5 Wisata Curug Yang Keren di Temanggung Jawa Tengah

Selain memiki 10 daerah wisata keren, kabupaten Temanggung juga memiliki curug yang tak kalah menarik untuk dikunjungi di negeri tembakau ini, kemudian curug apa saja yang mampu kalian nikmati? Berikut ulasan lengkapnya.

Curug Lawe Yang Exotis

5 Wisata Curug Yang Keren di Temanggung Jawa Tengah

Curug lawe berada di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Curug lawe merupakan salah satu air terjun yang ada di kaki gunung ungaran, konon teladas ini mampu dinamakan curug lawe alasannya jatuhnya air dari air terjun ini menjuntal mengesankan untaian benang, bila dalam bahasa jawa biasanya menyebutnya lawe yang berarti sangat halus dan berwarna putih.

Kata Lawe dalam bahasa Jawa memang berarti benang yang sangat halus. Curug lawe berbeda dari kebanyakan curug yang dijadikan objek wisata, disini kita akan disajikan oleh suasana alam khas yang masih sangat alami sehingga belum terlalu terganggu dengan acara dan sampah yang sering kita jumpai di kota. Lokasinya curug lawe memang berada cukup jauh dari sentra kota Temanggung tepatnya berada di Dusun Muncar Lor, Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Propinsi Jawa Tengah.


Curug Onje Yang Tersembunyi

Curug onje berlokasi di Desa Duren, Kecamatan Bejen, yakni berupa anutan sungai yang terdapat 7 penderasan yang dikenal dengan nama Curug Onje. Curug Onje sendiri masih jarang diketahui oleh banyak orang, diperlukan waktu sekitar 1,5 jam untuk mencapai curug onje dari sentra kota Temanggung dengan sepeda motor. Akses untuk menuju curug onje masin sedikit sulit, Anda harus berjalan kaki kurang lebih setengah jam dari rumah penduduk dengan melewati jalan setapak, semak-semak, dan jalan yang berlumpur, tapi jangan salah, perjalanan panjang anda akan terbayar lunas keindahannya.


Curug Trocoh Nan Mempesona

Curug Surodipo berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo. Selain menyajikan lanskap pegunungan yang indah, perjalanan menuju Curug Surodipo pun mengisahkan satu kisah tersendiri. Jalan kecil berbatu ialah jalan utama yang harus dilewati untuk menuju Curug Surodipo, bisa dengan memakai sepeda motor, namun harus ekstra hati-hati alasannya adalah jalan menanjak dan berkelok. Setelah jalan berbatu habis, maka perjalanan harus dilanjutkan dengan jalan kaki menaiki bukit. Kaki yang pegal pun seketika akan hilang saat mendengar deru air yang jatuh dari ketinggian. Dari kejauhan bulir-bulir air Curug Surodipo bak mutiara yang berkilauan memantulkan cahaya matahari.

Curug Surodipo sendiri mempunyai ketinggian kurang lebih 120 meter, dengan dasar sungai yang berbatu. Curug Surodipo bahwasanya tidak hanya menyuguhkan riam tunggal, masih ada sekitar 5 tingkat teladas pada ajaran sungai selanjutnya, dengan jarak beberapa meter antar tingkatan. Curug Surodipo seakan bersembunyi diantara dua punggungan bukit, saat anda berada di dasar riam, ankan terasa seolah diantara dua dinding nan hijau. Udara yang segar dengan air yang mengalir bersih akan memaksa anda enggan untuk tergesa-tergesa menikmati kesegaran Curug Surodipo. Suasana Curug Surodipo sungguh masih asri dan terjaga.


Curug Titang Yang Cantik

Wisata curug titang, merupakan wisata jeram yang terletak di desa titang, kecamatan tembarak, kabupaten temanggung. Air terjung yang masih satu jalur dengan Sungai Lungge ini mempunyai dua bak yang biasanya digunakan untuk berenang. Bahkan Curug Titang juga dipakai untuk aktifitas para pecinta alam untuk bermain rafting.

Selain ramai dikunjungi pada saat liburan, Curug Titang juga ramai menjelang Ramadhan. Hal Ini disebabkan karena satu hari sebelum puasa, masyarakat muslim melakukan tradisi Padusan (mandi wajib sebelum melaksanakan ibadah puasa) di areal lokasi ini.


Curug Merak Yang Elok

Selain keempat curug bagus diatas, ternyata kabupaten Temanggung juga mempunyai curug merak, curug ini berlokasi di Dusun Ndawe, Desa Sidoharjo, Kecamatan Candiroto. Akses menuju dusun ndawe masih sangat sulit di beberapa titik, sehingga curug merak ini masih jarang dikenal. Curug merak ini masih sangat alami, di bawah curug di buat semacam kedung dan biasanya yang memancing oleh warga sekitar.

Itu ia 5 wisata curug yang wajib dikunjungi ketika di Temanggung, selain wisata tersebut juga masih ada banyak daerah wisata lain yang menarik.

Lebih baru Lebih lama