Air Terjun Tancak, Guyuran Kesegaran Dari Air Terjun Tertinggi di Jember

Air terjun Tancak setinggi 82 meter ini lokasinya yang berada di bawah kaki gunung pasang. Hal ini membuat wisata ini memiliki udara yang sejuk. Selama berada di area air terjun, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hijau perkebunan.

Untuk menuju Air terjun Tancak, pengunjung mesti berjalan kaki melewati jalan setapak yang cukup menanjak dan menantang. Sepanjang perjalanan trekking ini, pemandangan alam pegunungan dan perkebunan kopi yang indah selalu setia menemani.

Air yang tercurah di air terjun ini sangat jernih, masbodoh dan menyegarkan. Di bawah teladas tancak ini terdapat sebuah bak yang mampu digunakan untuk menceburkan diri maupun bermain main. Pengunjung yang tiba berkesempatan untuk mencicipi segarnya berendam di kolam gerojokan.

Pemandangan hijau sekitar juga sangat keren buat pengambilan foto-foto, apalagi kalau berkunjung tiba bersama teman-sobat, pasti jadi lebih mengesankan.

Lokasi Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak, Guyuran Kesegaran Dari Air Terjun Tertinggi di Jember
foto: https://www.instagram.com/dina_bioclass/

Letak Air Terjun Tancak berada di tempat perbukitan Tancak, Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Banyak yang menyebut bahwa Air Terjun Tancak ini, merupakan penderasan yang jatuh dari langit.


Rute Menuju Air Terjun Tancak

Air terjun Tancak mampu dicapai dengan menggunakan kendaraan beroda empat maupun sepeda motor. Melewati PDP Jember, yang selanjutnya menyusuri sepanjang jalan berbatu atau makadam dan jalan setapak di area kebun kopi. Pada ketika musim kopi berbunga, sepanjang perjalanan indera kita akan dimanjakan oleh semerbak harum bunga kopi.

Untuk mencapai Air Terjun Tancak rutenya relatif dekat, sekitar 16 km dari Kota Jember. Rute itu dapat ditempuh dengan kendaraan langsung. Setelah sampai di Gunung Pasang, kendaraan harus dititipkan ke rumah-rumah penduduk, alasannya adalah jalannya memang tidak bisa dijangkau dengan kendaraan.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan-jalan setapak yang jaraknya kurang lebih sekitar 4 kilometer. Selama perjalanan itu, pengunjung akan disuguhi pemandangan Agro Wisata Kopi Kebun Gunung Pasang.

Pengunjung juga bsia menikmati pemandangan pemetik kopi dilatarbelakangi dengan gunung pasang.


Jam Buka Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak buka seharian alias 24 jam. Lokasi wisata ini buka sepanjang minggu.


Tiket Air Terjun Tancak

Untuk tiket masuk ke objek wisata Air Terjun Tancak, pengunjung hanya membayar tiket Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan beroda empat.


Fasilitas Air Terjun Tancak

Karena Wisata Air Terjun ini merupakan wisata alam, jadi untuk fasilitas mirip rumah makan dan kemudahan lainnya sangatlah minim. Ada beberapa warung makan milik penduduk setempat yang berada di taman bermain sebelum masuk ke wilayah afdeling Gunung Pasang.

Untuk menginap pengunjung bisa memlih alternatif berkemah di bersahabat Air Terjun.


Daya Tarik Air Terjun Tancak

    Air terjun tertinggi di Jember

Air terjun ini berada di tengah-tengah perkebunan kopi dan hutan lindung Perum Perhutani Petak 57 B, memiliki ketinggian 82 meter dan merupakan teladas tertinggi di Jember. Airnya sangat jernih, dan dapat dinikmati sepanjang tahun alasannya adalah pasokan airnya relatif stabil.

Air terjun terlihat gagah dengan debit air rata-rata 150 meter kubik/detik pada saat isu terkini puncaknya. Di sekitar penderasan tancak akan disuguhi pemandangan tebing tinggi yang ditumbuhi tanaman semak belukar yang masih alami. Percikan air yang terjun bebas dari tebing, memberi rasa segar dan sejuk.

Di lokasi wisata ini mampu melakukan acara mandi dan berenang, Namun, disarankan hanya di tepi bak, jangan hingga tengah dan tentunya tetap waspada.


    Di tengah kebun Kopi

Air terjun Tancak bisa dicapai dengan memakai mobil maupun sepeda motor. Melewati PDP Jember, yang selanjutnya menyusuri sepanjang jalan berbatu atau makadam dan jalan setapak di area kebun kopi.

Pada saat isu terkini kopi berbunga, sepanjang perjalanan, indera penciuman pengunjung, akan dimanjakan oleh semerbak harum bunga kopi. Juga akan banyak dijumpai disepanjang perjalanan kotoran luwak berbentuk biji kopi.

