Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng #MurahMeriah

Objek Wisata di Wonosobo Selain Dieng – Wonosobo, merupakan sebauah kabupaten kecil yang terletak persis di tengah tengah pulau jawa. Wonosobo juga merupakan kota tujuan wisata kedua sesudah magelang dengan borobudur sebagai wisata andalanya di jawa tengah.

Sebagian orang mengenal wonosobo alasannya adalah memiliki wisata alam dieng yang mempesona yang syarat akan budaya. Disamping itu biaya untuk mengunjung aneka macam objek wisata di wonosobo pun di bilang cukup murah.

Namun tahukah anda bahwa wonosobo ternyata mempunyai wisata selain dieng yang sayang jikalau di lewatkan. Sayang kan berkunjung ke wonosobo hanya untuk pergi ke dieng, Cobalah sekali kali tengok wsurga tersembunyi yang ada di wonosobo.

Penasaran?? oke West-Java.Com akan memberi ulasan perjalanan menjelajahi objek wisata di wonosobo selain dieng beikut.

1.Alun-alun Kota Wonosobo

13 Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng #MurahMeriah
alun-alun kota wonosobo. image by : @leonardo_hiendarto

Jika anda datang ke wonosobo jangan terburu-buru menuju ke dieng, cobalah beristirahat di taman alun alun kota wonosobo yang asri. banyak daerah yang mampu anda gunakan untuk sekedar santai bersama keluarga maupun kerabat dekat.

Di sana terdapat juga banyak sekali macam jajanan tradisional seperti batagor, mie ongklok, siomay dll. selain itu pemandangan asri di alun alun wonosobo sangat menarik untuk di jadikan objek foto yang indah.


2. Pemandian Air Hangat Kalianget

bak renang kalianget wonosobo. image by : flickr.com

Setelah puas menikmati ASRInya alun alun kota wonosobo cobalah berendam di kolam renang kalianget ini. Letaknya pun tidak jauh dari alun alun wonosobo. hanya berjarak sekitar 4 kilometer.

Tepatnya berada di desa kalianget kecamatan wonosobo, kolam renang air hangat ini berada di jalan dieng dan bagi anda yang ingin berkunjung ke dieng mungkin tidak ada salahnya ya untuk mampir ke kolam renang ini untuk berendam air hangat di dinginya kota wonosobo.

Selain kolam renang di daerah wisata tersebut juga terdapat taman yang asri. Cocok di gunakan untuk istirahat dan area bermain.

Selain itu juga terdapat pemandian air panas yang masih alami yang berlokasi di Desa manggisan yang berlokasi tidak jauh dari kolam renang air hangat.


3. WIsata AlamTelaga Menjer Wonsobo

Telaga menjer wonosobo. image by : @noerariefah

Setelah puas berendam di kalianget, perjalanan bisa di lanjutkan menuju telaga menjer yang berlokasi di kecamatan garung. Telaga ini juga berlokasi di jalan dieng kilometer 8. Dan lagi lagi ada spot menraik yang mampu anda kunjungi sebelum sampai ke dieng.

Untuk saluran menuju ke lokasi ini, dari kolam renang air hangat menuju ke utara melewati jalan dieng. sehabis hingga ke jalan dieng kilometer 8 sampilah di sebuah pasar yang bernama pasar garung. Sesampainya di pasar lalu belok kiri yang di tandai dengan gapura yang bertuliskan PLTA Garung. Susuri jalan tersebut sampai hingga ke telaga. Jarak dari gapura hingga ke telaga sekitar 2 hingga 3 klometer.

Di telaga ini anda mampu menikmati telaga dengan view pemandangan perbukitan hijau dan juga gunung sindoro. Anda juga bisa menaiki prahu dengan tarif 15000 rupiah per orang untuk mengelilingi telaga.


4. Curug Sikarim

Curug Sikarim wonosobo. Image by : @asfifairuzzabad

Tempat wisata di wonosobo selian dieng selanjutnya adalah curug sikarim. curug ini terletak tidak jauh dari telaga menjer tepatnya bearada di desa Sembungan.

teladas ini mempunyai ketinggian sekitar 24 meter. Dan bagi anda yang berniat untuk mengunjungi curug ini kami sarankan untuk mempersiapkan tenaga alasannya adalah jalan menuju curug sikarim tidak lah gampang. Anda harus melewati pematang sawang penduduk dan lembah dengan jalanan yang terjal dan licin.


5.Kebun Teh Tambi

kebun teh tambi wonosobo. Image by : @sekartrihnd

Setelah dari telaga menjer dan juga curug sikarim mampu di lanjutkan perjalanan menuju utara menyusuri jalan dieng. Untuk saluran menuju ke lokasi ini dari telaga menjer anda harus kembali lagi ke pasar garung untuk menuju jalan dieng.

Berjalanlah dengan kendaraan bermotor sekitar 4 atau 5 kilo dan anda akan menemukan daerah kebun teh tambi yang sejuk nan indah.

Dikawasan tersebut anda dapat menikmati pemandangan kebun teh dan juga mampu berkunjung ke pabrik teh untuk melihat pengolahan daun teh dari gres saja di petik hingga siap di pasarkan.

