Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset Password Akun Belajar.id Terbaru

 Akun Pembelajaran ini memiliki domain alamat unik yaitu belajar Cara Reset Password Akun Belajar.id Terbaru
Cara Reset Password Akun Belajar.id - Akun Pembelajaran ini memiliki domain alamat unik yaitu belajar.id di bagian akhir email pengguna.
Akun Pembelajaran ini akan diberikan kepada guru, siswa, dan tenaga pendidikan satuan pendidikkan yang mulai dari PAUD sampai SMA, SMK, dan Kesetaraan.
Akun Pembelajaran tidak hanya untuk satuan pendidikkan, akan tetapi juga diberikan kepada Dinas Pendidikan daerah masing-masing.
Jika ingin mengaktifkan Akun Pembelajaran belajar.id, pengguna harus masuk ke akun Google baru dengan nama pengguna dan kata sandi yang diperoleh dari operator sekolah.
Selain diperoleh dari operator sekolah, pengguna juga bisa memperoleh akses Akun Pembelajaran secara mandiri melalui laman belajar.id.
Dengan begitu cara reset password akun belajar.id dengan yang baru dan anda harus memastikan untuk tetap mengingat atau mencatat kata sandi yang baru, jangan sampai lupa.

Cara Reset Password Akun Belajar.id


1. Cara Reset Password Akun Belajar.id

 Akun Pembelajaran ini memiliki domain alamat unik yaitu belajar Cara Reset Password Akun Belajar.id Terbaru
Cara Reset Password Akun Belajar.id
Bagaimana jika anda lupa kata sandi atau ingin mengetahui cara reset password akun belajar.id dengan yang baru.
Namun sebelum membahas kata sandi tersebut, bahwa Kemendikbud mengatakan bahwa nama pengguna atau user ID tidak dapat diganti.
Karena penetapan nama pengguna sudah diatur sesuai dengan peraturan yang berlaku, bersifat paten dan tidak bisa diubah.
Untuk itu kata sandi masih bisa berubah jika diperlukan, ada dua hal yang bisa pengguna lakukan untuk mengganti kata sandi akunnya.
Yang peratama, saat mengaktifkan akun, maka diperlukan kata sandi yang diberikan oleh operator sekolah, maupun yang dikirimkan melalui email atau nomor telepon masih standar dan acak.
Dengan begitu, anda perlu mengganti kata sandi dengan minimal 8 karakter dengan menggunakan gabungan simbol, angka, dan huruf untuk meningkatkan keamanan.
Selanjutnya cara yang kedua yaitu jika anda telah menjadi pengguna aktif dan lupa kata sandi, dilihat dari kutipan BeritaSoloRaya.com dari Pusat Bantuan Akun pembelajaran.
Bahwa pengguna yang aktif hanya dapat mengganti kata sandi melalui operator sekolah, dan pengguna aktif dapat mengajukan reset password pada operator sekolah.
Selain dengan menghubungi operator sekolah, pengguna juga bisa meminta bantuan dengan menghubungi helpdesk.
Untuk menghubungi helpdesk dengan cara mengunjungi laman belajar.id dan klik tombol "Butuh Bantuan" yang berada di bagian kanan laman.
Oleh karena itu, pengguna dianjurkan untuk menyimpan informasi detail dengan baik, dan ketika mencatat kata sandi maka pastikan untuk tidak diketahui oleh orang lain.
Apabila anda kesulitan untuk mengingat kata sandi, pertimbangkanlah juga untuk menggunakan layanan pengelola sandi terpercaya untuk membantu.

2. Cara Reset Password Akun Belajar.id Melalui Akun Kepala Sekolah

 Akun Pembelajaran ini memiliki domain alamat unik yaitu belajar Cara Reset Password Akun Belajar.id Terbaru
Cara Reset Password Akun Belajar.id Melalui Akun Kepala Sekolah
Di bawah ini adalah langkah-langkah cara reset akun belajar.id ialah:
  • Terlebih dahulu login dengan akun admin.
  • Selanjutnya klik Google apps yang disimbolkan dengan persegi sembilan titik, kemudian scroll ke bawah klik "Admin".
  • Kemudian klik "Users", carilah akun yang akan kita reset, anda klik "Reset password", untuk mempercepat pencarian bisa menambah filter pencarian seperti email yang bersangkutan.
  • Setelah itu berikan password baru hasil reset tersebut kepada yang bersangkutan untuk melakukan aktivasi ulang.
  • Selesai.

Karena akun admin atau akun kepala sekolah termasuk juga akun pembelajaran, oleh karena itu perlu dilakukan aktivasi dulu, cara aktivasi akunnya sama halnya dengan aktivasi akun guru dan siswa.

Akhir Kata

Semoga dengan pembahasan di atas dapat membantu anda jika anda ingin reset password akun belajar.id dengan yang baru.
Dengan Penjelasan artikel di atas agar anda bisa memberitahu kepada teman anda solusi jika lupa kata sandi atau ingin mengganti dengan yang baru.
Semoga dengan telah dijelaskan  dari cara mereset password akun belajar.id anda bisa lakukan cara ini jika mengalami masalah tersebut.
Demikian pembahasan tentang cara reset password akun belajar.id, semoga dapat menambah pengetahuan anda.