Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umbul Ponggok Klaten, Tempat Seru Untuk Snorkelling

Umbul Ponggok Klaten, Tempat Seru Untuk Snorkelling – Umbul Ponggok adalah salah satu objek wisata di Klaten – Jawa Tengah yang kini ini sedang kekinian, banyak sekali foto – foto yang beredar yang sosmed yang memperlihatkan tentang keindahan umbul ponggok tersebut.

Umbul Ponggok sendiri merupakan sebuah bak alami yang sangat jernih airnya. Keindahan pemandangan di bawah air serta ikan yang warna – warni menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Umbul Ponggok terdiri dari dua kata, adalah Umbul dan Ponggok, Umbul mempunyai arti mata air/ tuk, sedangkan Ponggok diambil dari nama sebuah desa kawasan umbul ponggok berada. Jika diartikan secara pribadi umbul ponggok mempunyai arti mata air yang berada di desa Ponggok.

Selain pemandangan yang memukau, umbul ponggok juga menyediakan wisata snorkelling, jadi untuk Anda yang tidak memiliki kesempatan untuk snorkelling di taman – taman laut yang indah, kini di Klaten terdapat lokasi snorkelling yang asyik. Anda tak perlu takut terbawa gelombang, sebab tempat snorkelling kali ini bukanlah maritim melainkan sebuah sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih berjulukan Umbul Ponggok.

Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter. Berbeda dengan kolam renang yang dasarnya berupa lantai keramik, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar mirip di bawah bahari. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis alasannya airnya mengalir terus. Selain sebagai daerah snorkelling, Umbul Ponggok juga kerap dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar – benar menyelam di bahari.

Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang maupun tidak ingin snorkelling bisa naik bahtera kayuh dan mengelilingi umbul. Sedangkan bagi belum dewasa tersedia bak berukuran pendek yang mampu dijadikan lokasi berenang maupun sebatas bermain air.