Inilah 13 Tempat Wisata di Lombok yang Eksotis dan Menarik

Tempat Wisata di Lombok yang Menarik – Selain mempunyai Pulau Bali yang menawan, ternyata Indonesia juga mempunyai Pulau Lombok yang tak kalah eksotisnya dengan Pulau Bali. Wisata lombok sudah menjadi daya tarik tersendiri baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ada banyak sekali tempat wisata di lombok ini yang membuat wisatawan terkagum – kagum dengan keindahannya, jadi anda perlu perencanaan agenda yang baik semoga tak melewatkan setiap jengkal keindahan lombok ini, lalu apa saja daerah wisata di Lombok yang wajib dikunjungi?

1. Pantai Senggigi

Inilah 13 Tempat Wisata di Lombok yang Eksotis dan Menarik

Pantai Senggigi ialah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan, lokasinya berada di bab barat Pulau Lombok, Pantai Senggigi mempunyai suasana yang mirip dengan Pantai Kuta di Bali, namun memiliki ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk acara berenang dan snorkeling.

Mempunyai garis pantai yang panjang, pantai ini akan memanjakan Anda dengan keindahan pasir pantai dan air maritim yang jernih, alasannya adalah merupakan salah satu kawasan wisata di Lombok yang paling populer. Pantai Senggigi mempunyai akomodasi penunjang wisata seperti restoran, hotel, bar, sarana transportasi, dan aneka kemudahan lainnya yang sangat lengkap.


2. Pantai Kuta Lombok

Tak hanya pulau Bali yang memiki pantai kuta dengan sansetnya yang istimewa, ternyata Lombok juga memiliki pantai kuta yang tak kalah cantiknya. Pantai kuta berada di Desa Kuta, sekitar 56 KM dari kota Mataram, Lombok.

Pantai Kuta Lombok mempunyai pasir yang sehalus merica, oleh karena itu banyak penduduk setempat yang menyebut pantai ini sebagai pantai merica. Pantai Kuta Lombok ialah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling indah, bahkan juga salah satu yang terindah di Indonesia sebab masih jarang dijamah oleh gangguan manusia.

Wisata utama di pantai ini yakni selancar alasannya adalah ombaknya yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Wisata lain yang dapat dilakukan di Pantai Kuta Lombok di antaranya: memancing, menyelam, snorkeling, dan aneka kegiatan lainnya yang tak kalah menyenankan.


3. Gunung Rinjani

image by :log.viva.co.id

Gunung Rinjani ialah ikon wisata sekaligus tempat wisata di Lombok yang paling populer. Dengan ketinggian lebih dari 3,700 meter, gunung rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Bagi penganut agama Hindu, Gunung Rinjani mempunyai nilai spiritual tersendiri sebab dianggap merupakan tempat tinggal dari pada dewa.

Wisata favorit di gunung rinjadi ini adalah pendakian. Gunung rinjani dianggap sebagai gunung dengan pemandangan terindah di Asia, sehingga banyak orang yang mendaki gunung ini untuk mampu menikmati pemandangan yang tiada duanya. Untuk mampu mencapai puncak gunung rinjani, Anda akan membutuhkan waktu beberapa hari, oleh karena itu persiapkanlah dengan matang segala kebutuhan Anda jika ingin berkunjung di gunung rinjani ini.


4. Pantai Sekotong

image by : travel.detik.com

Pantai Sekotong terdapat di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, sekitar 60 km dari Kota Mataram. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan yg melingkar tidak jauh dari tepi pantai.

Lautnya yg biru serta pantainya yang putih menjadikan daerah ini sebagai obyek wisata di Pulau Lombok yang wajib dikunjungi. Pantai Sekotong ini masih sangat asri, bebas polusi dan belum banyak dijamah oleh wisatawan.


5. Pura Batu Bolong

image by : kompas.com

Pura Batu Bolong terletak di kawasan Senggigi, Lombok. Pura Batu Bolong berada di atas sebuah kerikil karang berwarna hitam yang menjorok ke arah bahari. Di bab tengah kerikil karang ini terdapat sebuah lubang, sehingga pura ini dinamakan Pura Batu Bolong.

