Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar UMKM BRI Online Terbaru

 Pertanyaan cara daftar UMKM online dan cara cek daftar nama penerima Banpres BPUM BRI sed Cara Daftar UMKM BRI Online Terbaru
Cara Daftar UMKM BRI Online - Pertanyaan cara daftar UMKM online dan cara cek daftar nama penerima Banpres BPUM BRI sedang banyak dicari.

Perlu diketahui kapan pendaftaran UMKM online April 2022 dan bagaimana cara pelaku usaha bisa mendapatkan BLT Rp 2,4 juta dari pemerintah tanpa terdaftar Banpres BPUM Kemenkop UKM.
BPUM atau Banpres Produktif usaha Mikro adalah program BLT UMKM Kemenkop UKM yang sudah dijalankan untuk membantu pelaku usaha bertahan ditengah pandemi Covid-19.
Untuk mengecek daftar nama penerima Banpres BPUM dan Kemenkop UKM, masyarakat dapat mengecek di link BLT UMKM yang disediakan BRI eform.bri.co.id dan Banpresbpum.id.
Ditahun 2021, ada UMKM yang sudah terdaftar di 2 link BLT tersebut, baik BRI ataupun BNI.
Para pendaftar akan mendapat Banpres BPUM dan Kemekop UKM sebesar Rp 1,2 juta.
Sedangkan ditahun 2022, besaran Banpres BPUM yang disalurkan Kemenkop UKM untuk pelaku usaha mikro sebesar Rp 2,4 juta, dan penyaluran BLT ini dilakukan BRI dan BNI.
Tapi ada hal yang perlu diketahui, kini cara daftar UMKM BRI online masih di bukan di website oss.go.id, untuk informasi selengkapnya simak dalam ulasan dibawah ini.

Cara Daftar UMKM BRI Online


1. Cara Daftar UMKM BRI Online

 Pertanyaan cara daftar UMKM online dan cara cek daftar nama penerima Banpres BPUM BRI sed Cara Daftar UMKM BRI Online Terbaru
Cara Daftar UMKM BRI Online
Tanpa berlama-lama, langsung saja berikut langkah-langkah cara daftar UMKM BRI online untuk memenuhi syarat daftar BPUM, sebagai berikut:
  • Silahkan login di https://oss.go.id menggunakan akun yang sudah dimiliki.
  • Selanjutnya klik tombol "Perizinan Berusaha" dan tekan perseorangan.
  • Lalu pilih formulir data profil dan tekan tombol "Simpan" dan lanjutkan.
  • Tap tombol "Tambah Usaha" dan lengkapi formulir data usaha, setelah itu klik simpan dan lanjutkan.
  • Untuk usaha kecil pada bagian formulir komitmen prasarana usaha anda bisa mengajukan izin lokasi dan izin lingkungan, lalu klik tombol "Selanjutnya".
  • Nanti anda akan melihat rangkuman data yang sudah diisikan dan beri tanda centang di kotak Disclaimer dan tekan "Proses NIB".

Walau begitu, di tahun 2022 BPUM belum diputuskan akan dilanjutkan atau tidak, begitu juga dalam APBN dan BLT UMKM yang tidak menjadi program yang dibiayai oleh pemerintah.
Tidak perlu hawatir, ditahun ini pemerintah kembali menjalankan program PKH atau Program Keluarga Harapan yang ditargetkan ada 10 juta keluarga penerima manfaat bansos tersebut.
Untuk mengecek daftar penerima, masyarakat dapat mengecek di 2 link kemensos, yaitu cekbansos.kemensos.go.id dan dtks.kememsos.go.id.
Bansos PKH sendiri adalah program bantuan Kemesos yang ditujukan untuk melepas jerat kemiskinan bagi masyarakat miskin.
Seperti yang kami katakan, bantuan ini hanya bisa diperoleh oleh mereka yang sudah memenuhi syarat sebagai pelaku UMKM.

2. Rincian Bantuan BST PKH

 Pertanyaan cara daftar UMKM online dan cara cek daftar nama penerima Banpres BPUM BRI sed Cara Daftar UMKM BRI Online Terbaru
Rincian Bantuan BST PKH
Setelah mengetahui cara daftar UMKM BRI online, berikut kami bagikan juga rincian bantuan BST PKH yang bisa didapatkan oleh karyawan, diantaranya:
  • Kategori Ibu Hamil/Nifas : Rp. 3.000.000,-
  • Kategori Anak Usia Dini 0 s.d. 6 Tahun : Rp. 3.000.000,-
  • Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat : Rp. 900.000,-
  • Kategori Pendidikan Anak SMP/Sederajat : Rp. 1.500.000,-
  • Kategori Pendidikan Anak SMA/Sederajat : Rp. 2.000.000,-
  • Kategori Penyandang Disabilitas berat : Rp. 2.400.000,-
  • Kategori Lanjut Usia : Rp. 2.400.000,-

Bagi anda sudah mendaftar sebagai penerima bantuan yang disalurkan pemerintah, berikut cara cek daftar penerima BST Kemensos 2022 yang bisa anda ikuti:
  • Login ke link berikut cekbansos.kemensos.go.id
  • Lalu pilih nama provinsi sampai desan sesuai alamat di KTP.
  • Masukkan nama lengkap sesuai KTP dan kode verifikasi yang ada di layar.
  • Setelah itu klik tombol "Cari Data".
  • Nanti akan muncul daftar penerima bantuan. Apakah anda termasuk salah satu penerimanya?

Note: Setiap waktu, kemensos meng-update daftar nama penerima melalui situs cekbansos.kemesos.go.id dan dtks.kemesos.go.id, pastikan nama anda secara berkala.
Jika nama anda ada dalam daftar tersebut setelah mengeceknya pada link yang disarankan, tandanya anda mendapatkan Rp 2,4 juta sampai 3 juta dari bantuan tersebut.

Akhir Kata

Nah, itulah sedikit informasi yang dapat kami bagikan untuk anda tentang cara daftar dan cek penerima bantuan UMKM yang disalurkan pemerintah untuk para pelaku usaha.
Bagi anda yang belum mengetahui cara daftarnya, silahkan simak ulasan diatas dan ikuti langkah-langkah yang sudah kami bagikan.
Anda bisa membagikan artikel ini kepada teman atau saudara yang mungkin membutuhkan tutorialnya untuk mendaftarkan keluarga mereka yang juga memiliki usaha dan membutuhkan modal.
Itulah seluruh bahasan kita pada artikel kali ini mengenai cara daftar UMKM BRI online. Sekian dan semoga bermanfaat.