Tempat Wisata di Boyolali Jawa Tengah yang Populer

Tempat wisata di Boyolali Jawa Tengah tidak akan kalah seperti kawasan wisata di kawasan lainnya sebab keanekaragaman daerah wisata yang tidak akan anda temukan ditempat lain. Boyolali salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang dulunya tergabung dalam karesidenan Surakarta dan letaknya yang erat dengan Surakarta, kota ini merupakan salah satu kota penghasil susu terbaik di Jawa Tengah, susu yang dihasilkan yaitu susu sapi yang biasa masyarakat setorkan kepada perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia.

Jika anda datang ke Boyolali untuk berwisata jangan kaget jika banyak penjual susu sapi segar di pinggiran jalan, namun perlu lebih hati-hati dalam memilih produk susu sapi sebab jenis minuman ini memiliki kadar glukosa dan protein tinggi yang disukai oleh mikroorganisme.

Selain hasil susu yang sangat besar, Boyolali juga terkenal akan kawasan wisatanya yang banyak disukai oleh wisatawan, memang tidak sebesar wisata kota lain mirip Wisata di Yogyakarta maupun Wisata Solo yang pengunjungnya begitu besar, mungkin alasannya daerah wisata di Boyolali ini kurang terpampang di media umum maupun media yang lain.

Tempat Wisata di Boyolali Jawa Tengah

Tempat wisata di Boyolali Jawa Tengah ini mungkin dapat menarik diri anda untuk pergi ke kawasan tersebut, ternyata daerah wisata ini tidak kalah dengan daerah lain, wisata di Boyolali menyimpan perbedaan tersediri yang tentunya tidak akan anda temukan di tempat lain, berikut daftar kawasan wisata di Boyolali Jawa Tengah.

Wisata Tlatar

tempat wisata di boyolali

Wisata Tlatar yang terdapat di Dukuh Tlatas, Desar Kebonbimo merupakan salah satu tempat wisata di Boyolali dengan aneka macam keunikan tersendiri, di tempat wisata ini terdapat dua pemandian yang berasal dari sebuah mata air jernih dari tempat tersebut.

Dua pemandian yang ada di wisata Tlatar yaitu pemandian Umbul Pengilon dan Pemandian Umbul Asem, di area ini terkenal dengan padusannya saat menjelang bulan ramadan, selain itu ditempat ini juga banyak terdapat spot-spot wisata lain mirip pemancingan, rumah makan dengan menu ikan air tawar dan masih banyak yang lain.


Pendakian Gunung

wisata di boyolali

Pendakian gunung dari Boyolali yang mampu anda lakukan ialah pendakian Gunung Merapi dan Merbabu, dua gunung yang saling berdampingan tersebut juga terdapat jalur pendakian yang masih masuk dalam wilayah Kabupaten Boyolali.

Dari pos pendakian yang terdapat di Kecamatan Selo inilah terdapat jalur pendakian ke tempat tersebut, namun yang paling ramai adalah pendakian menuju ke Merapi, untuk mencapai puncak Merapi diperlukan waktu 4 jam dan ke puncak Merbabu dari Selo butuh waktu 8 jam pendakian.


Pemandian Umbul Pengging

wisata boyolali

Pemandian Umbul Pengging merupakan salah satu daerah wisata di Boyolali yang terletak di Pengging, Kecamatan Banyudono dan merupakan salah satu daerah wisata favorit dari daerah tersebut.

Pemanidan Umbul Pengging Boyolali merupakan sebuah pemandian dari mata air yang jernih dan struktur bangunan yang masih dipertahankan keasliannya sampai kini, pemandian ini mempunyai sejarah penting yakni dulunya digunakan untuk pemandian raja Kasultanan Surakarta dan keluarga kerajaan.


Air Terjun Kedung Kayang

air terjun di Boyolali

Air Terjun Kedung Kayang yang merupakan salah satu tempat wisata di Boyolali ini menyimpan pesona alam yang luar biasa, teladas dengan debit air yang cukup besar dengan air yang sangat jernih.

Air terjun ini memiliki kawasan yang memukau dan sedikit cekungan pada bagian dalamnya yang menciptakan mirip gua di balik teladas, hingga sekarang pengunjung dari kawasan ini begitu besar.


Waduk Badhe, Kedung Ombo dan Cengklik

wisata waduk di Boyolali

Di Boyolali juga terdapat waduk selain untuk kebutuhan penghasil energi namun juga dijadikan tempat wisata andalan Kabupaten Boyolali ialah waduk Badhe, Kedung Ombo dan Cengklik. Kedua waduk ini sering digunakan untuk irigasi, perikanan, pengahasil energi bagi masyarakat sekitar waduk tersebut.


Agrowisata Sapi perah Cepogo

tempat wisata di Boyolali

Sangat sayang jika tiba ke daerah yang populer dengan penghasil susu sapi terbesar tidak datang ke kawasan wisata di Boyolali untuk segi produksi susu sapi, salah satu kawasan penghasil susu sapi populer yakni agrowisata sapi perah Cepogo.

Wilayah di Cepogo ini dijadikan agrowisata penghasil susu sapi terbesar di Boyolali, tidak sedikit sapi perah yang ada di tempat ini dipelihara untuk diambil susunya, wisatawan yang tiba ke kawasan ini juga cukup banyak selain untuk melihat proses memerah susu sapi mereka juga dapat menikmati susu segar di tempat tersebut.

Itulah beberapa daerah wisata di Boyolali Jawa Tengah yang banyak dikuknjungi oleh wisatawan, mungkin masih banyak daerah wisata lain di Boyolali yang belum dikenal oleh masyarakat dan masih tersembunyi sampai sekarang.

Lebih baru Lebih lama