Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset Mesin Cuci LG Terbaru

 Bila Anda salah satu pengguna mesin cuci Cara Reset Mesin Cuci LG Terbaru
Cara Reset Mesin Cuci LG - Bila Anda salah satu pengguna mesin cuci, khususnya yang merek LG, maka sangat disarankan untuk mengetahui bagaimana cara untuk mereset perangkat elektronik tersebut.
Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu mesin cuci LG mengalami error, sehingga Anda tidak perlu memanggil teknisi untuk memperbaikinya.
Karena seperti yang diketahui bersama, jika semua merek mesin cuci termasuk LG sering sekali mengelami error, apalagi jika umurnya sudah lumayan lama.
Error yang terjadi biasanya ditandai dengan munculnya kode error atau mesin hanya mengeluarkan bunyi “bip” yang tidak seperti biasanya ketika tombol Power atau Start ditekan.
Ada juga tanda lainnya yakni mesin tidak mau beroperasi ketika tombol-tombolnya dipencet-pencet.
Bila beberapa tanda tersebut terjadi pada mesin cuci Anda, maka hal tersebut menandakan bahwa mesin cuci harus segera direset (diatur ulang).
Untuk mereset mesin cuci LG ataupun merek lainnya, sebenarnya cukup mudah, karena Anda hanya perlu menekan beberapa kombinasi tombol.
Namun, sebelum Anda mereset mesin cuci, pastikan kode error mesin cuci LG atau merk lainnya yang muncul, benar-benar disebabkan oleh kerusakan pada sirkuit atau modul, bukan karena `faktor eksternal.
Nah, berikut ini kami akan bagikan cara reset mesin cuci LG yang bisa dipelajari dan diterapkan.

Cara Reset Mesin Cuci LG


1. Cara Reset Mesin Cuci LG dengan Mengetahui Penyebab Kerusakan atau Error

 Bila Anda salah satu pengguna mesin cuci Cara Reset Mesin Cuci LG Terbaru
Cara Reset Mesin Cuci LG dengan Mengetahui Penyebab Kerusakan atau Error
Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan mesin cuci mengalami error, sehingga Anda harus melakukan proses reset.

Tetapi, cara reset mesin cuci LG baru bisa dilakukan, jika error yang terjadi tidak disebabkan oleh faktor eksternal atau kesalahan dalam pemakaian.
Walaupun, faktor eksternal tersebut bisa memunculkan kode error pada mesin cuci.
Berikut ini kami akan bagikan beberapa contoh faktor eksternal yang bisa memunculkan kode error pada mesin cuci, diantaranya:
  • Beban Berlebihan. Setiap mesin cuci memiliki kapasitas beban dan jika beban yang dimasukkan melebihi kapasitas, maka bisa mengakibatkan mesin cuci berhenti.
  • Pastikan Tegangan Listrik di Rumah Stabil. Mesin cuci adalah salah satu perangkat elektronik yang membutuhkan suplai listrik yang stabil dan cukup. Penggunaan kabel ekstensi bisa menurunkan daya listrik, sehingga Anda harus memastikan jika mesin cuci cukup dekat dari stop kontak.
  • Filter Air Tersumbat. Error pada mesin cuci juga bisa disebabkan karena filter air yang tersumbat oleh kotoran sehingga membuat air tidak bisa mengalir dengan lancar. Apalagi mesin cuci otomatis biasanya membutuhkan tekanan air pada ukuran tertentu, termasuk mesin cuci LG misalnya, yang membutuhkan tekanan air antara 14.5 hingga 116 PSI agar bisa beroperasi dengan baik.
  • Tingkat Kemiringan Mesin Cuci. Mesin cuci harus diletakkan di atas permukaan yang datar dan bila ditempatkan pada permukaan yang terlalu miring, maka bisa mengakibatkan mesin cuci tidak akan beroperasi.

2. Cara Reset Mesin Cuci LG

 Bila Anda salah satu pengguna mesin cuci Cara Reset Mesin Cuci LG Terbaru
Cara Reset Mesin Cuci LG
Adapun cara reset mesin cuci LG yang bisa diterapkan seperti berikut ini:
  • Matikan mesin dan cabut colokan dari stop kontak pemutus arus listrik terlebih dahulu.
  • Dalam kondisi mati, silahkan Anda tekan dan tahan tombol “Start/Pause” selama kurang lebih 5 detik.
  • Kemudian colokan kembali kabel mesin cuci lalu hidupkan.
  • Jika mesin cuci LG anda tidak mempunyai tombol atau fungsi Reset, maka Anda bisa mencoba mencabut kabel mesin cuci dari stop kontak lalu colokan kembali.
  • Anda juga bisa mereset mesin cuci LG dengan mencabut kabel mesin cuci lalu diamkan selama beberapa menit.
  • Lalu buka pintu mesin cuci kemudian putar drum secara manual hingga 360°.

Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, bila ingin mereset mesin cuci untuk merek LG.
Bila Anda sudah menerapkan cara yang kami bagikan, namun belum berhasil, maka kami sarankan untuk menghubungi call center.
Bisa juga dengan menghubungi tukang service mesin cuci terdekat untuk menangani masalah yang Anda alami.
Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara reset mesin cuci LG 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.