Bukit Klangon Jogja, Melihat Keagungan Merapi dari Ketinggian 1100 meter

Bukit Klangon Jogja berada di kaki Gunung Merapi tepatnya pada ketinggian kurang lebih 1100 meter di atas permukaan maritim. Dari titik ini, pengunjung mampu menyaksikan pemandangan luar biasa dari Gunung Merapi. Juga bisa melihat betapa eksotis panorama alam di sekitar bukit.

Di lokasi tersebut sekarang tersedia gardu pandang yang terbuat dari kayu. Dari atas gardu pandang tersebut, gunung merapi semakin terlihat aktual dengan bentang alam disekitarnya yang mempesona. Dari Bukit Klangon ini juga sering diadakan event downhill. Saat ini Bukit Klangon menjadi spot favorit pecinta montain bike.

Banyak para bikers yang mencoba trek downhill dari Bukit Klangon. Treknya cukup menantang dan memacu adrenalin mulai dari tikungan tikungan tajam dengan jurang bekas aliran lava di kanan kirinya, hutan, perkebunan dan terakhir melewati perkampungan warga. Udaranya yang sejuk dan jauh dari polusi, menciptakan Anda mampu betah berlama Lama.

Bukit Klangon ini juga sangat cocok digunakan untuk berkemah atau camping. Jika anda berencana untuk berwisata di Bukit Klangon sebaiknya berangkat pagi-pagi, alasannya terkadang kalau siang hari Gunung Merapi terkadang tidak terlihat atau tertutup awan.

Lokasi Bukit Klangon Jogja

Bukit Klangon Jogja, Melihat Keagungan Merapi dari Ketinggian 1100 meter
Image By: wisata.cyou

Lokasi tepatnya bukit klangon Jogja berada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi Bukit Klangon cukup terjangkau dan mudah ditemukan, tetapi lokasi wisata Bukit Klangon berada sekitar 36 km dari sentra kota Yogyakarta.

Simak juga: Pantai Kesirat, Unik dan Sulit Dilupakan


Rute Menuju Bukit Klangon Jogja

Rute menuju wisata Bukit Klangon Jogja cukup terjangkau dan jalan menuju Bukit Klangon sudah layak untuk dilewati. Jika anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke barat melewati jl kh ahmad dahlan sampai pertigaan belok ke utara melewati jl bhayangkara lurus terus sampai melewati jl jogonegaran.

Sampai perempatan ke barat melewati jl kemetiran kidul hingga perempatan ke utara melewati jl letjen suprapto lurus terus, kemudian belok ke kanan melewati jl tentara rakyat mataram lurus terus, lalu menuju jl magelang jalan terus kemudian melewati bundaran belok ke timur melewati jl padjajaran.

Sampai perempatan ke kiri melewati jl kaliurang lurus terus hingga melewati jl pamungkas, sampai pertigaan ke timur melewati jl grogolan lurus terus hingga pertigaan ke utara melewati jl pasar butuh ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke obyek wisata Bukit Klangon.

Jarak yang ditemuh dari pusat 0 km kota Jogja ke Bukit Klangon cukup jauh adalah sekitar 36,9 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari sentra 0 km Kota Jogja ke Bukit Klangon sekitar 1 jam 19 menit.

Simak juga: Tempat Wisata di Bantul Terbaru


Jam Buka Bukit Klangon Jogja

Kawasan wisata bukit Klangon Jogja ini tidak mempunyai jam operasional. Objek wisata ini selalu buka selama 24 jam. Sehingga, pengunjung mampu menikmati keindahannya di waktu kapanpun.

Simak juga: Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru


Tiket Bukit Klangon Jogja

Untuk dapat menikmati kesegaran udara dan indahnya pemandangan, pengunjung akan dikenakan tarif masuk. Begitu juga jika berencana berkemah di sini. Namun tenang saja harga tiket masuknya juga sangat murah.

Unutk tiket masuk dikenakan hanya Rp 5.000 saja. Sednagkan tiket berkemah, dikenakan Rp 10.000.

Simak juga: Tempat Wisata di Jogja Terbaru


Fasilitas Bukit Klangon Jogja

Fasilitas di wisata ini sudah cukup lengkap terdapat kamar mandi, mushola, gazebo, hingga warung makan.

Simak juga: Tempat Wisata di Sleman Terbaru


Daya Tarik Bukit Klangon Jogja

    Bukit yang indah

Nama asli dari Bukit Klangon ini adalah Wisata Alam Bukit Glagaharjo, tetpi para pengguna media umum biasa menyebutnya Bukit Klangon. Bukit Klangon menerima kontribusi pengembangan wisata minat khusus oleh Rotary International.

Itulah yang menjadikan ada yang menyebut bukit ini dengan nama Gardu Pandang Rotary. Hal ini dikarenakan karena gardu pandang ini merupakan donasi dari Rotary Internasional. Gardu pandang ini memiliki ketinggian 5 meter dan cukup besar lengan berkuasa.

Tidak hanya sejuk, namun di sini juga pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan. Hamparan perkebunan milik warga dengan tumbuhan yang subur. Ditambah pepohonan yang tumbuh tanpa ampun, seolah menjadi pagar alam di wilayahnya.

