Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Wisata Majalengka Jawa Barat Populer

Wisata Majalengka yang paling banyak dikunjungi mulai dari wisata alam hingga wisata buatan, dari banyak sekali macam kawasan wisata tersebut ternyata mempunyai keunikan tersendiri dibanding daerah wisata lainya.

Kabupaten Majalengka merupakan sebuah kota di Jawa Barat yang berbatasan dengan kota Cirebon, Kuningan, Ciamis, Tasikmalaya dan Sumedang ternyata memiliki alam yang indah sehingga menjadi peluang potensi wisata di Kota tersebut, tak jarang wisatawan datang ke Majalengka untuk menikmati keindahan yang ada di tempat tersebut, tidak sedikit pula kawasan wisata yang masih tergolong gres dan belum banyak diketahui oleh seseorang, untuk itulah kali ini akan mencoba membahas beberapa daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri, daftar ini dimaksudkan juga bagi kalian yang ingin berwisata ke majalengka biar dapat menentukan kawasan mana yang akan menjadi kunjungan kalian.

Kebun Teh Cipasung

kebun teh di majalengka

Hampir semua kota di Indonesia khususnya di pulau Jawa mempunyai kebun teh, hal ini kebanyakan kebun teh tersebut merupakan peninggalan Belanda, dulu saat penjajahan terjadi Belanda menanam ribuan hektare kebun teh untuk diekspor ke negara lain, kesannya kini pemerintah mulai mengelola kebun teh tersebut salah satunya kebun teh di Majalengka, selain untuk penanaman dan budidaya teh daerah ini juga sebagai daerah wisata Majalengka yang paling banyak di kunjungi, banyak spot-spot indah yang ada di Kebun teh Cipasung.


Bendungan Raksasa Rentang

bendungan di majalengka

Wisata Majalengka selanjutnya yakni Bendungan Raksasa Rentang, selain berfungsi sebagai bendungan penghasil listrik dan sumber air bagi banyak lahan ternyata bendungan dengan ukuran yang besar ini juga dipakai sebagia daerah wisata populer di Majalengka. Walau dikunjungi hanya oleh masyarakat lokal namun cocok untuk liburan keluarga dengan membuka tikar dan makan bersama di pinggir bendungan tersebut.


Curug Muara Jaya

air terjun majalengka

Di Desa Argamukti Kecamatan Argapura terdapat sebuah penderasan yang belum banyak dikenal oleh masyarakat ialah air terjun Muara Jaya atau masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan Curug Muara Jaya, wisata Majalengka satu ini memang belum dikunjungi oleh masyarakat luas, keindahan curug yang memukau dengan ketinggian 73m, selain itu tempat ini sering digunakan untuk upacara budpekerti oleh masyarakat setempat yang sering disebut dengan pareresan yang biasanya dilakukan sehabis panen raya. Tiket masuk ke kawasan ini tergolong murah hanya 4000 rupiah saja.


Curug Sawer

air terjun sawer

Air terjun di Majalengka selanjutnya yaitu Curug Sawer, jeram ini merupakan salah satu wisata majalengka yang ternyata menjadi favorit untuk liburan masyarakat lokal, keindahan air terjunnya dapat anda rasakan ketika pertama kali masuk dengan pemandangan alami disekitarnya, Curug Sawer berada di Desa Argalingga Kecamatan Argapura.


Kolam Renang Balong Sang Raja

telaga

Kolam renang dengan sebutan Balong Sang Raja merupakan salah satu wisata Majalengka yang unik, bila kita lihat dari namanya mungkin pemandian ini yakni tempat mandi untuk raja, dan itu benar dulunya daerah ini yaitu pemandian untuk pejabat pemerintah pada kala penjajahan belanda, selain terdapat kolam renang disekitar tempat ini juga terdapat pepohonan yang rindah membuat tempat ini lebih indah untuk dipandang.


Gunung Batu Tilu

gunung batu tilu

Gunung Batu Tilu merupakan salah satu wisata Majalengka yang melegenda di masyarakat Indonesia, di atas puncak gunung ini dinamai dengan sukmana dengan ketinggian 1.154 mdpl. Di gunung inilah terdapat sebuah watu yang berbentuk naga dan konon katanya hal ini berkaitan dengan Legenda Ambu Naga Runting, lokasi kawasan ini berada di Desa Jatimulya Kecamatan Kasokandel sekitar 8 km dari Kota Majalengka.


Agro Batu Luhur

agro batu luhur

Agro kerikil luhur merupakan wisata Majalengka yang menyajikan banyak sekali wisata alam, walau masih dalam tahap pengembangan dan pembangunan namun sedikit demi sedikit sudah mulai dibuka, wisata ini terletak di Desa Jerukleueut Kecamatan Sindangwangi, lokasi ini memang agak jauh dari sentra kota ialah sekitar 22 km, namun setelah hingga tujuan rasa penat anda pasti akan hilang dengan aneka macam wahana yang sudah disediakan. Beberapa fasilitas wahana yang disediakan diantaranya adalah flying fox sepanjang 200 m, dan permainan uji nyali lainnya.


Jembar Waterpark

kolam renang di majalengka

Permainan air yang ada di Majalengka yaitu Jembar Waterpark yang merupakan waterboom di Majalengka dan banyak di kunjungi oleh masyarakat sekitar pada hari libur baik untuk sekedar refreshing maupun untuk olahraga. Jembar Waterpark berlokasi di Desa Ranjiwetan, Kecamatan Kasokandel.


Goa Lalay

Goa lalay merupakan salah satu kawasan wisata di Majalengka yang memiliki keindahan luar biasa, keindahan Goa Lalay tidak akan ditemukan di daerah lain, masyarakat Indonesia sering menyebutnya dengan Green Canyon Majalengka, untuk menuju ke kawasan ini anda perlu lebih berhati-hati alasannya adalah terdapat jurang-jurang dan jalan yang licin.


Telaga Herang

telaga herang

Wisata Majalengka selanjutnya ialah Telaga Herang yang merupakan sebuah telaga yang ada di perbatasan 3 desa yaitu Jerukleueut, padaherang dan lengkongkulon, Telaga ini terbentuk dari mata air yang tertampung pada cekungan tanah sehingga membentuk sebuah telaga. disini anda mampu menikmati keindahan telaga dan mampu menaiki kapal angsa bersama keluarga anda.


Bukit Alam Hejo

tempat wisata di majalengka

Bukit Alam Hejo merupakan kawasan wisata favorit bagi masyarakat Majalengka dengan keunikan yang tidak didapat di tempat lain, Bukit Alam Hejo terdapat di lereng gunung Ciremai, tempat wisata ini memiliki konsep wisata alam, pendidikan bagi anak serta wisata kuliner dengan banyak sekali kuliner khas Majalengka.


Situ Cikuda

situ cikuda

Salah satu daerah wisata di Majalengka dengan pesona keindahan luar biasa selanjutnya yaitu Situ Cikuda, berlokasi di Desa Padaherang lokasi ini mampu anda tempuh sekitar 25 km dari sentra kota.

Itulah beberapa rekomendasi wisata Majalengka yang mampu menjadi daftar tujuan wisata anda, mulailah untuk menjaga lingkungan dan keindahan wisata yang ada disekitar kita agar anak cucu kita dapat menikmatinya nantinya.