Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukit Gebang Menikmati Keindahan Bangka dari Ketinggian 400 Meter

Di puncak Bukit Gebang Bangka, para pengunjung akan disuguhi pemandangan hijau dan formasi pohon merica yang menjalar tinggi. Di beberapa bagian juga mampu disaksikan batu granit yang menjulang tinggi nan kokoh.

Awalnya lahan di bukit ini tidak terkelola. Bahkan sempat ada pengusaha yang ingin membeli batu-watu granit disini dengan cara diledakkan. Namun cowok desa menolak dan memilih mengembangkannya dengan pendekatan pariwisata.

Dari semangat itu, balasannya komunitas perjaka mulai menata dan membangun sejumlah spot foto menarik. Kuncinya yakni indah di foto dan dipromosikan melalui media sosial. Atau istilah mudahnya ialah “Instagrammable”.

Keindahan yang ditawarkan selalu mampu merayu kaki untuk menapaki setiap sudut bukit. Para pengunjung bisa dengan terang menyaksikan keindahan alam Pulau Bangka dari ketinggian sekitar 400 mdpl.

Untuk meningkatkan minat pengunjung, pengelola juga menciptakan beberapa spot foto yang instagramable di tempat wisata ini. Mereka terinspirasi dari konsep yang ada di wisata Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta.

Untuk dikala ini ada lima spot foto Instagramable yang berada di Bukit Gebang, di mana 3 di antaranya yakni spot favorit para pengunjung.

Lokasi Bukit Gebang

Bukit Gebang Menikmati Keindahan Bangka dari Ketinggian 400 Meter
Image By republika.co.id
Obyek wisata Bukit Gebang yang mempesona ini terletak di Desa Nangka, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dari ibu kota kabupaten Bangka Selatan, Yakni Kota Taboali, lokasi wisata panorama ini berjarak 43 km. Atau sekitar 1 jam perjalanan kendaraan bermotor.

Simak juga: Wisata Pantai di Belitung yang Eksotis


Rute Menuju Bukit Gebang

Cukup mudah untuk menemukan destinasi wisata yang satu ini. Dari ibu kota Provinsi Bangka Belitung, Pangkal Pinang, para pengunjung hanya perlu menempuh jarak sejauh 72 km menuju ke arah barat maritim dengan waktu perjalanan kurang lebih selama 1 jam 30 menit.

Ketika hingga di jalan raya Pangkalpinang-Toboali kilometer 72, para pengunjung harus belok kiri dan kemudian masuk menuju Desa Nangka yang jauhnya sekitar 4 kilometer.

Meskipun harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, namun perjalananmu dijamin akan terasa menyenangkan karena bakal disuguhi dengan pemandangan alam yang menawan khas Pulau Bangka serta deretan perkebunan kelapa sawit.

Kemudian sesudah hingga di kaki bukit, para pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan dengan mendaki hingga ke puncak. Jika tidak ingin bersusah payah juga telah disediakan jasa ojek dengan tarif sekitar 5 ribu sampai 10 ribu rupiah.

Simak juga: Tempat Wisata di Pulau Bangka


Jam Buka Bukit Gebang

Lokasi wisata daerah berburu foto instagramable ini buka setiap hari, dari Senin sampai Minggu. Lokasi ini dibuka untuk kunjungan mulai dari jam 08.00 pagi sampai jam 17.00 di sore hari. Walau sepertinya suasana malam di bukit ini akan sangat indah, namun pengelola belum mengembangkan wisata malam di lokasi ini.

Simak juga: Pantai di Bangka yang Terindah


Tiket Bukit Gebang

Untuk masuk ke lokasi bukit gebang, pengunjung tidak di pungut biaya oleh pengelola. Pengunjung cukup membayar uang parkir kendaraan atau ojek untuk mencapai bukit gebang. Biaya untuk pembayaran ojek berkisar Rp 5.000 sampai Rp 10.000 rupiah.

Namun kalau anda ingin menaiki bukit dengan menggunakan jalan kaki, pengunjung tidak perlu membayar biaya Ojek.

Simak juga: Wisata Alam Favorit yang Unik di Karawang


Fasilitas Bukit Gebang

Untuk akomodasi penunjang wisata, pengelola bukit gebang masih terus melakukan pengembangan dan perbaikan. Untuk dikala ini, kemudahan umum yang sudah ada hanya pangkalan ojek, toilet dan mushola. kemudahan lainnya yang mampu anda gunakan yaitu spot-spot untuk berfoto melihat pemandangan bersama sobat, pacar dan keluarga anda.