Seperti akal-akalan pada umumnya di Bali, untuk mampu memasuki Pura Batu Bolong, Anda harus memakai kain berwarna kuning di pinggang. Pura Batu Bolong mempunyai latar belakang pemandangan Gunung Agung dan Selat Lombok, sehingga sangat indah sekali untuk berfoto – foto, terutama pada saat matahari tenggelam.


6. Taman Narmada

image by : wikimapia.org

Taman Narmada berlokasi di Desa Lembuak, sekitar 10 km di sebelah timur kota Mataram. Taman seluas kurang lebih 2 hektar ini dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727. Dulunya, taman ini dipakai sebagai daerah istirahat dan daerah upacara, namun sekarang ini, taman telah beralih fungsi menjadi tempat wisata.

Hal unik dari Taman Narmada ialah desain taman yanh merupakan replika mini dari gunung rinjani, selain itu terdapat juga sumber mata air dari gunung rinjani yang dipercaya mampu membuat Anda abadi muda jika Anda membasuh muka dan meminum air tersebut.


7. Gili Nanggu

image by : transportwisatalombok.com

Gili Nanggu berada di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Di Gili Nanggu terdapat pantai anggun dengan hamparan pasirnya yang putih serta lautnya yang biru. Suasana alamnya yang hening, membuat pulau ini menjadi pilihan yang sempurna bagi para pasangan yang ingin berbulan madu. Matahari karam merupakan momen yang paling indah di pulau seluas sekitar 8 hektar ini.


8. Air Terjun Sendang Gile

image by : ibrahimi94.files.wordpress.com

Berlokasi di Lombok Utara, Air Terjun Sendang Gile berjarak sekitar 60 km atau 3 jam perjalanan dari kota Mataram. Berada di tempat Desa Senaru, Air Terjun Sendang Gile yakni pintu masuk awal pendakian Gunung Rinjani.

Karena mempunyai sumber air yang sama dengan air di Taman Narmada, air di Air Terjun Sendang Gile juga dipercaya mampu menciptakan Anda abadi muda jikalau Anda gunakan untuk mandi atau membasuh muka. Untuk dapat menikmati air abadi muda di Air Terjun Sendang Gile, Anda harus menaiki sekitar 200 anak tangga terlebih dahulu.


9. Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air

Ketiga pulau itu seakan bisa mewakili potret keindahan pantai – pantai di Lombok. Semuanya menyajikan kebeningan air maritim, butiran pasir putih tanpa serakan sampah, serta terumbu karang dengan ikan hias yang menggemaskan.

Ketiga pulau mungil yang berada di tengah lautan itu memiliki perbedaan karakteristik yang unik. Masing – masing punya suasana alam dan ciri khas tersendiri. Bahkan, kesannya perbedaan itu seakan memilah wisatawan sesuai dengan minat, sifat, dan kepribadiannya.

Gili Trawangan merupakan pulau terbesar, teramai sekaligus terjauh dari pulau utama Lombok. Kebanyakan wisatawan yang mengunjunginya terdiri dari orang-orang yang berjiwa muda dan penuh semangat.

Sementara itu, Gili Meno yang terletak di tengah-tengah antara Gili Trawangan dan Gili Air, lebih sesuai bagi wisatawan yang mengidamkan relaksasi di tengah kesunyian. Pengunjung benar – benar disuguhi nuansa alami pantai tropis yang damai. Pepohonan bakau masih terlihat merimpun di sepanjang pesisir pantainya.

Lain lagi dengan suasana yang tercipta di Gili Air. Pulau yang terdekat dari Lombok ini lebih sesuai bagi wisatawan yang berlibur bersama keluarga. Dihuni penduduk lokal paling banyak, pulau ini lebih memberikan suasana pantai yang tidak ramai namun tidak terlalu sepi.

Meskipun berada di tengah lautan, para wisatawan tak usah cemas memikirkan transportasi, fasilitas maupun urusan perut. Semua akomodasi wisata tersedia lengkap. Masing-masing pulau memiliki hotel, restoran, diskotek sampai kawasan ibadah sekalipun. Semua akomodasi itu menjamin kenyamanan liburan yang menyenangkan.


