Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar IMEI Telkomsel Terbaru

 peraturan baru tentang regulasi iMei dirancang untuk membeli Smartphone yang legal resmi  Cara Daftar IMEI Telkomsel Terbaru
Cara Daftar iMei Telkomsel - Setelah mundur beberapa bulan, peraturan baru tentang regulasi iMei dirancang untuk membeli Smartphone yang legal resmi diimplementasikan.

Tujuannya baik untuk menggerakkan ekonomi nasional dengan mendukung brand-brand yang mengikuti aturan TKDN.
Juga membuka pabrik perakitan, membayar pajak dan lainnya untuk memasukkan perangkat mereka secara resmi.
Dengan membeli Smartphone bergaransi resmi, harapan kedepannya dari konsumen adalah agar harga bisa lebih bersaing.
Sedangkan untuk HP Non-Resmi baru, harus melakukan proses daftar iMei, agar bisa digunakan dengan jaringan operator lokal.
Sebenarnya, apa alasan konsumen membeli Smartphone Non-Resmi sekarang ini?
Ada beragam, karena untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari Negara tetangga atau memang menginginkan Smartphone yang tidak kunjungi hadir resmi di Google Pixel.
Atau mungkin juga sebagai hadiah kuis yang dikirim dari luar negeri, juga terhitung barang Non-resmi bukan?
Nah, setelah menjabarkan kondisi Smartphone Non-Resmi yang terkena blokir iMei, berikut akan kami coba bagikan apa saja yang perlu anda ketahui terkait cara dafatr iMei.
Dilengkapi dengan langkah-langkah yang dapat anda lakukan agar Smartphone dapat memperoleh kemampuan menangkan jaringan operator lokal kembali.
Tutorial yang akan kami bagikan dibawah ini dibuat berdasarkan dengan petunjuk Bea Cukai dan surat edaran Nomor SE-12/BC?2020 dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
Untuk informasi yang jelas tentang cara daftar iMei Telkomsel, simak selengkapnya dalam pembahasan dibawah ini.

Cara Daftar iMei Telkomsel


1. Cara Daftar iMei Telkomsel Non-Resmi

 peraturan baru tentang regulasi iMei dirancang untuk membeli Smartphone yang legal resmi  Cara Daftar IMEI Telkomsel Terbaru
Cara Daftar iMei Telkomsel Non-Resmi
Sebelum membahas lebih jauh tentang cara melakukan registrasi iMei Telkomsel Non-Resmi, perlu anda ketahui terlebih dulu sumber barang atau HP yang anda punya berasal darimana,

Yang pertama adalah, kalau anda membeli HP Non-Resmi dari toko pihak ketiga, maka anda bisa membelinya melalui penjual baik dari e-Commerce lokal ataupun lainnya.
Berikut adalah beberapa cara daftar iMei Telkomsel (Smartphone) perlu anda perhatikan:

A. Pembelian dari Toko Pihak Ketiga

Gizmo Friends baru saja membeli sebuah HP Non-Resmi di e-Commerce lokal pada tanggal 15 September pagi.
Kemudian di tanggal 15 September malam, peraturan blokir iMei dijalankan, sedangkan perangkat baru sampai di tangan keesokan harinya.
Kalau unit memang bersegel resmi artinya (belum pernah terhubung ke jaringan operator lokal), sudah dipastikan akan terblokir.
Untuk mengatasinya anda bisa langsung menghubungi penjual terlebih dulu, dan menanyakan apakah pihak mereka bersedia meregistrasikan HP yang sudah dibeli.
Jika tidak, maka pembeli dapat meminta data yang diperlukan oleh Bea Cukai untuk melakukan proses registrasi dan menebus pajaknya sendiri.
Sama dengan cara registrasi iMei selanjutnya, yaitu kalau membeli Smartphone Non-Resmi secara mandiri.

