Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Canting Mas Puncak Dipowono, Tampil Menawan dengan 5 spot Foto Instagramable

Hal menarik dari Canting Mas Puncak Dipowono ialah aneka macam macam spot foto yang ada disana. Terdapat setidaknya 5 Spot, mulai dari bentuk kapal kapalan, sampai ada yang berbentuk gardu pandang di atas pohon pinus. Yang paling baru dan paling terkenal ada Teras Kaca yang bikin jantung berdebar.

Spot foto tersebut memang sengaja dibentuk oleh pengelola Puncak Dipowo yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis). Tujuannya biar wisatawan mampu berfoto di lokasi terbaik di Puncak Dipowono.

Wisatawan yang berfoto di spot foto yang telah disediakan akan menerima foto dengan background perbukitan dengan waduk sermo yang indah. Sekilas memang Puncak Dipowono ini mirip dengan obyek wisata Kalibiru.

Memang wisata jogja baru ini mempunyai konsep yang sama dengan wisata Kalibiru. Lokasinya pun berdekatan. Hanya saja Puncak Dipowono ini lokasinya ada di atas Kalibiru.

Jika Anda ingin berkunjung kesana, usahakan untuk membawa sandal atau sepatu yang anti selip. Hal itu sebab jalanan di Puncak Dipowono biasanya licin pada waktu animo hujan. Namun jika Anda kesana pada waktu isu terkini kemarau, mungkin itu tak begitu problem.

Lokasi Canting Mas Puncak Dipowono

Canting Mas Puncak Dipowono, Tampil Menawan dengan 5 spot Foto Instagramable
Image By: Foto : qupas.id

Canting Mas Puncak Dipowono berada di Jalan Clereng Tamanan KM. 6, Dusun Clapar 2, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasi ini sekitar 1,8 km dari Kalibiru.

Untuk menuju lokasi, jaraknya sekitar 33 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 14 menit dari sentra kota Jogja.

Simak juga: Tempat Wisata di Jogja Terbaru


Rute Menuju Canting Mas Puncak Dipowono

Rute menuju Puncak Dipowo cukup menantang. Sepanjang perjalanan menuju kesana pengunjung akan melewati jalanan yang menanjak dan menurun yang cukup curam. Butuh skill mengendarai yang mumpuni. Namun santai saja, alasannya jalan disana sudah bagus dan beraspal.

Jalanan juga cukup lengang dan kondusif. Apalagi di sepanjang perjalann menuju kesana, melewati pemandangan pedesaan, persawahan, sampai perbukitan Menoreh yang memanjakan mata. Perjalanan panjang pun jadi tidak begitu terasa.

Untuk mampu sampai di Puncak Dipowono, pengunjung mampu mengikuti rute  Jogja – Jalan Wates – Stasiun Sentolo / Pasar Sentolo (jalan alternatif ke Wates) – Celereng – Pasar Clereng – Arah Kalibiru (liat papan petunjuk sehabis pasar clereng) – Taman Wisata Watoe Gembel, ambil kanan (liat papan petunjuk) – Puncak Dipowono Canting Mas.

Simak juga: Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru


Jam Buka Canting Mas Puncak Dipowono

Mengenai Jam Buka Canting Mas Puncak Dipowono Jogja mulai pukul 9.30 – 22.00 WIB pada setiap harinya.

Simak juga: Tempat Wisata di Bantul Terbaru


Tiket Canting Mas Puncak Dipowono

Buat pengunjung yang ingin foto-foto ala anak hits di Canting Mas Puncak Dipowono, biaya tiket masuk yang harus kamu keluarkan senilai Rp 12.000/orang.

Biaya parkir Puncak Dipowono Rp 2.000 / motor dan untuk mobil Rp 5.000.

Simak juga: Wisata Pantai Terhits di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi


Fasilitas Canting Mas Puncak Dipowono

Meskipun ini yakni wisata yang dikelola secara swadaya masyarakat dengan dana yang terbatas, namun fasilitasnya cukup lengkap. Berbagai macam fasilitas yang ada di Puncak Dipowono yaitu mulai dari parkir yang cukup luas, spot foto, mushola, kamar mandi.

Selain spot foto, di objek wisata ini juga dibangun beberapa kawasan dilengkapi kursi dan meja. Wisatawan dapat memakai akomodasi tersebut untuk menghabiskan waktunya.  Dengan suguhan pemandangan alam sembari menikmati minuman, dan kuliner kecil yang dijual oleh salah satu warga.

Simak juga: Tempat Wisata di Sleman Terbaru


Daya Tarik Canting Mas Puncak Dipowono

    Panorama Dataran Tinggi

Kawasan Puncak Dipowono ini kondisinya sangatlah cantik, pemandangan alam yang tersaji di sana benar-benar indah dan mempesona. Maka tentu tepat sekali jika tempat tersebut menjadi kawasan wisata yang asyik.

Puncak Dipowono berada di ketinggian sekitar 700 mdpl. Dari ketinggian di atas puncak ini pengunjung mampu melihat indahnya alam pegunungan. Hamparan perbukitan yang hijau nampak jelas, dan sangat memanjakan mata.

