Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bumi Pelangi Jalaksana, Lukisan Pelangi di Kaki Ciremai

Bumi Pelangi Jalaksana Kuningan tampil beda dengan wisata dataran tinggi lainnya. Lingkungan dan Spot foto disini tampil unik sebab akomodasi yang di bangkit diantara perbukitan hijau asri ini, hampir semuanya didesain dengan warna-warni mencolok, laksana Pelangi.

Berada di tempat yang relatif jauh dari perkotaan, objek wisata ini berada di kaki Gunung Ciremai. Mengunjungi Bumi Pelangi, udara sejuk khas kaki gunung akan terasa. Pemandangan Gunung Ciremai dari jauh juga mampu dinikmati ketika duduk-duduk santai di salah satu dingklik yang disediakan di lokasi.

Untuk menambah daya tarik bagi kalangan pemburu Foto Instagenic, pengelola menambahkan aneka Spot-spot foto yang didesain sesuai dengan selera mereka. Warna-warna cerah pada sebagian besar lokasi menjadi daya tarik tersendiri.

Berwisata di lokasi ini, pengunjung kaan menerima paket komplit. Cuaca yang sejuk karena berada di dataran tinggi. Warna hijau alami dari latar belakang alam pegunungan. Warna pastel ceria dari water play ground bertema pelangi. Sungguh sebuah paket komplit.

Lokasi Bumi Pelangi Jalaksana

Bumi Pelangi Jalaksana
Image By: wisataoke.com
Bumi Pelangi Jalaksana  berlokasi di Desa Babakanmulya, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat.

Lokasi wisata ini dari sentra Kuningan hanya berjarak sekitar 28 menit menggunakan kendaraan melalui Jln. Dr. Ir. Soekarno.


Rute Bumi Pelangi Jalaksana

Bagi pengunjung yang yang tiba dari arah Cirebon, bisa mengikuti jalan utama ke arah Kuningan. Setelah masuk tempat Jalaksana, pengunjung mampu belok kanan setelah Surya Toserba, lalu ikuti jalan hingga ke tempat Sadamantra. Di titik ini mampu terlihat beberapa gosip untuk masuk ke wisata Bumi Pelangi.

Memang dikala mengunjungi wisata ini cukup membingungkan, karena jalan yang diakses ialah sebuah jalan desa dan tidak begitu lebar. Namun, pengunjung mampu dengan gampang menemukan obyek wisata Bumi Pelangi ini dengan menggunakan maps pada ponsel berilmu semoga tidak tersesat.


Jam Buka Bumi Pelangi Jalaksana

Lokasi wisata Kuningan ini buka setiap hari, dari Senin hingga ahad. Setiap harinya lokasi ini Buka 24 jam.  Khususnya bab Pujasera atau tempat makan.


Tiket Bumi Pelangi Jalaksana

HTM Bumi Pelangi sebesar Rp 5.000 / orang ( promo opening ). Namun wisatawan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000 untuk dapat memasuki area bak renang.


Fasilitas Bumi Pelangi Jalaksana

Walaupun wisata ini terbilang Baru, namun beberapa fasilitas sudah dibangun sedemikian rupa semoga pengunjung dapat nyaman dan berlama-lama menikmati indahnya pemandangan perbukitan atau merasakan dinginnya air bak renang.

Disini pengunjung disediakan akomodasi umum mirip toilet, ruang ganti pakaian, daerah parkir, kantin, Gazebo, mushola, spot foto yang menarik, dingklik berjejer, dan masih banyak lagi.

Untuk kuliner dan minuman sendiri masih sangat terjangkau. Jika datang bersama keluarga, pengunjung mampu membawa masakan sendiri dan makan bersama di daerah peristirahatan yang sudah disediakan.


Daya Tarik Bumi Pelangi Jalaksana

    Objek Wisata yang Menyejukkan

Simak juga: Wisata Dusun Bambu Dengan Konsep Pedesaan Yang Sejuk Dan Segar

Seluruh pemandangan sepanjang perjalanan menuju lokasi  Bumi Pelangi Jalaksana, sungguh indah dipandang. Bahkan bisa dianggap perjalanan itu sendiri ialah sebuah safari wisata. Pemandangan elok Gunung Ciremai tampak di latar belakang, tidak menciptakan bosan menikmati perjalanan.

Petugas Pengelola Bumi Pelangi, menjelaskan obyek wisata ini mempunyai luas sekitar 7,2 hektare. Namun Baru 5 persen yang dibangun untuk kawasan sarana dan prasarana penunjang wisata.

Mereka menjelaskan, dulu Bumi Pelangi merupakan areal yang banyak ditumbuhi pohon kayu arbise. Kemudian oleh komunitas dan pemuda sekitar diubah menjadi obyek wisata alam. Tempat ini manis untuk aneka macam acara mirip gathering, bumi perkemahan dengan daya tampung sekitar 500 – 750 orang.

Dalam perencanaan pihak pengelola, dalam tahun-tahun ke  depan, beberapa wahana permainan akan dibangun. Seperti air mancur dan lain sebagainya.