B. Pembelian Secara Mandiri

Cara ini bisa diterapkan bagi Gizmo Firends yang mungkin baru membeli HP di luar Negeri atau baru saja pulang ke Indonesia setelah tinggal di Luar Negeri.
Setelah itu kembeli membawa HP yang dibeli ke Luar Negeri, yang dimana sebelumnya belum pernah tersambung ke operator lokal.
Adapun cara daftar iMei Telkomsel (Smartphone) yang bisa anda jadikan panduan yaitu, sebagai berikut:
  • Silahkan isi Form Registrasi iMei yang sudah disediakan oleh pihak Be Cukai, anda bisa mengakses situs resminya DISINI atau melalui aplikasi Mobile BeaCukai yang bisa anda download di Google PlayStore atau link berikut.
- Download Aplikasi BeaCukai
  • Selanjutnya isi data diri dengan akurat seperti Nomor Penerbangan (Flight Number), Nomor Identitas dan lainnya.
  • Setelah itu, isi data barang yang ingin di registrasikan atau terblokir jaringannya, maksimal dua unit dan masing-masing diisi lengkap dengan nomor iMei dan harga barang (Dalam Satuan Mata Uang Asli).
  • Kalau sudah, silahkan konfirmasi dan pastikan semua data sudah terisi dengan benar, lalu anda akan menerima sebuah Kode QR dengan kode registrasi.
  • Kedua kode tersebut harus diserahkan ke petugas kantor Bea Cukai terdekat, tidak harus di bandara!
  • Nantinya proses perhitungan dan pembayaran pajak akan dilakukan disana, dan iMei akan diregistrasikan dalam waktu selambat-lambatnya 2x24 jam.
  • Untuk nilai pajak, kalau harga barang melebihi USD500 maka akan dikenakan bea masuk 10% dari nilai pabean, PPN 10% dari harga impor dan PPH, sesuai yang tertulis dalam surat edaran diatas.

C. Pembelian Melalui Jasa Pos/Kargo

Sebagai tambahan, ada juga cara tersendiri dari Gizmo Friends bagi anda yang membeli Smartphone Non-Resmi melalui jasa kargo.
Kurang lebih, proses cara daftar iMei Telkomsel (Smartphone)-nya hampir sama dengan cara kedua diatas, hanya saja disini ada campur tangan dari pihak kargo sebagai media pengiriman barang.
Caranya tergantung dari masing-masing jasa pengiriman, untuk informasi lengkapnya.
K2 Gadgets sudah menjelaskan engalaman mereka untuk membuka blokir iMei Pixel 4a yang dibeli di Luar Negeri dan dikirim melalui jasa kargo UPS melalui video berikut. KLIK DISINI.

Informasi Tambahan Terkait Daftar iMei

 peraturan baru tentang regulasi iMei dirancang untuk membeli Smartphone yang legal resmi  Cara Daftar IMEI Telkomsel Terbaru
Informasi Tambahan Terkait Daftar iMei
Saat mengimplementasikan blokir dan proses iMei ini dimulai, ada banyak orang yang mengalami keanehan perihal jaringan yang hilang.

Walaupun Smartphone Non-resmi-nya sudah digunakan sejak sebelum peraturan resmi dijalankan di tanggal 15 september.
Ada yang mengatakan bahwa hilang sinyal di tanggal 16 september dan pada tanggal 17 september sinyal kembali ada.
Hal seperti itu belum diketahui pasti penyebabnya, mungkin pemerintah sedang melakukan penyesuaikan pada Database.
Bahkan pihak pemerintah juga selalu menyarankan agar melalui proses pengecekan iMei di Situs Kemenperin.
Akan tetapi, sebenarnya juga tidak dapat dijadikan sebagai patokan mutlak.
Beberapa operator lokal juga menyediakan trik mudah untuk melakukan pengecekan nomor iMei, tanpa perlu input nomor secara menual di situs Kemenperin.
Bagi pengguna Telkomsel, mereka bisa langsung menghubungi kode USSD *337*1#, sementara pengguna XL dapat menghubungi *123*817#.
Ingat! Cara ini hanya untuk mengecek status iMei saja, bukan untuk melakukan registrasi iMei yaa!

Akhir Kata

Demikianlah informasi tentang cara meregistrasikan iMei untuk Smartphone yang Non-Resmi, ulasan diatas kami rangkum dari berbagai sumber tercantum.
Semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah pengetahuan anda seputar cara daftar atau registrasi iMei HP yang tidak dibeli secara resmi.
Silahkan simak informasi yang sudah kami rangkum dalam ulasan diatas agar anda mengetahui informasinya dengan detail.
Itulah seluruh bahasan kita pada artikel kali ini mengenai cara daftar iMei Telkomsel. Sekian dan semoga bermanfaat.