Kotoran luwak merupakan kotoran hewan termahal di dunia, begitu diolah menjadi jenis kopi luwak.


    Lingkungan yang Asri

Hembusan angin yang sejuk dan air yang segar, membuat kita bisa betah berlama-Lama di lokasi ini. Karena alamnya yang masih asri, masih banyak dijumpai satwa-satwa liar mirip burung jalak, simpanse, dan bahkan elang Jawa.

Hembusan udara yang cukup sejuk dan segar yang khas kawasan perkebunan, dan akan ditemani beberapa kicauan burung-burung semakin membuat anda betah berlama-Lama di sini.

Pengunjung umumnya berkomentar soal Airnya Segar, air terjunnya masih sangat bersih, udaranya sejuk,  dan mereka suka meski Baru pertama kali kelokasi penderasan Tancak ini.

Agar mendapat cuaca yang baik serta mampu menikmati pemandangan di Air Terjun Tancak dengan nyaman, sebaiknya berkunjung pada ekspresi dominan kemarau. Sebab, di demam isu hujan kondisi jalan setapak sangat becek dan licin.


    Berburu Foto

Mengunjungi kawasan wisata dikala ini sudah menjadi gaya dan pujian. Apalagi dengan adanya sosial media, pamer foto seakan jadi hal yang wajib. Ada beberapa cara pose yang unik dan menarik untuk mengmabil foto di Air terjun.

Walau Datang ke jeram dikala cuaca sedang gerimis bukan berarti tidak bisa foto. Jika ingin menggunakan jas hujan atau mantel, pilih  dengan warna yang cerah mirip merah dan biru. Agar hasil di foto nampak menonjol di antara keindahan alam.

Tripod merupakan alat wajib untuk fotografi pemandangan, tak terkecuali untuk foto teladas. Tripod memastikan foto tidak blur alasannya shutter speed yang lambat. Banyak jenis tripod, pada umumnya, tripod yang kokoh dan ringan itu yang terbaik untuk fotografi pemandangan teladas.


Tips Mengunjungi Air Terjun Tancak

Berlibur ke Air Terjun Tancak pasti akan jadi pengalaman yang tak terlupakan. Tapi untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, pengunjung sebaiknya mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Fisik yang Prima

Kondisi tubuhmu harus dalam keadaan fit sebelum berangkat. Perjalanan menuju Air Terjun Tancak membutuhkan banyak energi dan pasti akan sangat melelahkan.Ada jalur trekking naik turun bukit dan melewati jalanan berbatu.

  • Bawa Bekal Makan dan Minum

Berjalan kaki dalam waktu Lama niscaya akan membuatmu kehausan. Sedangkan untuk bekal makanan, bisa menyantapnya ketika sudah sampai di lokasi teladas.

  • Berangkat Saat Musim Kemarau

Menurut pengalaman sejumlah orang, jalan menuju penderasan lebih berbahaya saat sedang musim penghujan. Jalanan akan berubah becek dan kamu pun lebih mudah terpeleset.

  • Pakai Busana yang Memadai

Jangan sampai salah kostum dikala akan berlibur ke Air Terjun Tancak. Bagi yang perempuan, sebaiknya hindari menggunakan rok agar lebih mudah bergerak dikala menyusuri bukit. Jangan lupa juga menggunakan sepatu/sandal gunung untuk memudahkan berjalan kaki.


Objek Wisata Dekat Air Terjun Tancak

Masih di area kecamatan Pati, dalam jarak hanya 4 km, terdapat objek wisata Agrowisata Gunung pasang. Hamparan pepohonan dan juga beberapa rumah warga terlihat jelas ketika dilihat dari jalan menuju ke daerah wisata gunung pasang.

Di wisata alam Taman Gunung Pasang ini pengunjung disuguhkan dengan ajaran sungai yang jernih dan segar dari kaki gunung. Tempat ini juga bisa dipakai untuk sport foto, bermain air, bahkan untuk mandi.

Sedikit lebih jauh, dalam jarak 17 km, terdapat Objek wisata Sukorambi Botanical Garden. Taman ini dikelilingi oleh sawah dan sebagian wilayahnya merupakan hutan. Selain tempat wisata alam flora dan fauna, taman botani ini juga mempunyai kolam ikan, kolam renang, kafe dan restoran dua lantai. Aktivitas rekreasi di lokasi ini meliputi olahraga air dan flying fox.

Semoga review dari kami ini mampu menambah wawasan rekan-rekan yang ingin berkunjung ke daerah wisata jeram Tancak Kabupaten Jember ini. Untuk berita kawasan wisata alam yang keren dan popular lainnya pantau terus blog west-java.com.

Selamat Berlibur!

Lebih baru Lebih lama