Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata di Pemalang Paling Banyak di Kunjungi

Tempat wisata di Pemalang yang paling banyak dikunjungi bermacam-macam, mulai dari wahana buatan insan sampai wisata alam yang menarik hati, Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan eksklusif dengan Tegal dan Pekalongan. Sedangkan pada bab selatan berbatasan eksklusif dengan Laut Jawa sehingga kota ini memiliki pantai yang indah dari Laut Jawa, cuacanya sendiri sebab bersahabat dengan pantai akan sedikit panas namun lebih sejuk daripada kota lain, Pemalang sendiri mempunyai nama lain adalah Kota Ikhlas dimana menggambarkan masyarakatnya selalu lapang dada dalam segala hal.

Wisata Pemalang banyak diburu oleh wisatawan alasannya dari beberapa kawasan di bawah ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh kawasan wisata di tempat lain, selain itu pemalang juga mempunyai beberapa tempat belanja mulai dari supermarket, pasar tradisional sampai modern, namun kebanyakan masyarakat Pemalang lebih menentukan untuk pergi ke tempat lain seperti Tegal atau Pekalongan untuk urusan belanja.

Sangat sayang bagi kita apabila tiba ke Pemalang tidak mengunjungi tempat wisata di Pemalang yang begitu indah, beberapa kawasan banyak menjadi incaran wisatawan yang tiba ke Kota Iklhas tersebut, berikut beberapa tempat wisata yang ada di Pemalang yang banyak dikunjungi.

Pantai Widuri

tempat wisata di Pemalang

Tempat wisata di Pemalang yang pertama yakni Pantai Widuri, kita tahu jikalau Kabupaten Pemalang berbatasan eksklusif dengan Laut Jawa, oleh alasannya adalah itu Pemalang memiliki pantai yang indah yang menghubungkan eksklusif dengan Laut Jawa, untuk menuju ke pantai ini tidaklah jauh, dari kota hanya berjarak 3 KM, tempat wisata pantai Widuri ini memang menjadi tujuan utama wisatawan tiba ke Pemalang.

Dengan perpaduan pantai dan wahana permainan yang dibuat oleh pemerintah setempat menciptakan tempat ini semakin asik untuk dikunjungi, ada berbagai spot wisata yang unik mulai dengan waterboom dipinggir pantai dengan segala permainannya, lapangan tenis, arena roadrace, panggung hiburan dan masih banyak yang lain, untuk masuk ke pantai anda tidak dikenakan biaya, namun untuk masuk ke wahana hiburan dikenakan biaya yang tidak mengecewakan murah untuk masyarakat kecil menengah namun kualitas terbaik.


Air Terjun Sibedil

curug sibedil

Air terjun Sibedil atau masyarakat sering menyebutnya dengan curug sibedil merupakan salah satu daerah wisata di Pemalang yang paling banyak dikunjungi, curug sibedil tergolong wisata alam dengan pemandangan menajubkan yang terletak di Desa Sima, Kecamatan Moga, Pemalang.

Dengan pemandangan yang unik dan airnya yang bersih menciptakan orang ingin berenang menyusuri air dibawah curug tersebut, masyarakat menamai air terjun tersebut dengan sebutan Sibedil alasannya dulunya ada sebuah watu disekitar jeram tersebut yang mirip dengan senapan (bedil dalam bahasa jawa), ada juga yang menyampaikan kalau nama tersebut diambil dari dulu yang sering terdengar bunyi tembakan disekitar air terjun tersebut pada malam hari.


Hutan Mangrove Pemalang

Hutan Mangrove merupakan daerah wisata di Pemalang dan juga sebagai tempat konservasi lahan dengan tempat yang unik mirip di hutan amazon Amerika. Tempat ini dipakai oleh pemerintah setempat juga sebagai kawasan pendidikan bagi siswa Kabupaten Pemalang biar para siswa mengetahui seberapa penting tumbuhan Mangrove disekitar pantai, daerah Hutan Mangrove Pemalang yang paling luas berada di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami yang memiliki luas sekitar 2350 hektar.


Air Terjun Dhuwur

curug dhuwur

Salah satu tempat wisata di Pemalang yang masih tersembunyi yaitu gerojokan Dhuwur atau masyarakat sering menyebutnya dengan curug Dhuwur, kawasan wisata ini belum dikunjungi oleh banyak orang namun memiliki pesona yang memukau pengunjung ketika pertama kali melihatnya, tumpukan bebatuan hingga menciptakan tebing dengan air yang mengucur deras ini masih tergolong daerah wisata baru yang hanya dikunjungi oleh masyarakat lokal saja dan belum banyak wisatawan tiba ke daerah ini, namun ke depan Pemerintah Pemalang sedang berusaha untuk menciptakan kemudahan lengkap akan tempat ini.


Rafting Sungai Comal

rafting di pemalang

Siapa yang tidak kenal dengan rafting, kegiatan menelusuri sungai dengan perahu karet ini memang menjadi ajang olahraga yang banyak disukai oleh wisatawan, di Pemalang terdapat jalur rafting yang sering dipakai untuk lomba ialah di Sungai Comal, walau masih tergolong kawasan wisata baru namun wisata rafting di Sungai Comal ini eksklusif rame oleh pengunjung, selain menikmati arus sungai dengan perahu karet pengunjung juga disuguhi dengan pemandangan sekitar yang begitu memukau mata ketika pertama melihat.


Curug Bengkawah

curug di pemalang

Obyek wisata di Pemalang selanjutnya yakni penderasan Bengkawah atau biasa disebut dengan curug Bengkawah, lokasi curug Bengkawah ini berada di Desa Sikasut, Kecamatan Belik, Pemalang. Tempat wisata di Pemalang ini memang tergolong tidak banyak yang mengunjungi alasannya untuk menuju ke spot wisata anda harus menelusui jalan setapak sepanjang 2 km, yang banyak tiba ke tempat tersebut adalah pecinta alam yang biasa mendirikan tenda disekitar daerah tersebut.


Telaga Rengganis

telaga rengganis

Tempat wisata di Pemalang yang tidak kalah menariknya lagi yaitu Telaga Rengganis, dengan air yang jernih terletak di antara hutan pinus yang indah membuat kawasan tersebut banyak menarik wisatawan. Tempat wisata ini terletak di Desa Gapura, Kecamatan Watukumpul. Seperti di latar film luar negeri kawasan ini memang melegenda bagi sebagian masyarakat, tak jarang ada banyak pembuatan film dan latar belakang foto baik foto model maupun lanscape di tempat ini.


Gunung Mendelem

gunung mendelem

Gunung mendelem atau biasa disebut dengan gunung jimat ini merupakan tempat wisata di Pemalang untuk para pendaki khususnya pendaki pemula, gunung ini tidak terlalu tinggi hanya 1454 mdpl sehingga cocok untuk pemula, walau anda masih pemula ada baiknya untuk mengajak sahabat yang sudah berpengalaman saat naik ke puncak Gunung Mendelem.

Itulah daftar tempat wisata di Pemalang yang wajib anda kunjungi dikala anda datang ke kota tersebut, masih banyak tempat wisata lain yang dapat anda kunjungi namun beberapa daerah wisata di atas mampu menjadi contoh anda dikala tiba ke Pemalang. Jangan lupa untuk menjaga kelestarian alam semoga keindahan alam yang memukau dapat dinikmati oleh anak cucu kita nantinya.