Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi

Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi – Cilacap merupakan sebuah kabupaten di pesisir selatan jawa tengah yang memiliki banyak sekali macam tempat wisata,mulai dari wisata alam yang eksotik sampai wisata budaya yang patut untuk di jelajahi. Berikut 8 daerah wisata di cilacap yang mampu anda simak dan di jadikan sebagai list wisata anda selanjutnya :

1. Wisata Hutan Payau

Hutan Payau merupakan hutan lindung yang memiliki ekosistem penjaga pantai dari serangan abrasi bahari. Hutan yang berada di Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara ini merupakan hutan mangrove yang dijadikan tempoat wisata oleh Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Cilacap.

8 Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi

Baca Juga : Tempat Wisata Di Yogyakarta

 Hutan bakau yang berada di lokasi ini, menerima suplai air payau dari sungai Lester yang pribadi terhubung dengan laut. Hutan Payau Mangrove ini terdapat 15.000 pohon mangrove yang terdiri dari Tancang (Bruguiera gymnorrhiza), Api-api (Avicennia sp), Bakau Bandul (Rhizophora mucronata) dan Bakau Kacangan (Rhizophora apiculata). Ekosistem Hutan Payau Mangrove di sini dihuni oleh aneka macam biota mangrove, yang mampu teramati secara kasat mata, seperti ikan Gelodok, Uca, Udang Pistol, Tanggal, burung, aneka macam jenis ikan dan lain-lain. Di lokasi wisata ini, anda dapat menyewa perahu kayu dengan menyusuri area hutan payau. Anda akan dimanjakan dengan berbagai biota hutan dan ekosistem mangrove.


2. Pantai Teluk Penyu

Pantai teluk penyu merupakan wisata Pantai andalan di Kabupaten Cilacap. Di lokasi yang berada di Cilacap Selatan ini, anda akan dimanjakan oleh pesona pantai pasir putih yang menawan. Deburan ombak pantai selatan yang terkenal ganas akan andas rasakan.

Di pantai ini, anda mampu melaksanakan aktivitas memancing tepi. Setelah anda puas dengan wisata pantai di pantai ini, anda dapat menyewa kapal untuk berwisata susur pantai dengan murah. Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar, tergantung bagaimana anda menawar terhadap penyedia jasa perahu. Dengan bahtera tersebut, anda akan merasakan sensasi naik bahtera di bahari yang akan memacu adrenalin anda.  Kunjungi Juga Tempat Wisata Di Brebes.


3. Benteng Pendhem Cilacap

Benteng Pendem yang terletak di wilayah dusun Kebonjati,desa Cilacap, Kecamatan Cilacap, kabupaten Cilacap ini yakni benteng peninggalan Belanda di pesisir pantai Teluk Penyu Cilacap yang dibangun pada tahun 1861. Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindi Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektare. Bangunan benteng pendem terdiri dari beberapa ruang yang masih kokoh sampai kini.

Namun, semenjak awal ditemukan, ruangan dalam benteng belum sepenuhnya diketahui. Ruangan dalam benteng yang umum diketahui terdiri dari barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, klinik pengobatan, gudang senjata, gudang mesiu, ruang penjara, dapur, ruang perwira, dan ruang peluru. Di lokasi tersebut, anda akan merasakan kemegahan bangunan Belanda di periode pra kemerdekaan. Makara wisata anda di lokasi ini bukan hanya menjadi wisata budaya, melainkan juga wisata sejarah. Anda mampu menyewa tour guide yang akan mendeskripsikan secara detail bgaimana sejarah dari kompleks beteng pertahanan Belanda tersebut. Kunjungi Juga Wisata Curug Yang Keren di Temanggung


4. Gunung Srandil Cilacap

Gunung Srandil adalah sebuah bukit karang yang berada di pesisir Pantai laut Selatan di desa Glempang Pasir Kecamatan Adipala, Cilacap. Gunung Srandil mampu dicapai dari kota Kroya, dan kota Adipala. Gunung Srandil diyakini merupakan petilasan Kaki Semar yang populer dengan dhawuh-nya mengenai bagaimana menjalani hidup sebaiknya berpedoman kepada “Ojo dumeh, eling lan waspodo” atau “ jangan mentang-mentang, ingat dan waspada”. Dipercaya Srandi berasal dari kata Suro lan adil.

