu.
Untuk prosesnya sendiri sangatlah mudah, namun tetap harus dilakukan dengan teliti.
Setelah mengikuti tahapan-tahapan di atas, maka kini Anda sudah menikmati akses jaringan 4G dan nikmati berbagai keunggulannya.
Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.