Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Tanggedu, Grand Canyon dari Sumba Timur

Air Terjun Tanggedu tampil mempesona dengan tebing-tebing curam yang berada di samping kanan kirinya. Air Terjun Tanggedu bangkit anggundi balik tebing-tebing terjal tersebut.  Air terjun ini memiliki karakteristik tersendiri, dengan air yang bening kebiru-biruan menciptakan air terjun ini indah luar biasa.

Kepopuleran Keberadaan Air Terjun Tanggedu, jeram yang lokasinya tersembunyi dari hiruk pikuk kota ini juga dipengaruhi oleh penyebaran isu yang sangat cepat di sosial media. Keindahan Air Terjun ini cepat sekali populer melalui Instagram.

Kecepatan penyebaran ini tidka terlepas dari kecantikan spot petualangan ini luar biasa. Keindahan alamnya yang memukau dan masih asri dan terjaga alasannya terhindari dari jangkauan tangan-tangan jahil, menciptakan Air Terjun Tanggedu ini infinit keindahannya.

Debit air yang cukup deras menggoda sekali untuk melaksanakan body rafting atau tubing di sini. Terlebih, air sungai di sini tidak terlalu dalam, sehingga cukup apik untuk melaksanakan aBarui seru tersebut.

Lokasi Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu, Grand Canyon dari Sumba Timur
(Foto: Instagram/@marlyenrezekitulle)

Air Terjun Tanggedu adalah sebuah gerojokan yang terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Jaraknya hanya sekitar 46 km atau 1,5 jam berkendara dari sentra kota Waingapu. Terletak di Desa Tanggedu, pengunjung harus trekking selama 30-45 menit melintasi medan menantang untuk mencapai nirwana tersembunyi itu.


Rute Menuju Air Terjun Tanggedu

Untuk mencapai Air Terjun Tanggedu, membutuhkan perjuangan yang cukup panjang untuk bisa datang di sini. Diawali dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari pusat kota Waingapu. Terlebih jalanan yang dilewati cukup memacu adrenalin, harus naik turun semacam bukit dengan kanan kiri yaitu jurang.

Pada trend penghujan, pada beberapa titik terkadang pengunjung harus turund ari kendaraan beroda empat. Karena ada beberapa jalan yang longsor. Sesampainya di desa terakhir, desa Tanggedu, pengunjung masih masih harus berjuang.

Dari desa tanggedu, perjalanan sepanjang 2,5 km pun dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui Mondu dan Kampung Adat Painatang. Perjalanan ini menyeberangi kali kecil, membelah padang savana, menyelusuri padang luas, dan naik turun bukit-bukit.

Perjuangan panjang pun berakhir kebahagiaan, ketika datang di riam.


Jam Buka Air Terjun Tanggedu

Air terjun Tenggedu terbuka 24 jam sehari, untuk mendapatkan kujungan wisatawan.


Tiket Air Terjun Tanggedu

Untuk masuk ke dalam lingkungan gerojokan Tanggedu yang indah ini, pengunjung cukup membayar tiket seharga Rp 2.000.


Fasilitas Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar. Sepertinya, pemerintah setempat belum tertarik dengan keindahan yang luar biasa di Air Terjun Tanggedu. Padahal spot petualangan ini adalah sebuah potensi yang baik dan manis.

Hal tersebut mampu dilihat dari kemudahan yang ada di sana. Memang, sekedar warung makan dan kamar mandi sudah ada. Namun, untuk yang ingin menghabiskan waktu lebih Lama di sini, harus menginap di luar daerah, atau meminta rumah masyarakat di sana untuk menjadi guesthouse.


Daya Tarik Air Terjun Tanggedu

    Air terjun yang mempesona

Berada di balik bukit di antara tebing-tebing, Air Terjun Tanggedu seperti harta karun yang menunggu untuk ditemukan. Selain airnya yang sejuk menyegarkan, lingkungan Air Terjun yang masih asri dan terdiri atas bebatuan mirip relief, menimbulkan Air Terjun Tanggedu ini unik dan menarik.

Siapa pun yang mendatangi lokasi ini, pasti menyempatkan diri untuk berfoto.

