Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Paling Terkenal

Tempat wisata di Karanganyar banyak dicari oleh masyarakat yang dominan tiba ke Karanganyar baik sebagai wisatawan maupun hanya sekedar lewat atau ada program dinas kantor ke kota tersebut. Karanganyar merupakan sebuah kota di Jawa Tengah yang terkenal akan hasil jemani dengan kualitas terbaik sehingga kota ini disebut sebagai kota jemani.

Tempat wisata di Karanganyar yang paling populer ialah taman bunga sebab selain disebut penghasil jemani terbaik di Indonesia Karanganyar juga menghasilkan banyak bunga mahal seperti anthurium, adenium, gelombang cinta dan masih banyak lainnya. Masyarakat banyak membuat pembibitan tanaman hias dikarenakan suhu dan cuaca yang cocok di kota tersebut dan menjadi komoditas unggulan di Karanganyar.

Untuk sampai ke Karanganyar anda mampu melalui Kota Surakarta sekitar 14 km, terkenalnya beberapa tempat wisata di Karanganyar tidak lepas dari wisata di solo yang kebetulan bersahabat dengan kota tersebut, banyak wisatawan yang datang dari arah Solo kemudian sekalian mengunjungi wisata di Karanganyar.

Air Terjun Grojogan Sewu

tempat wisata di karanganyar

Grojogan sewu merupakan salah satu kawasan wisata di Karanganyar dengan pemandangan menakjubkan, orang jawa sering menyebut riam dengan sebutan curug sehingga kawasan ini sering disebut oleh masyarakat sekitar sebagai curug grojogan sewu.

Curug Grojogan sewu merupakan daerah wisata di Karanganyar paling terkenal di masyarakat Indonesia alasannya keindahan kawasan dan riam yang memukau, selain itu juga terdapat monyet liar yang hidup di daerah tersebut, anda bisa bermain-main dengan monyet yang ada di tempat itu, selain itu untuk menuju ke jeram anda harus penempuh perjalanan dengan anak tangga sebanyak 1250 buah, walau melelahkan namun rasa lelah itu hilang setelah melihat keindahan curug grojogan sewu.


Taman Ria Balekambang

balekambang

Sebelum sampai ke curug Grojogan Sewu juga terdapat sebuah taman yang disebut dengan taman ria balekambang, daerah wisata di Karanganyar ini biasanya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk menghabiskan hari libur atau hanya untuk sekedar refresing bersama keluarga.

Taman Ria Balekambang terdapat beberapa fasilitas diantaranya ialah kolam renang, lapangan tenis, sanggar lukis dan masih banyak lainnya, tentunya dengan segala fasilitas yang ada membuat anda lebih betah untuk menyegarkan otak di tempat tersebut.


Astana Giribangun

astana giribangun

Astana Giribangun banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal terutama peziarah, ditempat inilah presiden ke-2 Indonesia di makamkan, dia adalah Presiden Soeharto. Bagi anda yang mengidolakan presiden ke-2 ini sangat sayang apabila belum mengunjungi daerah ini.

Astana Giribangung merupakan salah satu tempat wisata di Karanganyar dimana didalamnya terdapat makam keluarga, Astana Giribangun terdapat di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, di dalam daerah ini juga terdapat makam ibu Tin Soeharto beserta beberapa keluarga beliau.


Candi Cetho

wisata karanganyar

Tempat wisata di Karanganyar selanjutnya yaitu Candi Cetho yang merupakan sebuah candi Hindu terletak di Dusun Cetho, Gumeng, Kecamatan Jenawi. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit, kalau kita lihat sepintas candi ini memang terlihat lebih indah dengan taman yang nyaman disekitarnya.

Selain Candi Cetho di dalamnya juga terdapat petilasan Ki Ageng Krincingwesi, ia termasuk pendiri dan tetua dari dusun Cetho tersebut, yang populer lain dari candi ini ialah adanya patung yang menyerupai alat kelam*n pria  atau biasa disebut dengan kalacakra dan disusun dari sebelas pundak bangunan yang sungguh indah dan masih di pertahankan keunikan sejarahnya.


Candi Sukuh

candi sukuh

Candi sukuh merupakan sebuah candi yang terdapat di Desa Berjo, Ngargoyoso dan lokasinya tidak jauh dari Candi Cetho, wisatawan biasanya akan mengunjungi Candi Cetho terlebih dahulu lalu menuju ke Candi Sukuh. Di daerah candi sukuh ini terdapat banyak patung bernuansa erotis. Namun beberapa hebat menyampaikan kalau patung yang ada pada candi sukuh melambangkan kesuburan, baik kesuburan tanah dan kemakmuran masyarakatnya. Bangunan candi sukuh mempunyai struktur yang hampir mirip dengan suku inca di Peru.


Kebun Teh Kemuning

kebun teh

Kebun teh Kemuning merupakan daerah kebun teh yang luas dan biasa sebagai daerah wisata oleh daerah lokal, udara dan cuacanya yang sejuk menciptakan banyak masyarakat mengunjungi kawasan ini untuk sekedar refreshing otak maupun kawasan berlibur keluarga, Kebun Teh Kemuning terletak di lereng Gunung Lawu.

Bagi anda yang berada di kota Karanganyar maupun sekitarnya tidak usah tiba ke Bogor, cukup dengan ke Karanganyar anda sudah bisa menikmati keindahan kebun teh Kemuning. Selain pengunjung menikmati kebun teh, mereka juga disuguhkan dengan aneka macam sport paralayang yang berada di Venues Bukit Paralayang di desa Segoro Gunung Kemuning.


Air Terjun Jumog

air terjun di karanganyar

Air terjun Jumog merupakan salah satu tempat wisata di Karanganyar selain curug Grojogan Sewu, penderasan Jumog memang tergolong tempat wisata baru sebab belum banyak wisatawan yang tiba ke kawasan ini, nanum keindahan dan kelestarian kawasan ini masih terjaga sehingga menciptakan hati wisatawan betah untuk tinggal di daerah ini.


Sondokoro

sondokoro

Di Kota Karanganyar terdapat sebuah pabrik Gula Tasikmadu yang merupakan pabrik gula peninggalan jaman Belanda, dibawah manajemen PTPN IX mereka membuka agrowisata Sondokoro dengan banyak sekali wahana mulai dari Flying Fox, Waterboom, dan arena lainnya. Yang paling menarik lainnya ialah wisatawan dapat mengelilingi kawasan Sondokoro dengan kereta renta nan antik, daerah ini menjadi daerah wisata di Karanganyar yang paling disukai untuk liburan keluarga terutama belum dewasa.


Tubing Goasari Ngargoyoso

Tubing merupakan sebuah permainan menelusuri sungai dengan memakai ban, sekilas permainan ini mirip dengan rafting dengan memakai helm dan jaket pelampung sebagai pengamannya. Permainan ini dapat anda temukan di Desa Punthukrejo. Ternyata kawasan ini banyak disukai oleh wisatawan terutama akil balig cukup akal dan remaja. Dengan biaya yang murah anda sudah mampu menikmati sungai nan higienis dan pemandangan sejuk bebatuan pegunungan.


Gunung Lawu

wisata gunung lawu

Gunung Lawu merupakan salah satu daerah wisata di Karanganyar bagi para pecinta alam khususnya pendaki pegunungan, Gunung Lawu menjadi daya tarik wisatawan tersendiri dibanding kawasan wisata lainnya, jalur pendakian terletak di perbatasan Karanganyar dan Magetan Jawa Timur.

Itulah beberapa kawasan wisata di Karanganyar yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.