Daftar Tempat Wisata di Grobogan Paling Terkenal

Tempat wisata di Grobogan menyimpan keunikan tersendiri dibanding dengan kawasan wisata lainnya, Grobogan merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Tengah yang mempunyai ibu kota di Purwodadi, anehnya masyarakat lebih mengenal Purwodadi dibanding dengan Grobogan itu sendiri. Mungkin sebagian dari kita pernah dengar kata Swike Kodok yaitu salah satu masakan khas dari Purwodadi, namun sebagian besar umat muslim tidak menyukai makanan satu ini, mampu di alihkan ke yang lain mirip swike ayam maupun daging lainnya.

Wisata Grobogan ternyata banyak mempunyai keunikan yang membuat banyak pengunjung terutama wisatawan lokal untuk berwisata di Grobogan, ada beberapa daftar kawasan wisata yang bisa menjadi panduan anda saat mengunjungi kota ini, mulai dari wisata alam sampai wisata buatan yang begitu megah, berikut daftar tempat wisata di Grobogan yang paling populer.

Waduk Kedung Ombo

tempat wisata di Grobogan

Waduk kedung ombo merupakan salah satu kawasan wisata di Grobogan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar khususnya pada isu terkini liburan, tempat wisata ini cocok untuk liburan keluarga, Waduk Kedung Ombo memiliki luas 6576 Ha yang berfungsi untuk pengairan sawah yang terdapat di Grobogan maupun disekitarnya, jikalau anda ingin berwisata di Waduk kedung ombo ini anda dapat menuju ke Desa Rambat, Geyer. Jika kita berangkat dari arah Purwodadi berjarak 29 km menuju arah selatan. Selain anda dapat menikmati indahnya waduk anda juga bisa menikmati menu ikan air tawar yang tersedia di pinggiran waduk tersebut.


Bledug Kuwu

bledug kuwu

Tempat wisata di Grobogan selanjutnya adalah Bledug Kuwu, tempat wisata ini tidak dapat anda temukan di tempat lain, daerah wisata yang tergolong unik ini merupakan sebuah kawah lumpur yang terdapat letupan dalam beberapa waktu, orang tiba ke kawasan ini biasanya duduk sambil menunggu indahnya letupan dalam kawah tersebut.


Api Abadi Mrapen

Di Grobogan terdapat sebuah wisata unik dan tidak ditemukan di tempat lain adalah api awet Mrapen, kawasan wisata di Grobogan ini ternyata pernah diguanakan untuk program nasional mirip Pesta Olahraga Internasional Ganefo, PON, POR PWI dan sebagainya, bantu-membantu api baka Mrapen ini merupakan sebuah lubang dimana terdapat aktifitas alam yakni menyemburkan api yang tidak pernah padam, pada ketika acara Waisak sumber api ini juga digunakan untuk perayaan Hari Waisak, lokasi wisata ini terdapat di Desa Manggarmas Kecamatan Odong yang terletak di sekitar tepi jalan Purwodadi – Semarang.


Air Terjun Widuri

Salah satu daerah wisata di Grobogan yang memiliki pemandangan luar biasa adalah jeram Widuri, masih tergolong wisata baru namun daerah ini memiliki keunikan tersendiri dan masih alami, masyarakat sekitar percaya kalau riam ini ialah tempat dimana sebuah pertemuan antara Joko Tarub dan Dewi Nawangwulan bersama bidadari lainnya sedang turun ke bumi, letak teladas ini berada di Desa Batur Kecamatan Tawangharjo, Grobogan.


Gua Macan dan Lowo

tempat wisata di purwodadi

Gua macan dan lowo merupakan salah satu daerah wisata di Grobogan, tempat wisata ini merupakan sebuah gua yang terbentuk secara alami, Grobogan terdapat sebuah gunung batu kapur yang didalamnya terdapat beberapa gua salah satunya gua macan dan lowo ini, Gua ini memang berbeda diambil dari binatang yang dulunya pernah menghuni tempat tersebut. Gua ini terdapat di Desa Sedayu Kecamatan Sedayu. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke tempat ini untuk menikmati indahnya Gua Macan dan Gua Lowo.


Gua Urang

gua urang

Tempat wisata di Grobogan selain gua macan dan Gua Lowo ialah Gua urang, gua ini juga diambil dari nama binatang yang dulunya pernah ada di dalamnya adalah Urang atau dalam bahasa Indonesia sebuah udang, tempat ini memang hanya dikunjungi oleh beberapa orang tertentu terutama para peneliti alasannya akses untuk menuju kedalam Gua Urang cukup sulit, Pemerintah setempat berencana untuk membangun saluran supaya daerah tersebut mampu dimasuki oleh banyak orang sehingga dapat menjadi kawasan wisata di Grobogan yang begitu indah.


Sendang Coyo

sendang coyo

Sendang Coyo merupakan kawasan pemandian yang banyak disukai oleh masyarakat Grobogan, sendang coyo yang merupakan salah satu daerah wisata di Grobogan ini merupakan peninggalan mahir Islam pada jaman dahulu adalah Sunan Kalijaga, masyarakat sekitar percaya dulu abad asal muasal Sendang ini berasal dari tongkat Sunan Kalijaga yang ditancapkan ke tanah sehingga menyemburkan air hingga sekarang, tempat ini banyak dipakai oleh masyarakat sekitar untuk mandi terutama pada malam 1 suro. Sendang Coyo terletak di Desa Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon.


Kolam Renang Ayodya

kolam renang di Grobogan

Tempat wisata buatan di Grobogan paling terkenal yaitu bak renang Ayodya, daerah wisata di Grobogan ini masih gres dan menjadi daerah wisata favorit pada ketika demam isu liburan, di daerah ini anda dapat menikmati keindahan kolam renang dan aneka macam sarana permainan lainya mirip Twin Slide, Family Slide, Splash Bucket dan sebagainya. Kolam renang Ayodya ini bekerjsama mempunyai nama Ayodya Bloombang Water Park yang terletak di jantung kota Purwodadi.


Cindelaras

cindelaras

Tempat wisata di Grobogan selanjutnya yaitu Cindelaras, terdapat di Desa Bandungharjo Kecamatan Toroh. sebuah waduk yang dikelola oleh perhutani ini ternyata memiliki pemandangan yang indah, dengan keadaan yang masih terbilang alami banyak wisatawan datang ke kawasan ini pada hari libur.


Waduk Klambu

waduk di grobogan

Walau keberadaannya masih jarang diketahui oleh banyak orang dan tidak setenar waduk kedung ombo, namun waduk klambu mempunyai potensi keindahan yang tidak kalah dari waduk lainnya, Waduk ini dibuat dengan membendung 2 sungai yaitu sungai Lusi dan Sungai Serang.

Itulah beberapa daftar daerah wisata di Grobogan yang wajib anda kunjungi ketika datang ke Grobogan, sebagai masyarakat yang baik kita harus selalu ingat untuk selalu menjaga kelestarian dan kebersihan daerah wisata biar kelak anak cucu kita mampu menikmati kembali keindahan daerah wisata tersebut.

Lebih baru Lebih lama