Bukit Klangon Merapi mengusung wisata gardu pandang sebagai konsep utama. Berbeda dengan wisata-wisata yang mempunyai konsep sama, pemandangan gardu pandang di Bukit Klangon terlihat eksotis alasannya adalah memiliki pemandangan Gunung Merapi.

Di sini pengunjung disuguhkan pemandangan luar biasa dari Gunung Merapi. Kita bisa melihat gunung berapi aktif ini dengan jarak yang begitu bersahabat. Kita tak perlu mendaki hingga puncaknya alasannya di Bukit Klangon ini kita sudah bisa melihat puncak Gunung Merapi dengan cukup terang.

Simak juga: Wisata Pantai Terhits di Jogja


    Lintasan Sepeda Gunung

Selain gardu pandang itu di Bukit Klangon dulunya dikenal sebagai kawasan downhill. Tempat ini dikembangkan sebagai lintasan sirkuit downhill untuk pembalap sepeda gunung. Di Bukit Klangon ini juga sering mengadakan acara balapan untuk sepeda tingkat regional maupun nasional.

Saat ini Bukit Klangon merupakan satu-satunya lintasan sirkuit downhill terbaik di Kota Yogyakarta. Obyek wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan kala liburan dan menghilangkan penat.

Pada pagi hari yang terlihat dari Bukit Klangon ini menciptakan pagi hari menjadi berbeda dan terasa istimewa. Selain pagi hari, pengunjung juga dapat bersepeda sambil menikati suasana Bukit Klangon pada sore hari.

Di Bukit Klangon menyediakan track sepanjang 20 km untuk yang mempunyai hobi bersepeda dengan medan yang memicu adrenalin. Perjalanan track sepeda ini biasanya memakan waktus sekitar 1,5 jam.

Simak juga: Tempat Makan di Jogja Paling Enak


    Tracking

Bukit Klangon biasa dijadikan kawasan untuk tracking dan mendaki yang ramah untuk pemula. Bahkan kita juga bisa menemui anak-anak yang mendaki ke Bukit Klangon ini. Sepanjang perjalanan mendaki pengunjung akan disuguhi pemandangan Merapi yang megah.

Jika beruntung pengunjung akan bertemu dengan satwa-satwa hutan Merapi mirip burung kepodang, burung madu gunung, mLama, sampai simpanse. Kawasan sekitar Bukit Klangon memang dijadikan sebagai salah satu hutan konservasi di Yogyakarta.

Acara mendaki akan semakin asyik, sebab pengunjung ditemani dengan musik khas hutan. Yaitu bunyi – bunyi burung serta serangga yang bersahutan.

Sambil mendaki, pengunjung juga mampu melihat Gunung Merapi. Bahkan dikala aktif, erupsi dan aktivitas Gunung Merapi mampu dipantau terperinci dari sini. Jarak Bukit Klangon dari Gunung Merapi hanya 4 -5 kilometer saja.

Simak juga: Oleh-Oleh Khas Jogja yang Wajib Anda Bawa Pulang


    Camping

Tidak hanya mendaki, pengunjung yang bahagia dengan acara alam, dapat mencoba berkemah atau camping di Bukit Klangon. Di sini, terdapat area landai yang dipakai sebagai lokasi kemah. Merasakan sensasi berkemah di atas bukit dengan pemandangan Gunung Merapi.

Pengunjung harus mengunjungi pengelola terlebih dahulu. Ditambah lagi membayar biaya Rp10.000 untuk berkemah.

Unutk yang berkemah, pastikan menyiapkan pakaian tebal. Karena dengan ketinggian 1000 meter lebih, udara di lokasi ini pada di malam dan pagi hari akan terasa masbodoh menusuk tulang.

Simak juga: Minuman & Makanan Khas Jogja


Objek Wisata Dekat Bukit Klangon Jogja

Walau hanya sebuah kecamatan, cangkringan memiliki beraneka ragam pilihan objek wisata, dan umumnya berkaitan dengan keindahan panorama alam dataran tingginya yang akrab dengan gunung merapi.

Yang pertama, cangkringan mempunyai The Lost World Castle. Objek wsata ini menunjukkan keindahan berupa bangunan mirip Benteng Takeshi. Wahana-wahana di sini memanfaatkan batu sisa erupsi Merapi sebagai bahan bakunya. Saat kabut turun, suasana jadi makin menarik untuk latar foto.

Kemudian cangkringan juga mempunyai Objek wisata Stonehange Jogja. Struktur seperti tempat bersejarah di Inggris tersebut ternyata bangkit dengan memanfaatkan batuan sisa erupsi Merapi. Waktu terbaik berkunjung adalah pada waktu siang hari. Di dikala itu sinar matahari akan membuat bangunan ini menjadi indah sekali.

Demikian sudah kita obrolkan info lengkap seputar objek wisata Bukit Klangon Jogja. Semoga memperlihatkan rujukan berarti bagi penyempurnaan rencana jalan-jalan kalian. Terimakasih.

Lebih baru Lebih lama