10. Danau Segara Anak

image by : indonesia.travel

Danau Segara Anak merupakan salah satu daerah yang juga wajib dikunjungi, terutama bagi para pecinta wisata alam. Berlokasi di kawah Gunung Rinjani, Danau Segara Anak sampai kini masih diyakini sebagai bab dari laut yang terpecah ke atas sebuah pulau. Hal ini dikarenakan warna air danau ini yang berwarna biru, persis sama mirip warna air laut.

Biasanya apabila Anda mengambil paket mendaki Gunung Rinjani bersama dengan agen perjalanan, Anda juga akan dibawa menuju Danau Segara Anak dan bermalam di pinggir danau. Kegiatan utama di danau ini yaitu memancing, oleh alasannya adalah itu jangan lupa membawa alat pancing Anda. Untuk mampu mencapai lokasi Danau Segara Anak, Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 9 jam dari titik akhir jalur yang dapat dilalui kendaraan bermotor, melelahkan namun niscaya tidak akan mengecewakan.


11. Pantai Sire

image by : gililombok.com

Pantai Sire yang ada di Lombok Utara berjarak kurang lebih 35 km dari kota Mataram. Pantai Sire adalah kawasan wisata di Lombok yang layak dikunjungi sebab keindahan yang ditawarkan. Apabilala cuaca sedang cerah, Anda mampu melihat Gunung Rinjani dari pantai ini.

Dengan garis pantai hampir 4 km, Pantai Sire memberikan aktifitas wisata yang cukup beragam seperti berenang, snorkeling, bermain kano, hingga dengan memancing. Bila Anda tidak membawa peralatan wisata untuk aktivitas tersebut, tidak perlu kuatir sebab di pinggir Pantai Sire banyak terdapat penyewaan alat-alat penunjang wisata.


12. Hutan Monyet Pusuk

image by : i44.tinypic.com/

Hutan Monyet Pusuk merupakan bab dari kawasan Gunung Rinjani, Lombok. Hutan Monyet Pusuk terletak di puncak Gunung Rinjani dan merupakan habitat dari ratusan kera. Dalam perjalanan di sekitar Hutan Monyet Pusuk, berhati-hatilah apabila berkendara, alasannya adalah sering kali monyet – kera ini bermain di tengah jalan.

Hutan Monyet Pusuk biasanya menjadi tempat istirahat sekaligus kawasan wisata bagi wisatawan yang sedang menuju Air Terjun Sendang Gile. Bila Anda membawa kuliner, kera – monyet ini akan berusaha mengambilnya dari Anda, jangan melawan monyet – kera ini karena mereka bisa saja murka.


13. Rumah Adat Suku Sasak Sade

image by : lombokbulanmadu.com/

Dusun Sade atau Sade Village ini adalah merupakan salah satu Desa Tradisional Sasak (suku orisinil Pulau Lombok) atau sebuah perkampungan suku Sasak orisinil yang masih mencoba mempertahankan dan menjaga keaslian sisa – sisa kebudayaan Sasak usang sejak zaman pemerintahan Kerajaan Pejanggik di Praya, Kabupaten Lombok Tengah sampai kini.

Masyarakat yang tinggal di Dusun Sade Lombok ini yakni suku Sasak dengan sistim sosial dan kehidupan keseharian mereka yang masih sangat kental dan memegang teguh akhlak tradisi Sasak tempo dulu.

Rumah adat suku Sasak yang juga disebut Bale Tani ini terbuat dari kayu dengan dinding-dinding yang terbuat dari anyaman bambu dan beratapkan daun rumbia atau daun alang-alang kering. Lantai dari Bale Tani ini adalah campuran tanah, getah pohon dan debu jerami yang kemudian diolesi dengan kotoran kerbau. Bale Tani terbagi menjadi dua bab yakni Bale Dalam dan Bale Luar. Ruangan Bale Dalam biasanya diperuntukkan untuk anggota keluarga perempuan, yang sekaligus merangkap sebagai dapur. Sedangkan ruangan Bale Luar diperuntukkan untuk anggota keluarga lainnya, dan juga berfungsi sebagai ruang tamu.

Oke mungkin cukup sekian wacana review kawasan wisata di lombok yang patut anda kunjungi. bagikan artikel ini biar yang lain tahu wisata lombok tidak hanya sekedar pantai saja.

Lebih baru Lebih lama