Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Kali Pancur, Pesona Semarang Atas yang Sulit di Tolak

Air Terjun Kali Pancur – Jangan mengira jikalau semarang hanya punya wisata kota yang mengesankan saja. Tetapi, anda juga bisa menikmati keindahan alamnya berupa riam atau juga pegunungan yang mempesona jikalau anda berkunjung ke wilayah kabupaten Semarang. Atau biasa yang disebut dengan Semarang atas.

Salah satu objek wisata yang dilarang anda lewatkan adalah Air Terjun Kali Pancur. Dimana, teladas ini tersembunyi di salah satu gunung yang cukup mempesona adalah Gunung Telomoyo.

Walaupun, tergolong mungil. Namun, lereng-lerengnya memiliki pesona bagaikan di nirwana apalagi, bagi anda yang sedang terlilit beban berat. Curug-curugnya benar-benar membuat anda sayang untuk melewatkannya.

Harga Tiket Masuk

Air Terjun Kali Pancur, Pesona Semarang Atas yang Sulit di Tolak
foto: https://www.instagram.com/bkhry_/

Untuk menikmati objek wisata ini anda akan dikenakan harga tiket masuk Air Terjun Kali Pancur sebesar 5 ribu rupiah.

Selain itu, anda juga diwajibkan untuk membayar biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah bagi yang memakai kendaraan beroda empat dan 3 ribu rupiah bagi anda yang membawa kendaraan bermotor.


Alamat dan Rute Lokasi

foto: https://www.instagram.com/andiprayitno55/

Alamat Air Terjun Kali Pancur terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, 50774. Bagi anda yang ingin pergi ke objek wisata ini.

Anda mampu memakai alat transportasi berupa bus dan turun di Terminal Jaka Tingkir Salatiga. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 14,5 km dengan estimasi waktu 27 menit.

Rute menuju Air Terjun Kali Pancur anda mampu ikuti JL. Lingkar selatan Salatiga. Kemudian, masuk ke jalan Raya Kopeng hingga ke Jalan Magelang  – Salatiga. Selanjutnya, Jalan menuju Air Terjun Kali Pancur.

Anda mampu masuk ke Jalan Raya Banyubiru – Kopeng hingga anda akan datang di kawasan Gejayan. Setelah itu, anda mampu bertanya kepada para penduduk dimana letak objek wisatanya.

Bagi anda yang ingin melanjutkan menggunakan transportasi umum. Anda mampu naik bus dari salatiga menuju ke kopeng. Selanjutnya, turun di  Desa Wates.

Untuk mencapai objek wisata ini anda mampu melanjutkan perjalanan dengan memakai ojek sejauh 3 km. Total biaya yang harus anda bayar yakni 20 ribu rupiah.

Setelah memakirkan motor, jangan berharap anda bisa pribadi menikmati keindahannya. Karena, anda harus berjalan terlebih dahulu menuruni anak tangga yang jumlahnya kurang lebih 900 buah.

Jadi, benar-benar siapkan hati, fisik dan juga jiwa anda ya. Agar mampu sampai di titik lokasi.

Anda pun harus berhati-hati sebab, sudut kemiringan yang ada disini mencapai 90 derajat. Ada juga yang memiliki sudut kemiringan 70 derajat.

Bagi anda yang ingin menikmati objek wisata ini anda wajib datang pukul 8 pagi dan pulanglah sebelum pukul 5 sore. Karena, daerah ini akan sangat gelap jikalau anda pulang lebih dari pukul 5 sore


Pesona Air Terjun Kali Pancur

foto: https://www.instagram.com/callmeandre/

wisata Air Terjun Kali Pancur ini memiliki tinggi kurang lebih 100 meter. Konon katanya, curug satu ini merupakan curug tertinggi yang terletak di kabupaten semarang. Saat anda menyusuri banyaknya anak tangga, anda mampu melihat keindahan pepohonan yang menarik hati.

Suhu udaranya pun cukup sejuk menciptakan rasa lelah tidak terlalu terasa. Apalagi, suara jeram seperti sangat erat. Sehingga, semangat untuk segera hingga disana sangat tinggi.

Waktu yang paling tepat mengunjungi objek wisata ini adalah pada trend penghujan. Walau, pada ketika musim ini jalanan sedikit licin. Tetapi, debit air yang terpancar dari atas sangat deras. Sehingga, tampak mempesona.

Bagi anda yang datang pada musim kemarau, jalanan cukup baik hanya saja, debit air yang mampu anda nikmati sangat kecil.

Jangan lupa bagi anda yang menyukai fotografi anda bisa membawa kamera yang mumpuni.

Karena, keindahan di kawasan ini akan teramat sayang jika tidak anda abadikan melalui foto dan gambar.

Ada spot jembatan yang bisa anda jadikan salah satu spot yang menawan. Disarankan bagi anda yang tiba ke tempat ini untuk tidak bersahabat-erat dengan air terjun dikala debit air sedang deras-derasnya.

Karena, mampu saja titik-titik airnya membuat anda berair. Begitu pula dengan kamera yang anda bawa.


Fasilitas Air Terjun Kali Pancur

foto: https://www.instagram.com/indahw__/

Lokasi wisata Air Terjun Kali Pancur ini memiliki akomodasi yang cukup lengkap. Dimana, dikala berada di area parkir anda sudah di sambut dengan beberapa warung makan yang menyediakan kudapan serta air mineral. Tidak hanya disini saja, warung-warung juga mampu anda temukan di tengah perjalanan dan di area objek wisata.

Selain itu, toilet untuk umum juga tersedia dengan keadaan cukup higienis. Bagi anda warga muslim. Anda bisa menjalankan ibadah sholat di musholla yang juga sudah dikelola dengan cukup baik. Tersedia, sarung, sajadah, dan rukuh yang bisa anda manfaatkan.

Air Terjun Kali Pancur yakni keindahan yang dihentikan anda lewatkan. Memang anda harus berjalan cukup jauh terlebih dahulu untuk dapat menikmati pesonanya. Tetapi, panorama ini tidak akan pernah menciptakan anda rugi mengeluarkan tenaga dan keringat. Kalau mereka sudah pernah menuju ke objek wisata ini, anda kapan?