baca juga : Tempat Wisata Terbaru di Temanggung

Ketika para peziarah berkunjung ke Gunung Srandil, mereka biasanya melaksanakan ritual dengan cara mengelilingi atau mengitari Gunung Srandil antara jam 12 malam sampai jam 3 dini hari. Jumlah putaran mengitari gunung dengan berjalan berlawanan dengan arah jarum jam yang disarankan sesuai petunjuk adalah berjumlah angka ganjil contohnya 3x, 9x, 21x dan atau 41x putaran. Untuk melengkapi acara ziarah, disarankan untuk membawa kembang-telon, dupa atau kemenyan madu, minyak anyir. Sambil berkeliling, peziarah disarankan untuk melafalkan doa-doa sebagai permohonan kepada Tuhan sehingga doa-doa itu pun dapat didengar oleh para Penguasa Gaib. Dengan begitu, Penguasa Gaib pun mampu ikut membantu menyempurnakan doa yang diucapkan oleh para peziarah biar dapat dikabulkan oleh Tuhan.


5. Pantai Widara Payung

Wilayah obyek wisata Pantai Indah Widara Payung ini memang tidaklah terlalu luas namun kondisi pantainya sangat landai dengan dipagari pohon kelapa sehingga membuat pantai ini sejuk. Banyak pepohonan hijau pada bibir pantainya. Fasilitas yang ada cukup memadai, seperti MCK, daerah parkir, restoran, kolam renang, daerah pemandian dan sebagainya. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 2500,00 per orang kita akan disuguhi panorama alam pesisir pantai bahari selatan dengan deburan ombaknya yg populer besar dan indah sebagai salah satu destinasi alam di bumi cilacap timur atau wilayah banyumas bab selatan.

Bagi anda yang ingin belajar berselancar, atau ingin mengasah keterampilan anda dalam menaklukan ombak di pantai ini, maka anda mampu mencobanya. Ada tempat penyewaan papan selancar disini. Selain itu, anda juga mampu melakukan tour dengan memakai bahtera yang disewakan oleh para nelayan untuk mampu melihat secara pribadi pulau Nusakambangan yang dipakai sebagai penjara untuk para tahanan kelas kakap dengan biaya Rp10.000* per orang. Kunjungi Juga Tempat Wisata Di Batang Jawa Tengah Paling Indah


6. Wisata Pulau Nusakambangan

Obyek wisata di cilacap selanjutnya ialah Wisata Pulau Nusa Kambangan merupakan destinasi andalan yang ada di cilicap. Di kawasan pulau nusakambangan menyediakan banyak sekali wahana wisata alam yang tidak kalah indahnya dengan karimunjawa yang berada di jepara. Wisata pantai sampai hutan tropis pun siap menyambut anda apabila berkunjung ke kawasan ini.

7. Pantai Jetis

Seperti halnya kebumen yang berlokasi di pesisir pantai selatan jawa tengah, cilacap juga mempunyai bermagai macam jenis pantai seperti halnya pantai jetis ini yang mempunyai pasir berwarna hitam. Pantai ini berlokasi di kecamatan Nusawungu cilacap. Letak pantai ini juga berdekatan dengan pantai ayah yang berada di kebumen. Pantai ini menyuguhkan pemandangan samudra yang luas dan pegunungan. Kunjungi Juga Tempat Wisata di Mojokerto Terbaru


8. Pantai Permisan Cilacap

Pantai permisan merupakan sebuah pantai yang berlokasi di akrab LP permisan pulau nusakambangan. Pantai ini menyuguhkan pemandangan pantai pasir putih yang di hiasi dengan gundukan kerikil karang yang bisa anda jadikan objek foto yang menarik. Pantai ini masih tergolong sepi alasannya belum banyak wisatawan yang tau pantai permisan ini.

Kondisi di pantai tersebut juga masih higienis dan alami. Untuk menuju tempat ini wisatawan mampu menyebrang via pelabuhan lomanis, atau bisa juga via pelabuhan wijayakusuma. setalah menyebrang perjalanan di lanjutkan dengan memakai kendaraan darat hingga sampai ke pantai permisan. selama perjalan anda juga bisa singgah ke goa Ratu. Goa ratu merupkan salah satu obyek wisata pulau nusakambangan. Anda juga bisa melihat beberapa LP yang ada di pulau nusakambangan mirip LP Besi, Batu , kembang kuning dan Juga Lp Permisan.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Cilacap Yang Paling Menarik