Belum lagi suhu udara yang sejuk berpadu dengan hembusan angin sepoi, membuat tempat tersebut terasa semakin nyaman. Oleh alasannya itu, wisata Canting Mas Puncak Dipowono ini menjadi kawasan yang pas banget untuk dikunjungi melepaskan penat dari kesibukan sehari hari.

Pemandangan alam di wisata Canting Mas Puncak Dipowono ini semakin lengkap dengan adanya view Waduk Sermo. Nampak juga hutan yang mengelilingi tempat waduk tersebut sehingga menjadi panorama alam yang menawan.

Dengan memandang lebih jauh ke selatan, maka nampak juga daerah bahari Selatan yang sangat mempesona. Kesimpulannya, pesona alam di wisata ini benar-benar menawan hati.

Simak juga: Oleh-Oleh Khas Jogja yang Wajib Anda Bawa Pulang


    Waktu kunjungan

Waktu yang sempurna untuk berkunjung ke Puncak Dipowono ialah pada waktu pagi hari atau sore hari. Pada waktu pagi hari, Anda bisa melihat keindahan sunrise yang mempesona.

Namun jangan khawatir jika tidak mampu mengejar sunrise, pergi kesana pada pagi hari akan disuguhi dengan pemandangan kabut tipis. Namun kalau waktu sudah cukup siang, kabut itu akan hilang dan pemandangan jadi kurang mengagumkan.

Ketika sore hari tiba, pengunjung bisa melihat nuansa langit yang kemerahan yang menjadi background spot foto di Puncak Dipowono. Meskipun tidak bisa melihat sunset dari Puncak Dipowono, namun semburat langit kemerahan tetap menciptakan pemandangan jadi lebih indah.

Tempat wisata ini cocok dikunjungi oleh anak muda, keluarga muda maupun rombongan. Karena ini ialah kawasan wisata yang kurang populer di Joga.

Maka kunjungan paling ramai hanya pada weekend dan liburan saja. Pemandangan indah yang Anda dapatkan rasanya akan menjadi memori indah yang tak akan terlupakan.

Simak juga: Tempat Makan di Jogja Paling Enak & Murah


    Spot Foto

Pengelola Canting Mas Puncak Dipowono membangun fasilitas spot foto berupa aneka gardu pandang yang keren-keren sob. Dengan adanya spot foto tersebut menyebabkan wisata ini semakin diminati wisatawan. Terutama pengunjung yang hobi berselfie maupun sedang butuh liburan.

Tersedia lima macam spot di Obyek Wisata Canting Mas Dipowono ini. Lima spot itu berupa Spot foto beling, Spot perahu, Spot Y, dan sisanya berupa spot di pohon pinus.

Dari semua spot foto, yang paling populer tentu ialah Teras Kaca, yang mulai dioperasikan Desember 2019. Selain bentuknya yang unik dan instagenik, instalasi ini menghadap langsung ke hamparan hijau lanskap kawasan Kulon Progo di sisi selatan. Perpaduan itulah yang membuat spot ‘teras kaca’ makin menarik.

Simak juga: The Lost World Castle, Menjelajahi Benteng Hits Lereng Merapi


    Mitos Harta Karung Canting Mas

Asal-seruan penamaan Canting Mas, mempunyai cerita tersendiri dan menarik untuk disimak. Pengelola Wisata Canting Mas mengatakan, aslinya nama lokasi wisata tersebut yakni pededean atau dalam bahasa Indonesia bermakna berjemur.

Di sekitaran obyek wisata Canting Mas, ada 3 lokasi yang perlu dilestarikan, ialah kawasan meditasi, pededean dan gua landak.

Pengelola menjelaskan, pada zaman dahulu orang-orang mencari ilmu kanuragan dengan cara bertapa. Setelah akhir bertapa, kemudian orang itu dimandikan oleh pawang dan kemudian dijemur.

Lokasi ini bsia menjadi dinamakan canting mas, alasannya adalah pada zaman dahulu sekitar tahun 1985-1986 banyak orang yang berupaya mencari harta karun berupa emas dan salah satunya yaitu canting mas.

Sampai kini konon masih ada saja yang berusaha untuk mengambil canting mas. Namun dari puluhan datang, tidak ada yang berhasil menerima.

Simak juga: Wisata Ke Pantai Baron Gunung Kidul Jogja


Objek Wisata Dekat Canting Mas Puncak Dipowono

Kulonprogo memang populer dengan wisata dataran tingginya. Yang lebih dahulu terkenal tentu saja adalah Kalibiru. Perbukitan di Kalibiru memang sangat mempesona, beragam aktifitas mampu dilakukan di tempat ini. Mulai dari menara pandang sampai flaying Fox.

Wisata dataran tinggi lainnya di Kulonprogo adalah Pule Payung. Perpaduan bukit hijau, danau dan langit biru membentuk sebuah panorama alam nan eksotis. Cocok untuk mencari daerah melepas penat usai bekerja seminggu. Bagi pemburu foto Instagramable, Pule Payung Yogyakarta yaitu daerah yang tepat untuk mengabadikan momen liburan.

Bagi pengunjung yang suka selfie dan foto, pengunjung wajib mengunjungi Canting Mas Puncak Dipowono. Pengunjung akan menerima foto sangat keren. jadi, tunggu apa lagi, ayo ajak sobat-sahabat, keluarga atau kekasih liburan ke lokasi indah ini.