Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Sigura Gura, Pesona Air terjun Tertinggi di Indonesia

Dengan ketinggian mencapai 250 meter, Air Terjun Sigura gura merupakan yang tertinggi di Indonesia. Angka ini mengalahkan Air Terjun Madakaripura (200 meter) dan Air Terjun Payakumbuh (150 meter) yang berada di Sumatera Barat.

Dihiasi tebing-tebing di sekelilingnya serta flora liar membuat Air Terjun Sigura-gura ini terlihat eksotis meski dari kejauhan, bahkan bunyi dentuman air yang mengalir deras turut menyejukkan telinga. Aliran air ini rupanya bersumber dari Sungai Asahan, sementara Sungai Asahan sendiri berasal dari Danau Toba.

Kawasan Sigura-Gura tidak hanya sebatas gerojokan manis ataupun bendungan saja. Tetapi lebih dari itu, tempat sigura-gura mempunyai landscape alam yang menawan. Letaknya yang tidak terlalu jauh dengan objek wisata Danau Toba membuat teladas ini selalu ramai dikunjungi.

Siapapun yang berkunjung pastinya akan mencicipi sensasi sejuk sehingga bisa menimbulkan badan dan pikiran kembali fresh. Dari kejauhan, Air Terjun Sigura-gura akan terlihat mirip jeram raksasa. Bahkan dari kejauhan pun, bunyi dentuman airnya akan terdengar dengan terperinci.

Lokasi Air Terjun Sigura Gura

Air Terjun Sigura Gura, Pesona Air terjun Tertinggi di Indonesia
Image By goodnewsfromindonesia.id

Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Lokasi ini merupakan dataran tinggi di pinggiran Danau Toba.

Jika dihitung dari kota medan Air Terjun Sigura GUra berjarak sekitar 250 km dari pusat Kota Medan.


Rute Menuju Air Terjun Sigura Gura

Untuk hingga di daerah wisata Air Terjun Sigura-Gura, pengunjung yang berada di Kota Medan perlu melakukan perjalanan menuju Kabupaten Toba Samosir. Jarak antara Kota Medan dan Kabupaten Toba Samosir sekitar 250 km.

Pengunjung yang dari luar sumatera utara mampu menuu ke medan terlebih dahulu. Baik melalui jalur udara maupun laut. Jalur laut bermuara di Pelabuhan belawan. Sedangkan jalur udara, bermuara di Badara Kuala Namu.

Para pengunjung dapat memakai kendaraan langsung ataupun kendaraan umum seperti bus dengan tujuan Kabupaten Toba Samosir. Selama di perjalanan, para pengunjung disuguhi pemandangan Danau Toba yang sangat indah alasannya memang jalur yang ditempuh berada di tepi daerah Danau Toba.


Jam Buka Air Terjun Sigura Gura

Tidak jam operasional niscaya di lokasi ini. Makara bsia dikatakan Air terjun Sigura Gura buka 24 jam, namun perlu dipertimbangkan jikalau igin mengunjungi jeram saat sudah malam, terutama dari sisi keamanan karena kurang-nya akomodasi penerangan.


Tiket Air Terjun Sigura Gura

Untuk memasuki tempat riam sigura gura, pengunjung dikenakan pungutan Rp 10.000 per pengunjung.


Fasilitas Air Terjun Sigura Gura

Untuk dilema akomodasi, di obyek wisata Air Terjun Sigura-gura pengunjung mampu menemukan beberapa akomodasi yang mampu dimanfaatkan ketika anda berlibur kesana dengan teman-sahabat atau keluarga. Tersedia Lahan parkir yang lumayan luas dan juga memadai. Selain itu juga tersedia sejumlah toilet umum.

Terdapat juga sejumlah Warung atau daerah makan. Di sekitar area sebelum obyek wisata ini anda mampu menemukan warung-warung milik penduduk lokal yang menjual masakan dan minuman dengan harga terjangkau.

Pada beberapa titik, terdapat Gazebo. Dengan dibangunnya beberapa gazebo di Air Terjun Sigura-gura, pengunjung mampu dengan kalem duduk-duduk sembari menikmati pemandangan jeram raksasa yang mengalir dengan derasnya, view pepohonan dan flora atau bahkan burung-burung liar yang berterbangan.


Daya Tarik  Air Terjun Sigura Gura

    Panorama Air terjun

Air Terjun Sigura-gura memang mengalir dengan debit yang sangat deras. Air yang mengalir dan menjadi Air Terjun Sigura-Gura ini bersumber dari Sungai Asahan. Yang mana air Sungai Asahan ini berhulu di Danau Toba.

Memasuki daerah gerojokan, Pengunjung akan merasakan udara yang sejuk alasannya adalah banyaknya pepohonan rindang yang mengelilingi Air Terjun Sigura-gura. Kawasan Sigura-Gura merupakan wilayah yang dilalui Pegunungan Bukit Barisan.

Pegunungan Bukit Barisan adalah rangkaian gunung yang membentang dari ujung utara di Provinsi Aceh sampai ujung selatan di Provinsi Lampung pulau Sumatera. Rangkaian pegunungan ini mempunyai puncak tertinggi yaitu Gunung Kerinci yang berlokasi di Jambi.