Selain bisa mengunjungi pabrik dan kebun teh di kawasan wisata tersebut juga terdapat taman dan kolan yang bisa di gunakan sebagai tempat beristirahat yang nyaman.


6.Waduk Wadaslintang

waduk wadaslintang wonosobo. Image by : @mochammadrezza

Setelah berkunjung ke wonosobo bagian utara, kita lanjutkan perjalanan menuju wonosobo bab selatan. Destinasi pertama yang mampu anda tuju ialah waduk wadaslintang yang berlokasi di kecatamatan wadaslintang wonosobo.

Waduk wadaslintang bahwasanya terbagi menjadi dua kabupaten adalah kabupaten kebumen dan kabupaten wonosobo.

Waduk wadaslintang menyuguhkan wisata waduk yang luas dengan di kelilingi perbukitan hijau.


7. Lubang Sewu

lubang sewu wonosobo. image by : @st_andreas1899

Bagi anda yang sudah mengunjungi waduk wadaslintang kami rekomendasikan juga mengunjungi lubang sewu yang berada di desa ererojo Kecamatan Wadaslintang wonosobo. Lokasinya juga berada di pesisir waduk wadaslintang.

Kami sarankan untuk mengunjungi wisata ini ketika trend kemarau di karenakan di dikala demam isu hujan wisata ini tergenang air.

Wisata lubang sewu merupakan wisata baru di wonosobo yang belum usang booming. wisata tersebut menyuguhkan pemandang bebatuan yang seperti dengan green canyon di amerika serikat.


8.Curug Winong Kaliwiro

curug winong wonosobo. image by : @amarya08

Masih membahas ihwal tempat wisata di wonosobo bab selatan. Yaitu curug winong yang berlokasi di Desa Winongsari kecanatan kaliwiro wonosobo.

Untuk saluran menuju ke lokasi ini agak sulit alasannya harus menyusri jalan pemukiman penduduk. Namun tidak perlu khawatir, di sepanjang jalan terdapat petunjuk arah menuju ke curug.

Sesampainya di parkiran tempat pemberhentian kendaraan bermotor, anda mampu melanjutkan perjalanan menuju curug dengan berjalanan kaki sejauh sekitar 300 meter.

Untuk harga tiket masuk pada ketika itu hanya sebesar 4000 rupiah per orang di tambah biaya parkir roda dua sebesar 1000 rupiah. Gimana, murah meriah kan berlibut ke wonosobo??.


9. Pendakian Gunung Sindoro

gunung sindoro. image by : @bukanbolang

Tempat wisata wonosobo selain dieng selanjutnya yaitu pendakian gunung sindoro. Jika berniat mendaki gunung sindoro mampu melalui rute jalur via sikotak desa sigedang wonosobo.


10. Pendakian Gunung Sumbing

Pendakian gunung sumbing. image by : sherlyhnds

Selain gunung sindoro, di wonosobo juga terdapat pendakian gunung sumbing via desa garung kecamatan kertek. Desa tersebut berlokasi di jalan wonosobo temanggung, tepatnya lagi berada di perbatasan.

Gunung sumbing sendiri terbagi menjadi 3 wilayang kabupaten yaitu kabupaten wonosobo, magelang dan juga temanggung.


11.Kebun Teh dan Kolam Renang Tanjungsari

kebun teh tanjungsari wonosobo. image by : visitcentraljava.com

Wisata wonosobo selanjutnya yakni kebun teh dan bak renang tanjungsari. Wonosobo ternyata memiliki banyak perkbunan teh akan teteapi hanya dua yang di jadikan sebagai lokasi wisata yakni kebun teh tambi dan juga kebun teh tanjung sari.

Di daerah wisata tersebut terdapat water boom, taman dan juga bus yang siap mengantar anda mengelilingi kebun teh.

Untuk lokasinya pun sangat gampang di jangkau adalah berada di kecamatan sapuran. Jika anda pergi ke wonosobo dari jogja dengan melewati jalur alternatif menuju wonosobo via salaman magelang pastinya melewati wisata ini. alasannya adalah lokasinya yang pas di pinggir jalan.


12.Kolam Renang Mangli

bak renang mangli wonosobo. image by : harianjateng.com

Wonosobo juga memiliki bak renang dengan air asli pegunungan yang segar. Yaitu bak renang mangli yang berlokasi di desa kejiwan kecamatan wonosobo letaknya pun tidak jauh dari alun alun kota wonosobo, hanya berjarak sekitar 3 kilometer.

sumber air mangli juga ternyata menjadi pemasok utama kebutuhan air minum produk air kemasan yang sudah terkenal di indonesia.


13. Kolam Renang Tirta Ria Temebelang

kolam renang Tirta Ria Temebelang. image by : ytimg.com

objek wisata di wonosobo mrah yang terakhir yaitu kolam renang tirta ria yang terletak di desa tembelang kecamatan wonosobo. Lokasinya yang tidak jauh dari kota membuattempat ini cocok di jadikan sebagai daerah rekreasi keluarga di wonosobo.