Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata di Probolinggo Terbaik Untuk di Kunjungi

Wisata Probolinggo merupakan salah satu kawasan wisata favorit bagi wisatawan baik lokal maupun luar kawasan, tidak sedikit kawasan wisata di Probolinggo sukses menarik wisatawan luar negeri dan mampu menompang perekonomian masyarakat sekitar. Kota Probolinggo sendiri merupakan sebuah kota dengan jumlah penduduk terbesar ke-empat, bila ditempuh dari kota Surabaya memerlukan jarak tempuh 100 km.

Jika kita pernah mendengar kota manggur mungkin merupakan sebuah sebutan untuk kota Mangga dan Anggur yakni probolinggo alasannya adalah di kota tersebut produksi buah mangga dan anggur cukup besar di banding kota lainnya, Kota probolinggo juga menerima predikat kota Seribu Taman karena lingkungan yang higienis dan tatanan hijau kota.

Dibalik kebersihan dan penghasil buah mangga dan anggur yang besar ternyata wisata Probolinggo menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat Indonesia, ada beberapa kawasan wisata di Probolinggo yang perlu anda kunjungi, sebagian dari daerah wisata tersebut sudah banyak dikenal oleh masyarakat alasannya keindahan dan kemewahannya, berikut daftar kawasan wisata di Probolinggo yang wajib anda kunjungi ketika liburan.

Gunung Bromo

gunung bromo

Gunung Bromo memang berada di 4 wilayah salah satunya di Probolinggo, gunung dengan ketinggian 2.392 meter ini masih aktif dan populer sebagai tempat wisata di Jawa Timur dengan pengunjung terbanyak pada dikala liburan, tidak hanya masyarakat sekitar yang datang ke tempat ini namun juga wisatawan luar negeri ikut tiba ke tempat ini.

Gunung Argopuro

gunung argopuro

Gunugn Argopuro juga menjadi kawasan wisata favorit yang ada di Probolinggo, gunung ini merupakan bekas gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.088 meter, gunung yang mempunyai beberapa puncak ini memang banyak dikunjugi oleh wisatawan terutama puncak Rengganis, Gunung ini memiliki sisa peninggalan purbakala dan menjadi penelitian hingga sampai dikala ini yakni puncak berundak.


Pantai Bentar

pantai di probolinggo

Tempat wisata di Probolinggo selanjutnya yaitu Pantai Bentar, pantai ini menjadi unggulan di kota manggur dengan daya tarik penampakan hiu tutul dan whale shark. Tempat ini ramai oleh wisatawan yang biasa tiba pada bulan Januari sampai Maret karena pada ketika itu banyak bermunculan hiu hiu tersebut.


Pulau Gili Ketapang

Salah satu wisata di Probolinggo yang indah yaitu Gili Ketapang, pulau ini berada di Selat madura dan hanya berjarak 8 km dari bibir pantai Probolinggo, pantai yang indah di Gili Ketapang membuat kesan tersendiri dan tidak ditemukan di tempat lain, di pulau ini anda mampu menikmati snorkeling bawah bahari, terumbu karang dan indahnya biru maritim.


Air Terjun Madakaripura

air terjun

Air terjun di Probolinggo yang paling terkenal adalah teladas Madakaripura yang berada di Kecamatan Lumbang, tempat ini masih dalam tempat Taman nasional Bromo Tengger Semeru, pemandangan yang indah menciptakan daerah ini banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat hari libur.


Air Terjun Umbulan

air terjun probolinggo

Air terjun Umbulan juga salah satu wisata unggulan di Probolinggo, gerojokan ini pernah menjadi nominasi jeram tercantik di Indonesia, teladas ini terletak di Desa Sukapura, Probolinggo dan tidak jauh dengan penderasan Madakaripura. Selain air terjun ini masih banyak air terjun lainnya di Probolinggo diantaranya ialah :

  • Air terjun batu lawang yang berada di Desa Ngepung
  • Air terjun triban yang juga berada di Desa Ngepung
  • Air terjun kedung wangi
  • Air terjun Sumber pakis II
  • Air terjun darungan
  • Air terjun kali pedati

Arung Jeram Sungai Pekalen

arum jeram di probolinggo

Sungai pekalen menjadi wisata tersendiri bagi pecinta olah raga air yaitu arung penderasan, sungai yang mengalir di 3 kecamatan ialah Kecamatan Tiris, Maron dan Gading ini dapat ditempuh 25 km dari sentra Probolinggo, banyak wisatawan yang tiba ke daerah ini untuk rafting dengan keluarga.


Danau Ronggojalu

wisata di probolinggo

Danau Ronggojalu merupakan seubah danau untuk menampung air higienis untuk sarana pertanian maupun mata air industri dan rumah tangga, selain sebagai sumber air daerah ini menjadi daerah wisata di Probolinggo yang banyak dikunjugi oleh masyarakat terutama masyarakat lokal, pada hari minggu disekitar bibir danau banyak keluarga yang tiba untuk refresing pikiran dan keluarga.


Danau Agung

tempat wisata di probolinggo

Danau Agung juga menjadi wisata Probolinggo favorit berikutnya, danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi Lamongan dan hingga kini masih aktif, danau ini mempunyai pemandangan luar biasa untuk dilihat, terletak di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris.


Wisata Mangrove BJBR Probolinggo

wisata probolinggo

Wisata mangrove BJBR Probolinggo merubpakan sebuah hutan mangrove untuk wisata pendidikan yang paling utama, terletak di pesisir pantai Mayangan, BJBR sendiri memiliki kepanjangan Beejay Bakau Resort ini diresmikan pada tahun 2013 dan menjadi kawasan wisata yang unik untuk dikunjungi.


Museum Probolinggo

museum di probolinggo

Museum di Probolinggo yang paling terkenal yaitu museum yang terletak di Jalan Suroyo no. 7 Probolinggo, museum ini mempunyai benda-benda bersejarah yang memegang penting dalam sejarah adanya kota Probolinggo, wisata pendidikan satu ini banyak dikunjugi terutama oleh siswa siswi di Kabupaten Probolinggo.