Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukit Sikendil, Menyaksikan Sunrise Berhiaskan 4 Gunung

Gunung Kendil atau Bukit Sikendil menjadi salah satu tujuan yang tepat bagi pendaki pemula. Itu sebab ketinggian Gunung Kednil yang hanya sekitar 1.800 meter di atas permukaan maritim (mdpl) dan jalur pendakiannya relatif gampang.

Meski ketinggiannya tak sampai 2.000 mdpl, bukan berarti hal itu mengurangi keindahan yang tersaji di sana. Pendaki tetap akan disajikan dengan pesona keindahan di atas ketinggian begitu sampai Puncak Sikendil.

Lokasi Gunung Kendil sempurna berada di sisi utara Gunung Sindoro yang mempunyai ketinggian 3.153 mdpl. Dari ketinggian sekitar 1.800 mdpl, Gunung Sindoro tampak bangkit begitu gagah. Selain menjulang tinggi ke langit, punggungan dan lembah Gunung Sindoro juga menambah panorama yang terlihat dikala mendaki Gunung Kendil.

Satu pemandangan yang paling mencolok dari Gunung Sindoro yaitu semacam bekas ajaran sungai raksasa yang hulunya berasal dari puncak. Aliran sungai kering ini tampak berliku dan begitu besar. Pemukiman penduduk sekitarnya terlihat sangat kecil.

Dari atas bukit akan tampak formasi gunung-gunung yang berjejer. Di sana, pengunjung dapat melihat Gunung Sindoro-Sumbing di sisi selatan dan Gunung Sigandul-Sibutak di sisi utara.

Lokasi Bukit Sikendil

Bukit Sikendil, Menyaksikan Sunrise Berhiaskan 4 Gunung
Image By @dina_septiana02

Bukit SiKendil bisa dijangkau dari Basecamp Pendakian Sikendil via Sibajag yang berada di Desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Basecamp ini juga terletak erat perbatasan dengan Kabupaten Wonosobo.

Lokasi Gunung Kendil tepat berada di sisi utara Gunung Sindoro yang memiliki ketinggian 3.153 mdpl. Jarak keduanya hanya dipisahkan oleh Jalan Tambi yang merupakan jalan alternatif Wonosobo-Temanggung.

Simak juga: Tempat Wisata di Sragen Terbaru


Rute Menuju Bukit Sikendil

Dari Kota Wonosobo, jarak menuju Basecamp Pendakian Gunung Kendil atau Sikendil adalah sekitar 19 kilometer. Jarak itu bisa ditempuh dalam waktu kurang-lebih 35 menit saat lalu-lintas normal.

Jika ditempuh dari Kota Wonosobo, rute awal menuju Basecamp Pendakian Gunung Kendil via Sibajag searah dengan jalur menuju daerah wisata Dataran Tinggi Dieng. Namun, perjalanan nanti tidak hingga Dieng.

Saat hingga di Pertigaan Rejosari, perjalanan dilanjutkan dengan belok kanan. Itu juga merupakan jalur menuju Kebun Teh Tambi dan Basecamp Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang atau Sikatok. Desa Sibajag nantinya akan dijumpai sehabis tempat Kebun Teh Tambi. Desa ini bersebelahan dengan Desa Sibajag yang masih berada di tempat Kabupaten Wonosobo.

Jika naik transportasi umum menuju Basecamp Pendakian Sikendil, pendaki mampu naik bus kecil dari Terminal Mendolo Wonosobo sampai Pertigaan Rejosari. Tarif bus biasanya Rp 20.000. Dari pertigaan Rejosari sampai tujuan, perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek. Biaya yang harus dibayarkan biasanya antara Rp 25.000 hingga Rp 30.000.

Simak juga: Tempat Wisata di Pemalang Terbaru


Jam Buka Bukit Sikendil

Basecamp Pendakian Gunung Kendil via Sibajag nantinya berada di pinggir. Telah tersedia plang petunjuk jalan. Basecamp buka selama 24 jam. Namun jikalau datang pada malam hari atau dini hari, pendaki harus membangunkan petugas basecamp.

Simak juga: Tempat Wisata di Kudus Terbaru


Tiket Bukit Sikendil

Tentu sebelum mulai mendaki Sikendil, pendaki harus mendaftar terlebih dahulu di basecamp. Harga tiket pendakian Gunung Kendil Rp 10.000 per orang. Pendaki yang membawa kendaraan langsung pun telah disediakan semacam garasi untuk parkir kendaraan.

Pendaki mampu menitipkan motor beserta helm di tempat yang telah disediakan. Jika membawa kendaraan beroda empat, garasi itu juga mampu digunakan sebagai daerah untuk menitipkan kendaraan beroda empat. Tarif penitipan kendaraan adalah Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 15.000 untuk mobil.

Simak juga: Tempat Wisata di Solo Terbaru


Fasilitas Bukit Sikendil

Fasilitas yang ada di Bukit Sikendil sudah cukup lengkap. Seperti sudah tersedianya area parkir, toilet, mushola, pendopo untuk istirahat, bahkan ada pondok pesantren. Pengunjung yang ingin terapi kesehatan sambil berwisata rohani dengan Air Minum Doa mampu menginap di pondok tersebut.

Melihat isu terkini pengunjung yang terus meningkat, pengelola berencana menambah beberapa akomodasi seperti rumah makan, camping ground, dan home stay.

