Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Absen di Google Classroom Terbaru

 Google Clasroom adalah aplikasi atau situs web buatan dari Google yang bisa digunakan dal Cara Absen di Google Classroom Terbaru
Cara Absen Di Google Classroom
- Google Clasroom adalah aplikasi atau situs web buatan dari Google yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran bagi para siswa atau mahasiswa.
Layaknya di sekolah, mengingat semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara online selama pandemi.
Absen berguna untuk dapat mengetahui siapa saja siswa atau mahasiswa yang mengikuti pembelajaran mata pelajaran atau mata kuliahdi Google Clasroom.
Namun berbeda dengan situasi bersekolah di depan guru, karena di Google Classroom anda hanya dapat mengisi daftar hadir atau absensi dan menyelesaikannya di rumah tanpa harus ke sekolah.

Meski begitu, anda tidak bisa menitip absen atau membantu teman anda untuk mengisi anbsen tersebut.
Karena di Google Classroom, jik waktu kehadiran sudah melewati waktu yang ditentukan atau waktu belajar sudah lewat maka daftar hadir juga akan ditutup secara otomatis.

Pembahasan Cara Absen di Google Classroom

Untuk mengisi daftar hadir atau absen di Google Classroom, pastikan anda sudah membuat akun atau daftar di Google Classroom dan kemudian masuk atau login.
Sebelum memulai pembelajaran di Google Classroom, biasanya guru akan mengabsen dan membuka kelas.
Kemudian setelah membuat absen, langkah selanjutnya untuk mulai pembelajaran bersama siswa, guru biasanya akan membuat kelas terlebih dahulu.
Setelah guru memberikan materi, siswa kemudian diharuskan untuk menjawab tes atau menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.
Seringkali siswa masih bingung bagaimana cara melihat nilai tugas atau kuis yang mereka selesaikan sebelumnya di Google Classroom.
Nah bagi anda yang baru saja bergabung dengan Google Classroom namun masih bingung tentang bagaimana cara mengisi absennya Google Classroom tersebut.
Silahkan simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini mengenai cara absen di Google Classroom.

Cara Absen di Google Classroom


1. Cara Absen di Google Classroom dengan HP

 Google Clasroom adalah aplikasi atau situs web buatan dari Google yang bisa digunakan dal Cara Absen di Google Classroom Terbaru
Cara Absen di Google Classroom dengan HP
Anda dapat mengisi absensi di aplikasi Google Classroom dengan berbagai cara yaitu melalui PC / komputer atau ponsel anda.

Oleh karena itu, inilah cara absen di Google Classroom dengan HP yang bisa anda coba terapkan:
  • Buka aplikasi Google Kelas.
  • Setelah itu masukkan daftar hadir yang ingin Anda isi.
  • Kemudian, periksa bagian status yang diberikan oleh guru atau dosen dan judul absen siswa tersebut. Dan klik tandai dan selesai.
  • Jika ada tulisan missing merah yang ada di pojok kanan bawah, berarti terlambat mengisi absensi, sehingga tidak dihitung sebagai absensi.


2. Cara Absen di Google Classroom Melalui Google Form

 Google Clasroom adalah aplikasi atau situs web buatan dari Google yang bisa digunakan dal Cara Absen di Google Classroom Terbaru
Cara  Absen di Google Classroom Melalui Google Form
Beberapa guru mungkin menggunakan layanan yang disediakan oleh Google (yaitu, Google Form)untuk menyusun daftar siswa yang hadir di ruang kelas Google.
Sedangkan cara absen di Google Classroom melalui Google Form seperti ulasan berikut ini:
  • Masuk ke akun Google Classroom
  • Lihat postingan yang diberikan oleh guru.
  • Buka daftar peserta dan anda akan dibawa ke URL formulir google.
  • Kemudian isi nama, nis atau npm, topik atau mata kuliah dan kelas.
  • Kemudian kirim.
  • Jika semua data sudah terisi, otomatis semua jawaban anda akan terkirim ke dosen atau guru, silahkan isi data dengan benar dan isi hanya sekali untuk mencegah duplikasi data.


Akhir kata

Demikian cara mengisi absennya Google Classroom melalui HPdan Google Form yang paling umum digunakan saat ini.

Namun sebelum mengisi daftar hadir di Google Classroom anda harus membuat akun atau daftar terlebih dahulu.
Selain untuk belajar online, Google Classroom juga menyediakan fitur yang bisa anda pelajari seperti mengubah tema kelas, mengedit informasi kelas, menampilkan foto profil dan masih banyak lainnya.
Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara absen di Google Classroom 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.