Candi Dieng, Pesona Candi di Atas Awan Yang Eksotik

Dieng merupakan sebuah dataran tinggi di jawa tengah yang tepatnya berlokasi di dua kabupaten ialah kabupaten wonosobo dan kabupaten banjarnegara yang mempunyai ketinggian diatas 2000 mdpl dan memiliki kisaran suhu 15 sampai 20 derajat celcius. Dataran tinggi dieng merupakan tujuan utama kedua kawasan wisata di jawa tengah sesudah borobudur magelang.

Dieng memiliki berbagai pilihan kawasan wisata bagi anda yang mencakup wisata alam, wisata budaya dan juga wisata masakan. Untuk kategori wisata alam dieng memiliki beberapa daerah wisata terpopuler diantaranya yakni candi dieng, kawah sikidang, telaga warna, golden sunrise di gunung sikunir sampai trip pendakian gunung prahu.

Candi Dieng, Pesona Candi di Atas Awan Yang Eksotik

Dari sekian banyak wisata alam dieng yang mempesona, Kami akan membahas wacana candi dieng. Candi dieng merupakan candi hindu yang dibangun sekitar abad ke 7 dan gres di temukan sekitar periode ke 18 masehi. Candi dieng terdiri dari 5 bangunan  candi yang saling berjejer. Kelima bangunan candi tersbut memiliki nama Candi Arjua, Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Sambadra dan Candi Puntadewa.

Lokasi / Alamat Tempat Wisata Candi Dieng

Untuk lokasi atau alamat candi dieng tersebut ialah berada di Dieng Kulon, Kec. Banjarnegara, Jawa Tengah 53456. Anda juga mampu mengetahui lokasi tersebut dengan bantuan GPS melalui koordinat GPS : 7° 12′ 13.57″ S, 109° 54′ 53.15″ E .


Harga Tiket Masuk Wisata Candi Dieng

Untuk harga tiket masuk candi dieng pun tidak begitu mahal, hanya dengan Rp 10.000 per orang anda sudah mampu menikmati indahnya candi di atas awan. Tiket tersebut juga sekaligus tiket masuk kawah sikidang. Kaprikornus satu tiket mampu dugunakan untuk masuk ke dua daerah wisata di dieng. Sedangkan untuk harga parkir kendaraan masih sama dengan kawasan wisata lainya ialah kisaran Rp 2000 sampai Rp 5000.


Rute Menuju candi Dieng

Untuk rute menuju candi dieng sebetulnya ada dua rute yang mampu di lalui, yakni via wonosobo dan via banjarnegara. Namun Kebanyakan wisatawan mengunjungi candi dieng lebih memilih rute Wonosobo alasannya adalah kondisi jalan yang jauh lebih baik di bandingkan dengan rute banjarnegara.

Bagi anda yang memakai kendaraan langsung untuk mengunjungi dieng maka anda harus menuju ke kota wonosobo terlebih dahulu, kemudian cari alun-alun kota wonosobo. Sesampai di alun – alun terdapat jalan dieng dan ikuti jalan tersebut ke arah utara hingga sampai ke pintu masuk candi dieng yang bearada di kiri jalan.

Jika anda memakai akomodasi transportasi umum sebagai kendaraan menuju dieng maka anda bisa menuju ke terminal mendala wonosobo, setelah smpai di terminal lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot atau bus jurusan kota wonosobo. Setelah sampai di pemberhentian maka anda harus melanjutkan perjlanan dengan bus jurusan Wonosobo dieng hingga hingga di pintu masuk candi dieng.

Rute terbaik dari kota – kota besar di indonesia menuju dieng :

  • Dari Jakarta : Langsung menuju ke Brebes -> Purowkerto -> Wonosobo -> Dieng

  • Dari Jogja : Jogja – > Magelang -> Temanggung -> Wonosobo -> Dieng /  Atau bisa juga lewat jalur alternatif melalui jogja -> Salaman magelang -> Wonosobo -> Dieng

  • Dari Semarang : Semarang -> Temanggung -> Wonosobo -> Dieng

Candi Dieng, Wisata Keluarga Yang Nyaman nan Indah

Bagi anda keluarga besar yang gundah mencari tempat wisata yang nyaman, mungkin candi dieng ini mampu menjadi pilihan bagi anda karena lokasinya yang begitu nyaman dan ASRI. Di sekitaran candi dieng juga terdapat boneka tokoh kartun yang siap di ajak foto bersama anak atau keluarga anda.


Fasilitas Wisata Candi Dieng

  1. Tempat Parkir
  2. Musola
  3. WC
  4. Banyak terdapat Warung makan
Lebih baru Lebih lama