Simak juga: Tempat Wisata di Semarang Terbaru


Daya Tarik Bukit Sikendil

    Sesuai untuk Pendaki Pemula

Gunung Kendil yang pas untuk pemula Gunung Kendil mampu dijadikan tujuan pendakian untuk para pendaki pemula. Jarak tempuh ke puncak relatif tak terlalu jauh. Menurut penuturan para pendaki, perjalanan ke puncak dari Basecamp Sibajag ke puncak sekitar 30 menit.

Mereka umumnya berangkat sehabis shalat Subuh. Saat datang di puncak, matahari masih belum muncul. Selain jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, kondisi jalur pendakian juga cukup terperinci dan lebar sehingga pendaki tidak perlu khawatir tersesat.

Perjalanan juga semakin dimudahkan dengan sudah lengkapnya papan petunjuk jalan. Hanya ada satu tanjakan yang cukup terjal sepanjang jalur pendakian Gunung Kendil ini. Tanjakan terjal itu berada sebelum puncak.

Bahkan, telah tersedia tali untuk membantu pendaki berpegangan. Meski demikian, tanjakan terjal itu masih cukup mudah untuk dilewati. Pendaki hanya perlu berhati-hati agar tidak sampai terjatuh dikala naik atau menuruni tanjakan tersebut.

Simak juga: Tempat Wisata di Purbalingga Terbaru


    Sunrise

Salah satu pemandangan yang menjadi tujuan para pendaki yaitu sunrise atau momen matahari terbit. Pemandangan ini menjadi salah satu yang bisa didapat pendaki di Bukit Sikendil. Hal itu alasannya sisi timur Bukit Sikendil merupakan bentang terbuka.

Pagi hari nan cerah pun menjadi ketika-saat yang dinantikan bagi para pendaki Bukit Sikendil. Momen matahari terbit benar-benar mampu disaksikan dengan sangat terperinci dikala muncul dari cakrawala timur. Sisi timur pun semakin indah alasannya adalah dihiasi oleh formasi pegunungan di Provinsi Jawa Tengah.

Ada empat gunung yang seolah berbaris dari utara ke selatan. Mulai dari paling selatan, ada Gunung Merapi, dilanjutkan dengan Gunung Merbabu di sebelah utaranya, dan Gunung Telomoyo yang paling pendek. Sementara itu Gunung Ungaran bangkit terpisah di sisi paling utara. Keberadaannya seolah menyendiri dari tiga gunung sebelumnya.

Satu hal yang paling memukau yakni, sunrise dan barisan pegunungan berada di atas lautan awan.

Biasanya pendaki gunung menentukan untuk berkemah di sekitar puncak agar mampu menikmati keindahan sunrise pada pagi harinya. Selain itu, ada pula pendaki yang mulai naik pada malam atau dini hari. Hal itu agar begitu hingga puncak, waktunya bertepatan dengan momen sunrise.

Simak juga: Tempat Wisata di Salatiga Terbaru


    Berkemah

Bagi pendaki yang ingin menikmati keindahan alam dari atas ketinggian, Gunung Kendil mampu menjadi pertimbangan untuk dikunjungi khususnya bagi pendaki maupun wisatawan pecinta alam. Di area Gunung Kendil ini bisa untuk berkemah mendirikan tenda maupun hanya sekedar untuk melaksanakan pendakian tektok bagi para pendaki.

Sensasi panorama alam yang menakjubkan saat sunrise dan pesona keindahan yang tak ada duanya. Pemandangan hijau di Gunung Buthak dan Gunung Sindoro tentu akan memanjakan mata apalagi jika ditambah gradasi biru langit beserta bercak awan putih yang melengkapi keindahan di Gunung Kendil tersebut.

Sungguh menarik.  Maka dari itu, tidak ada salahnya Gunung Kendil menjadi sebagai salah satu obyek wisata gunung yang patut untuk dikunjungi.

Simak juga: Tempat Wisata di Klaten Terbaru


Tips Mengunjungi Bukit Sikendil

Jika ingin lebih santai dalam menikmati Sunrise, pendaki bisa berkemah pada 1 hari sebelumnya. Ada daerah untuk mendirikan tenda yang ada di jalur antara Bukit Sikendil dengan Gunung Buthak.

Hindari mendaki pada demam isu penghujan, semoga perjalanan lebih gampang dan pemandangan matahari terbit tampak dengan sempurna.

Simak juga: Tempat Wisata di Magelang Terbaru


Objek Wisata Dekat Bukit Sikendil

Hanya berjarak beberapa ratus meter dari Bukit Sikendil, ada objek wisata Sibajag Green Canyon. Wisata ini menyuguhkan lanscap alam yang indah, berada di bawah Gunung Sindoro yang gagah menjulang. Sibajag Green Canyon mengusung konsep desain yang kekinian, Elegant Eco Village dan Ecoventure Canyon.

Temanggung juga mempunyai Posong Temanggung, menyuguhkan keindahan khas alam pegunungan yang begitu memanjakan mata. Pengunjung dapat melihat samudra awan pada paginya dan siangnya menerima pemandangan 7 Puncak gunung sekaligus yaitu Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Ungaran, Muria, Sumbing dan Sindoro.

Semoga artikel dari kami ini bermanfaat dan selamat menikmati hari libur yang menyenangkan.