Air Terjun Tanggedu dikenal juga dengan nama twin canyon. Hal ini disebabkan oleh batuan yang menghiasi daerah ini beserta aliran airnya yang memukau. Air Terjun ini memiliki dua sumber air yang berbeda, hal ini pula yang menyebabkan warna air berbeda.


    Dikelilingi Tebing dan bukit hijau

Hal menarik lain dari Tanggedu yakni posisinya diapit tebing tinggi. Kehadiran bentang alam ini seolah memberi ruang dan celah sebagai daerah mengalirnya air. Spot unik ini sering dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto. Hasilnya tentu saja sangat keren dan layak untuk memperindah feed Instagram.

Destinasi ini bisa dibilang sajikan keindahan alam unik dan asri. Bagaimana tidak, kawasan sekitarnya dikelilingi pepohonan hijau dan perbukitan. Hal ini tentu saja membuat suasana sekitar terasa makin adem dan asri.

Pengunjung mampu santai berlama-lama mengagumi riam sembari dimanja belaian lembut udara sejuk.


    Grand Canyon dari Sumba

Air Terjun Tanggedu kerap disebut sebagai Grand Canyon dari Sumba Timur. Sebab tebing-tebing di sekitarnya membentuk relief indah seperti di Grand Canyon, Amerika Serikat.

Berbeda dengan penderasan kebanyakan, Tanggedu mengalir dari ketinggian rendah. Hanya sekitar 8 meter. Namun, kucurannya cukup deras. Kecantikannya tentu kerap menjadi spot foto yang ciamik bagi pengunjung.


    Kolam pemandian alam

Berkunjung ke Air Terjun Tanggedu, pengunjung akan menemukan banyak bebatuan. Semuanya terlihat memiliki warna unik dan secara alami membentuk ruang untuk mengalirnya air. Permukaannya terlihat jernih dan higienis. Air mengalir di atas bebatuan dan membentuk kolam pemandian alami yang indah.

Jangan lupa untuk membawa baju ganti sebab pengunjung tidak akan tahan untuk tidak bermain air di Air Terjun Tanggedu. Air Terjun Tanggedu mengalir turun ke bak alami yang seakan mengundang pengunjung untuk berenang di sana. Karena riam ini tak terlalu tinggi, pengunjung bahkan bisa melompat dari atasnya.

Tanggedu mempunyai air bersih dan jernih. Pengunjung bisa berendam sepuasnya sambil nikmati suasana hening dan asri di sekitarnya. Tak hanya itu, pesona alam di sekitarnya juga masih terjaga. Pesona unik air terjun ini bahkan kerap disamakan dengan Grand Canyon, taman nasional pertama di Amerika Serikat.


Objek Wisata Dekat Air Terjun Tanggedu

Selain jeram ini, sumba  timur menyimpan banyak keindahana lam lain yang atut dijelajah. Kaprikornus semoga perjalanan jauh ke pulau sumba tidak mubasir, ada baiknya sekaligus mengunjungi beberapa objek di kabupaten sumba timur.

Yang cukup terkenal ada Bukit Warinding. Ada dua aktivitas menarik yang dilarang dilewatkan ketika berada di Bukit Warinding adalah, momen matahari terbit, dan momen matahari karam. Bisa dibayangkan seperti apa indahanya sinar matahari yang terlihat kemerahan, lalu tenggelam di hamparan padang rumput dan deretan bukit yang berdiri megah.

Untuk objek pantai, yang terkenal di sumba timur adalah Pantai Walakiri. Dua hal yang unik di Pantai tempat wisata Sumba ini ialah pasir dan pohon menari. Ada dua jenis tekstur pesisir di pantai kawasan wisata Sumba ini. Yakni antara pasir di tepi pantai dan pasir di area bekas maritim yang surut.

Nah bagaimana? Apakah anda ingin tau dengan keindahan yang ada di Air Terjun Tanggedu ini? Apakah air terjun ini sudah masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan?

Kalau iya, pribadi saja nih lo siapkan hari libur, siapkan juga budget secukupnya, berkemas dan eksklusif saja berangkat!