Simak juga: Wisata Pantai di Belitung yang Eksotis


Daya Tarik Bukit Gebang

    Panorama Alam

Warna merah dari beberapa buah merica yang Baru saja matang menawarkan kontras warna yang semakin indah untuk dipandang. Merayu kaki untuk melangkah semakin dalam menyusuri bentangan lahan karet seluas 10 hektare sebelum akhirnya hingga di puncak bukit.

Ketika datang di atas Bukit Gebang, pemandangan yang terlihat seperti banyak pohon besar seperti pohon durian, lada, karet milik warga yang tumbuh di pinggiran bukitnya. Bila cerah, lautan di sebelah utara.

Wisata bukit gebang ini seakan seperti memasukin sebuah labirin yang dimana terdapat banyaknya pohon merica. di atas bukit anda akan menemukan bebatuan granit menjulang seolah-olah sebagai pondasi bukit gebang itu sendiri.

Ketika cuaca sedang cerah, pengunjung bisa melihat lautan serta Pulau Mentawai di sebelah utara bukit. Sedangkan di sebelah selatan pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan yang menawan dari perkebunan milik warga.

Simak juga: Tempat Wisata di Bengkalis Terbaru


    Spot Foto

Hingga ketika ini, sedikitnya ada lima spot foto yang semuanya menjadi favorit wisatawan. Diantaranya ialah spot bertuliskan “I Love u” yang berada di sisi sebelah kiri dari pintu masuk Bukit Gebang.  Lokasinya yang berada sedikit di bawah menyebabkan spot foto ini incaran wisatawan.

Dari sudut pengambilan gambar yang telah disiapkan, pengunjung seakan-akan berada sejajar dengan bentangan alam yang terhampar dari bukit ini.

Kemudian yang kedua yaitu jembatan yang menjorok ke depan bukit. Berada di spot ini akan menawarkan sensasi yang mengasyikkan. Apalagi jikalau dalam suasana senja dengan warna langit yang kemerahan. Sungguh menyajikan suasana menuju gerbang keindahan.

Satu lagi yang jadi spot favorit adalah rumah pohon. Menuju spot foto ini, pengunjung akan diajak sedikit untuk memacu adrenaline. Untuk mencapai spot ini, pengunjung lebih dulu harus merangkak naik ke atas satu kerikil granit yang besar. Sebelum kemudian meniti tangga kayu ke rumah pohon yang ada sekitar 2 meter di atasnya.

Buat yang tidak biasa, menaiki spot yang satu ini bakal membuat jantung sedikit berdegup kencang. Namun proses tidak akan pernah mengkhianati hasil. Ketika sampai di atas, pemandangan yang jauh lebih indah menjadi hadiah.

Uutk semua spot foto itu, pengelola sudah menyiapkan alat keamanan yang akan menciptakan pengunjung terjaga selama berada di atas. Saat kondisi ramai, pengunjung dibatasi 5 sampai 10 menit berada di Spot.

Simak juga: Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru


Objek Wisata Dekat Bukit Gebang

Bukit indah mempesona di Bangka Selatan, tidak hanya bukit gebang. Ada satu lagi bukit wisata yang tidak aklah mempesona, yaitu Bukit Nenek.

Memiliki ketinggian sekitar 380 mdpl membuat tempat ini berbeda dari pemandangan alam biasanya. Pengunjung dapat melihat indahnya hamparan hutan hijau dari atas bukit dan mengabadikan momen indah langka di tempat ini.

Kabupaten Bangka Selatan, selain memiliki wisata perbukitan, juga memilki beberapa objek wisata lain. Salah satunya ialah Pantai Tanjung Kerasak. Pantai ini mempunyai pasir halus berwarna putih dengan pemandangan air jernih berwarna kebiruan.

Tak hanya itu, pemandangan kerikil granit yang berbaris di pinggir pantai menciptakan daya tarik unik tersendiri. Pengunjung yang tiba ke sini dapat menikmati air maritim yang segar ataupun berswafoto di sela watu-kerikil granit yang ada di sekitar pantai.

Bagaimana, apakah kau tertarik berkunjung ke Bukit Gebang? Dengan keindahan dan akomodasi yang ditawarkan, berkunjung ke Bukit Gebang yakni suatu keharusan bagi warga Pulau Bangka, Pulau Belitung, bahkan seluruh Indonesia.