    Water Play Ground Pelangi

Fasilitas paling menonjol di kawasan wisata ini ialah water playground dengan cat pastel aneka ragam warna. Kombinasi warna-warna yang meriah ini menciptakan suasana menjadi ceria. Dari kombinasi aneka warna inilah nama pelangi di sematkan pada objek wisata ini.

Playground water playground ini kolam kolam dangkal yang disusun bertingkat-tingkat beberapa kolam dengan kedalaman masing-masing tidak lebih dari 30 cm. Para pengunjung mampu bermain air di dalam kolam kolam dangkal ini.

Mainan ini tentu saja paling banyak diminati oleh pengunjung, terutama pengunjung  belum dewasa. Beberapa ketentuan ketika pengunjung hendak menikmati kemudahan khusus ini diantaranya dihentikan merokok dan tidak memakai alas kaki ketika masuk ke dalam kolam.

Keberadaan kolam kreatif ini bukan suasana yang unik. Yakni perpaduan antara cuaca sejuk di daerah pegunungan, ditambah dengan kesejukan dari percikan air yang digunakan bermain, serta kesegaran hati alasannya adalah melihat warna-warna yang ceria. Maka tidak salah jika akomodasi ini merupakan ikon dari objek wisata ini


    Meja Kursi Kayu

Simak juga: Wisata Situ Patenggang

Pengelola wisata bumi Pelangi Jalaksana tampaknya sangat mengerti akan kebutuhan para pengunjung. Pengunjung lokasi ini yang Baru datang, niscaya akan kegirangan dengan suasana sejuk dan permainan warna pada fasilitas bak bertingkat.

Mereka  tentu akan menghabiskan waktu-waktu awalnya dengan berjalan-jalan mengelilingi lokasi wisata ini. Menikmati pemandangan alam, mencari Spot indah untuk berfoto, serta menjelajahi kolam Pelangi aneka warna.

Setelah melalui itu semua, tentu mereka akan merasa lelah dan perlu tempat istirahat. Disini lah dengan cerdas pengelola wisata bumi Pelangi menyediakan meja dingklik kayu yang berderet berjajar rapi. Set meja kursi yang disediakan berjumlah belasan di areal sekitar sekitar objek wisata.

Penempatan Kursi ini strategis. Bahkan tidak berlebihan jika dikatakan, bahwa meja dingklik ini sendiri pun sebenarnya yaitu sebuah objek seni. Bahkan mampu digunakan sebagai Spot untuk berfoto. Dengan duduk di meja bangku kayu ini para pengunjung selain mampu mengistirahatkan kaki juga bisa mengistirahatkan jiwa.

Saat duduk di meja kursi ini, pengunjung mampu memandangi hijaunya pegunungan Gunung Ciremai di latar belakang. Sungguh tempat yang cocok untuk bersenda gurau, atau membuka bekal kuliner.  Ataupun makan dari makanan yang dijual di lokasi.


Tips Mengunjungi Bumi Pelangi Jalaksana

  • Hati-hati ketika berkendara, alasannya menuju wisata terutama mulai pematang sawah jalannya mulai rusak. Serta untuk kendaraan roda empat perlu ektra hati-hati jalurnya cukup dilalui satu kendaraan beroda empat

  • Lebih baik pagi atau sore datang kesini, suasananya sangat terasa sekali dan tidak terlalu padat pengunjung

  • Jika anda ingin santai lebih baik jagan weekend, tidak mengecewakan banyak pengunjung dikala hari libur.

  • Tidak perlu banyak bekal disini juga sudah banyak warung yang menyediakan makanan ringan ataupun besar.

  • Hati-hati yang membawa belum dewasa dikala bermain di wahana taman air, karena tidak ada pagar pembatas dan kondisi taman sedikit licin.

  • Jangan buang sampah sembarangan.

Simak juga: Keindahan Air Terjun (Curug) di Kuningan


Objek Wisata Dekat Bumi Pelangi Jalaksana

Kuningan ternyata sangat kaya akan berbagai potensi wisata yang tak akan rugi jika dikunjungi. Selian wisata laam, kuningan juga memeiliki banyak sekali objek yang berbasis pada sejarah, Dari Sejarah Kemerdekaan sampai sejarah kurun purba.

Untuk tempat wisata sejarah Purba, Kuningan mempunyai Taman Purbakala Cipari. Tempat wisata di Kuningan ini dipercaya dulunya menjadi permukiman manusia purba kala neolitikum. Hal ini diperkuat dengan temuan benda-benda purbakala seperti peti kubur batu, gerabah, perkakas dapur, perunggu, dan bekas fondasi bangunan.

Untuk sejarah kemerdekaan Indonesia, Kuningan memiliki gedung bersejarah, ialah Gedung Perundingan Linggarjati. Sebagai kawasan bersejarah, bangunan dan perabotan yang ada tidak dilakukan perombakan, sehingga masih sama persis dengan fakta sejarahnya. Sebagai museum, bangunan ini dilengkapi dengan foto-foto dokumentasi yang dipajang di dinding gedung.

Secara keseluruhan, bila ingin mencari kawasan untuk ngecamp, kau mampu memilih Bumi Pelangi sebagai lokasi yang pas. Selain itu kawasan ini sangat cocok dijadikan tempat kopdar komunitas, outbound, mini gathering ataupun aktivitas lainnya.