Kawasan Sigura-Gura juga merupakan daerah yang dilalui oleh Pegunungan Bukit Barisan. Oleh alasannya itu, landscape alam kawasan Sigura-Gura sangat indah dengan kontur alam berbukit-bukit dan terdapat pula lembah, tebing watu, jurang, celah gunung maupun kawasan hutan yang hijau.


    Berburu Foto

Berfoto dengan latar belakang Air Terjun Sigura-gura pun tak boleh terlewatkan. Banyak diantara pengunjung yang tiba, yang memanfaatkan momen liburan di area air terjun ini dengan berfoto-foto dengan background penderasan dan pemandangan alami sekitarnya.

Hanya saja, pengunjung harus berhati-hati menyusuri teladas ini alasannya masih banyaknya bebatuan yang terjal dan licin.

Untuk memperoleh foto yang maksimal, sebelum tiba wisata ke gerojokan, ada baiknya mengecek prakiraan cuaca terlebih dahulu untuk mengetahui mirip apa cuaca di hari itu. Usahakan untuk datang dikala cuaca sedang cerah.

Biasanya bila datang ke wisata teladas ketika sedang hujan atau setelah hujan, pemandangan di sana akan sedikit berkabut sehingga tampilan foto kamu tidak akan terlalu jernih terlihat. Selain itu, cuaca yang hujan juga bisa menciptakan bebatuan di sekitar jeram lebih licin sehingga kamu harus ekstra berhati-hati.


    Olahraga luar ruangan

Selain bersantai menikmati kesegaran Air Terjun Sigura-gura, pengunjung mampu melaksanakan aktivitas lainnya yang lebih menantang di sini, salah satunya arung penderasan. Sungai di sekitar daerah Air Terjun Sigura-gura mempunyai arus yang tidak mengecewakan deras dengan kontur bebatuan yang membuatnya cocok untuk dijadikan tempat olahraga air yang menguji adrenalin ini.

Mengingat keindahan alam serta arus yang besar lengan berkuasa, sungai di Air Terjun Sigura-gura kerap terpilih untuk daerah kompetisi arung jeram, tidak hanya tingkat nasional tapi juga internasional. Tak jarang, nama penerima yang sudah terkenal turut memeriahkan perlombaan arung jeram ini.

Selain arung air terjun, masih ada kegiatan lainnya yang tidak kalah menantang ialah panjat tebing. Namun kegiatan ini terbilang berbahaya sebab harus menaiki tebing bebatuan yang tinggi dan licin. Jika belum terlatih secara khusus, sebaiknya tidak mencoba aktivitas ini, sebab sangat beresiko.


    Berkemah

Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan semasa liburan di daerah wisata Air Terjun Sigura-Gura ialah berkemah di sekitar lokasi gerojokan. Dijamin akan asik. Apalagi berkemah bersama keluarga atau sobat-teman bersahabat.

Usai berkemah ataupun usai berkunjung di tempat wisata ini, wajib bagi para pengunjung untuk menjaga kebersihan. Tidak membuang sampah sembarangan semoga daerah wisata ini tetap bersih, indah, nyaman, dan yang pasti tetap lestari.

Di tempat ini terdapat Bendungan Sigura-gura yang berjarak sekitar 20-an kilometer dari hulu Sungai Asahan. Inilah bendungan kedua terbesar di Indonesia sesudah Bendungan Sutami. Selain sebagai sumber irigasi lahan-lahan milik penduduk setempat, air bendungan buatan ini juga dimanfaatkan sebagai sumber energi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).


Objek Wisata Dekat Air Terjun Sigura Gura

Lokasi wisata di Toba Samosir bukan hanya riam sigura guar saja. Ada beberapa pilihan lain yang bisa menjadi objek komplemen. Sehingga seperti kata pepatah, sekali angkat ransel2-3 lokasi terkunjungi.

Yang peratama, dalam jarak 54 km, terdapat Bukit Pahoda. Lokasi ini berada di areal perbukitan yang masih mampu ditempuh dengan kendaraan bermotor. Bukit Pahoda ini cocok dijadikan kawasan untuk selfie dengan latar belakang Danau Toba yang membentang luas. Bukan hanya utk selfie saja, namun Bukit Pahoda ini sering digunakan untuk aerosport.

Bagi yang terarik dengan wisata budaya, sedikit lebih jauh, yaitu dalam jarak 61 km, terdapat Desa Adat Ragi Hotang. Mengunjungi Desa Ragi Hotang pengunjung dapat melihat rumah etika dan konstruksi yang bernilai budaya tinggi. Disana terdapat 3 unit rumah budbahasa batak dan satu unit Sopo yang merupakan peninggalan leluhur warga setempat.

Demikianlah beberapa hal menarik Aur Terjun Sigura Gura yang perlu kau ketahui. Jangan lupa untuk membawa kamera-mu untuk mengabdikan berbagai momen di aie terjun tertinggi di Indonesia ini.

Selamat berlibur.